5 Cara Beli Rumah Impian, Wajib Cek Nomor 4

Saat membeli rumah tentu saja kamu memerlukan beberapa arahan agar rencanamu untuk berjalan dengan lancar.
Ilustrasi (Sumber: setkab.go.id/pu.go.id)

Jakarta - Saat membeli rumah tentu saja kamu memerlukan beberapa arahan agar rencanamu untuk berjalan dengan lancar. Mengingat setiap tahun harga rumah mengalami lonjakan, kamu dan pasangan perlu nih mengetahui tips menabung beli rumah.

Cara mudahnya, bisa dilakukan dengan cara menyisihkan uang dari penghasilan kalian berdua demi mengumpulkan pundi-pundi demi membeli rumah impian. Tetapi menabung dengan tujuan membeli rumah tentu tidak akan mudah.

Karena itu, kamu juga harus tepat dalam menggunakan uang tabungan yang sudah kamu kumpulkan itu. Jangan sampai salah langkah kemudian membuatmu menyesal, ya! Nah, biar terhindar dari penyesalan simak yuk tips membeli rumah anti menyesal


1. Pastikan kondisi keuanganmu tetap aman

Jangan tergesa-gesa memutuskan membeli rumah sekalipun uang tabungan sudah terkumpul. Kamu tetap harus memperhitungkan lagi danamu untuk memastikan apakah benar-benar sudah cukup atau belum. Pastikan pula bahwa ketika dana tersebut terpakai untuk membeli rumah, semua kebutuhan sudah terpenuhi.

Jangan sampai keputusan membeli rumah ini justru membebani kondisi finansial untuk memenuhi kebutuhan lain.Maka dari itu, ada baiknya sejak awal dana pembelian rumah dipersiapkan secara khusus agar tidak bercampur dengan dana lainnya.


2. Tentukan cara pembelian rumah

Hal penting yang harus kamu perhatikan sebelum menggunakan tabungan rumah impianmu adalah menentukan cara pembelian rumah. Apakah kamu akan membeli rumah secara tunai atau kredit? Agar tidak salah pilih, keduanya harus tetap kamu pertimbangkan

Pembelian secara tunai lebih baik dilakukan ketika dana benar-benar sudah sesuai dengan harga rumah. bahkan, kamu bisa mendapat potongan.

Kalau dana yang terkumpul ternyata masih kurang untuk harga rumah kamu miliki, membeli rumah secara kredit bisa dijadikan pilihan. Kamu dapat mengangsur pembelian rumah yaitu harga pokok ditambah biaya kredit memanfaatkan Kredit Pemilikan Rumah (KPR). Pilihlah cicilan, tenor, dan bank penyedia KPR yang sesuai kemampuan dan layanannya terpercaya.

Meskipun harus membeli rumah secara kredit, usahakan untuk tidak menunda mengambilnya karena harga rumah akan terus meningkat setiap tahunnya.


3. Pelajari perizinan rumah

Sebelum melakukan pembayaran, hendaknya kamu memeriksa keabsahan sertifikat rumah dengan menggandeng notaris. Pemeriksaan ini menjadi langkah tepat agar kamu mendapatkan rumah yang legal dari sisi hukum.

Kamu juga harus kritis mencari tahu apakah ada masalah pada lahan tersebut. Hal ini bisa ditanyakan kepada warga sekitar lahan. Jangan sampai perizinan tersebut nantinya akan mempersulitmu di kemudian hari.


4. Cari tahu latar belakang developer

Pemilihan developer terpercaya sangat dibutuhkan untuk menunjang kelancaran proses pembelian rumah. Kamu harus memperhatikan rekam jejak developer tersebut. Misalnya mulai mencari tahu latar belakang pengembang, apa saja project-nya, sampai memastikan melalui website dan media sosial pengembang.

Jika perlu, kantor fisiknya jangan lupa didatangi, ya. Kerja sama yang baik akan memudahkan dalam seluruh proses pembelian rumah dari pemilihan, konsultasi, sampai pembayaran dan serah terima. Jangan sampai berbekal brosur saja langsung ambil rumah, pastikan dulu perusahaannya ada atau tidak.


5. Memilih lokasi dan tipe rumah yang tepat

Lokasi sangat penting ditentukan sejak awal ketika hendak membeli rumah. Pilihlah rumah yang lokasinya strategis dengan akses yang mudah ke jalan raya dan fasilitas umum lainnya. Dengan akses yang mudah, segala aktivitas keluarga akan berjalan lancar.

Rumah yang strategis tak harus berada di pusat kota. Jangan ragu membeli rumah di pinggiran kota, asalkan masih mudah diakses, misalnya dengan dekat stasiun kereta atau jalan tol. Apalagi harga rumah yang berlokasi di pinggir kota akan lebih terjangkau.

Selain lokasi, tipe rumah juga penting untuk kamu putuskan sejak awal membeli rumah. Perhatikan ukuran rumah yang cocok untuk ditempati bersama seluruh anggota keluarga. Pastikan agar kapasitasnya memadai, ya. Jangan lupa juga untuk melihat secara langsung calon rumah yang akan dibeli, ya!

Itulah lima yuk tips membeli rumah anti nyesel yang bisa kamu coba. Satu hal yang tak kalah penting, jangan mudah tergiur dengan harga yang murah dan tidak wajar. Harus melakukan pula perhitungan sendiri sebelum mendapatkan hitung-hitungan harga rumah. Dalam praktiknya, diperlukan kecermatan dalam pembelian rumah. Melalui berbagai tindakan tersebut, kamu akan terlindungi dan tak akan salah pilih rumah.[]

Berita terkait
Miliki Pembantu Rumah 22 Orang, Intip Sumber Kekayaan Ruben Onsu
Baru-baru ini, Ruben Onsu menjadi sorotan kembali lantaran bisnis nasi ayamnya, Geprek Bensu melakukan show di Paris. Ini sumber kekayaannya.
4 Cara Pola Hidup Sehat dari Rumah
Tubuh kita bekerja 24 jam untuk terus bisa berfungsi dengan baik. Salah satu cara untuk menjaganya adalah dengan menerapkan pola hidup sehat.
Hangry, Rumah Brand-brand Terdepan, Mengajak Brand Kuliner untuk Bergabung
Hangry, perusahaan kuliner multi-brand dari Indonesia, mengumumkan undangan bagi brand-brand F&B untuk bergabung ke dalam rumah brand terdepan.
0
5 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Hunian di Sentul
Selain Bekasi dan Tangerang Selatan, Bogor menjadi kota incaran para pemburu hunian di sekitar Jakarta. Simak 5 hal ini yang perlu diperhatikan.