5 Cara Membangun Hubungan Harmonis Antara Orang Tua dan Anak

Hubungan antara orang tua dan anak adalah tidak dapat dipatahkan dan melampaui ikatan emosional apa pun.
Ilustrasi orang tua dan anak. (Foto: Tagar/Freepik)

Jakarta - Tak sedikit orang yang memiliki hubungan kurang baik dengan keluarganya terutama dengan orang tua. Hal ini biasa terjadi lantaran berbeda pikiran atau mungkin merasa kurang disayangi.

Hubungan yang paling penting dalam hidup dibangun dari kepercayaan dan cinta. Ikatan tanpa syarat dan suportif antara orang tua dan anak adalah salah satu hubungan yang tidak dapat dipatahkan dan melampaui ikatan emosional apa pun.

Orang tua harus memastikan bahwa mereka memberikan contoh yang baik untuk anak-anak mereka. Anak-anak mencari dukungan dari orang tua mereka, mencari kasih sayang, cinta dan keamanan. Ini adalah dasar-dasar memiliki hubungan yang sehat dengan anak Anda.

Untuk memperkuat ikatan dengan anak Anda, dibutuhkan waktu berkualitas bersama mereka dan mendengarkan kebutuhan mereka. Dilansir dari Pinkvillia, berikut adalah beberapa cara yang dapat memperkuat ikatan Anda dengan anak Anda.


1. Sering mengekspresikan cinta

Banyak orang tua yang menyepelekan tentang mengekspresikan rasa sayang terhadap anak mereka. Anak-anak membutuhkan cinta, kasih sayang, dan perhatian yang terkadang perlu diungkapkan tanpa rasa gengsi. Cobalah untuk menjangkau mereka, mengungkapkan cinta Anda, berani mengatakan 'Aku mencintaimu' serta memberi mereka kehangatan dan menunjukkan kasih sayang kepada mereka.


2. Sering berkomunikasi

Pastikan untuk berkomunikasi dengan baik dengan anak-anak Anda. Dengan cara ini, mereka akan belajar bagaimana menjadi lebih ekspresif dan mereka akan membangun koneksi berdasarkan komunikasi dan kejujuran. Akui perasaan mereka, dengarkan perspektif mereka dan beri tahu mereka bagaimana tanggapan Anda tentang perasaan mereka.


3. Ciptakan tempat yang aman

Sebagai orang tua, Anda perlu menciptakan ruang yang aman bagi anak-anak Anda di mana mereka merasa terlindungi dan merasa diperhatikan. Kebutuhan mereka didengar dan diketahui. Hal ini akan sangat membantu saat mereka tumbuh dewasa, pastikan mereka tahu bahwa Anda dapat percaya jika segala sesuatunya tidak berjalan dengan baik dan Anda selalu mendukung mereka, apa pun yang terjadi.


4. Sabar dalam menghadapi anak

Menjadi pendengar yang baik dan sabar adalah kunci dari suatu hubungan. Berempati dengan perasaan anak Anda dan cobalah untuk selalu ada di sisi mereka saat dibutuhkan. Sabar dan sering memberi masukan terkait masalah yang dihadapi anak-anak Anda akan membantu membangun koneksi yang baik diantara keduanya.


5. Makan bersama

Buat jadwal di mana Anda menghabiskan setidaknya 30-60 menit hari Anda dengan anak-anak Anda tanpa gangguan. Cara lain untuk bersama anak-anak Anda dan menghabiskan waktu berkualitas bersama mereka adalah dengan makan bersama. Seseorang dapat melakukan percakapan keluarga yang menyenangkan selama waktu makan.

(Fauzi Maulana Rizqi)


Baca Juga :





Berita terkait
3 Cara Orang Tua Dapat Meningkatkan Rasa Percaya Diri Anak
Kecemasan atau anxiety sering terjadi ketika seseorang tidak tahu apa yang akan terjadi selanjutnya di masa depan.
7 Tips Parenting untuk Orang Tua
Teknik parenting yang unik ini pada dasarnya kebalikan dari bersikap terlalu protektif.
Peran Orang Tua dalam Mencegah Adiksi Gawai pada Anak
Psikiater Ahli Adiksi Perilaku Enjeline Hanafi mengatakan orang tua memiliki peran yang sangat penting dalam mengasuh dan memperhatikan anak-anak.
0
5 Cara Membangun Hubungan Harmonis Antara Orang Tua dan Anak
Hubungan antara orang tua dan anak adalah tidak dapat dipatahkan dan melampaui ikatan emosional apa pun.