5 Cara Cegah Stamina Kendor Saat Touring Motor di Libur Panjang

Sebelum tancap gas mengendarai motor, sebaiknya jaga dahulu stamina agar tak kendor ketika touring membelah jalan raya saat momen libur panjang.
Penyanyi Katy Perry saat syuting video musik dari tembangnya bertajuk Harley in Hawaii. (Foto: Tangkapan layar YouTube)

Jakarta - Niat touring mengendarai motor sudah lama terpendam akibat kerjaan menumpuk. Ketika libur panjang tiba, keinginan itu sudah tak dapat dibendung. Namun sebelum tancap gas, sebaiknya jaga dahulu stamina agar tak kendor ketika membelah jalan raya.

Touring naik kuda besi membutuhkan kondisi fisik dan stamina yang prima. Anda akan berada dalam posisi mengendarai yang cukup lama sehingga bisa membuat sejumlah anggota bagian tubuh merasa nyeri dan pegal-pegal. Memang bukan masalah besar, karena akan cepat membaik setelah beristirahat sejenak.

Namun berbeda ketika stamina Anda sedang tak prima. Apalagi mengalami sakit di tengah jalan. Kondisi itu tentu mengganggu momen liburan. Belum lagi perasaan tidak enak kepada kekasih di jok belakang, atau teman-teman dalam iringan perjalanan. Ingin mendapatkan pengalaman senang-senang, malah malang yang didulang.

Mengantisipasinya, ada sejumlah cara yang bisa dilakukan. Apa saja itu? Berikut tips menjaga stamina agar tidak ngedrop saat momen touring motor:

1. Tidur yang cukup

Istirahat yang cukup minimal 8 jam setiap malam akan meningkatkan semangat untuk beraktivitas. Selain itu, tidur yang cukup juga akan membantu meningkatkan kekebalan tubuh sehingga tidak mudah terserang penyakit. Hindari begadang pada saat menjelang touring. Begadang bisa membuat imunitas melemah.

Ilustrasi motor gede (moge)Ilustrasi touring naik motor. (Foto: Tagar/Pixabay/Skeeze)

2. Olahraga kecil

Agar stamina meningkat, usahakan olahraga walaupun hanya melakukan gerakan kecil. Luangkan waktu setidaknya 1-2 jam setiap hari mulai dari push up, sit up, jumping jack dan latihan atau olahraga lain yang bisa melatih kekuatan jantung. Dengan melakukannya, badan Anda akan merasa bugar dan tidak gampang loyo.

Baca juga:

3. Banyak minum air hangat

Hindari minum air dengan suhu dingin menjelang momen touring motor.  Minuman dingin menyebabkan penyakit radang, kembung, atau masuk angin. Minumlah air yang bisa menghangatkan tubuh dan menambah daya tahan tubuh seperti jahe.

Aktor Brad Pitt - MotorBrad Pitt ketika tancap gas mengendarai motor moge. (Foto: Autoevolution/Christie Images)

4. Minum vitamin

Untuk membantu meningkatkan dan menjaga stamina jelang touring, Anda bisa menambahkan asupan makanan dengan mengonsumsi vitamin. Langkah ini dapat membantu proses metabolisme tubuh.

5. Berhenti setiap 2-3 jam

Ketika momen touring tiba, Anda telah melintasi jarak yang lumayan hingga merasa kelelahan. Namun, ketika di posisi tersebut, kebanyakan orang justru menerjang jalan agar cepat sampai tujuan. Padahal, tubuh setiap individu memiliki daya tahan sendiri. Bila mulai capai, maka tubuh akan merasakan lemas dan mudah mengantuk. 

Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, maka parkir motor Anda setiap 2-3 jam perjalanan. Anda bisa merenggangkan otot atau mencuci muka sebagai upaya mengembalikan daya tahan tubuh. (Niswatul Mahmudah)

Berita terkait
5 Gangguan Kesehatan Akibat Menahan Kencing saat Berkendara
Tiba-tiba merasakan ingin buang air kecil di tengah perjalanan berkendara. Hati-hati 5 gangguan kesehatan ini.
Kenapa Pria Suka Merinding saat Kencing?
Saat pria buang air kecil, pernahkah merasakan sensasi merinding?
Apa Benar Rapat di Dataran Tinggi Puncak Bikin Produktif Kerja?
Kenapa kawasan Puncak di Kab Bogor sering digunakan untuk pengalihan lokasi rapat ya? Memangnya jadi bikin produktif kerja?
0
Sejarah KUA, dari Lembaga Kepenghuluan Menjadi Kantor Urusan Agama
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengatakan, bahwa KUA menjadi bagian yang tidak terpisahkan dengan kesejarahan Indonesia.