UNTUK INDONESIA

5 Bumbu Dasar Korea Halal Bikin Rasa Masakan Makin Autentik

Bagi para penikmat makanan korea, berikut bumbu dasar Korea yang wajib untuk rasa masakan Korea yang khas
Bubuk Cabai Gochugaru. (Foto: Tagar/freepik)

Jakarta – Berbagai masakan korea autentik seperti bibimbap, tteokbokki, kimbap, dan kimchi dimasak dengan resep dan bumbu dasar asli Korea yang khas. Rasanya yang lezat membuat makanan asing ini populer di Asia begitupun Indonesia.

Selain lezat, makanan Korea juga memiliki rasa yang cocok dengan lidah orang Indonesia pada umumnya. Rasanya yang cenderung pedas cukup disukai masyarakat, seperti ramyeon dan samyang, oalahan mie pedas korea itu pun sangat laris di pasaran Indonesia karena orang Indonesia sangat menyukai makanan yang pedas.

Untuk kamu para pecinta makanan korea, jangan khawatir bila tidak bisa berkunjung ke restoran Korea. Kamu masih bisa menikmati masakan Korea dengan rasa autentik dirumah dengan bumbu dasar korea yang halal ini, berikut 5 bumbu dasar korea wajib untuk rasa masakan asli korea dikutip dari berbagai sumber:

1. Pasta Cabai (Gochujang)

GochujangPasta Cabai Gochujang. (Foto: Tagar/shutterstock)

Bumbu dasar Korea yang pertama yaitu Gochujang. Bumbu Korea inilah yang membedakan makanan Korea dengan makanan lainnya. Gochujang terbuat dari pasta cabai yang difermentasi sehingga menimbulkan rasa yang unik. Sup kimchi jiggae, Tteokbokki, bibimbap, dan semua masakan korea tidak lepas dari bumbu dasar ini.

Gochujang sendiri adalah bubuk cabai yang ditambahkan dengan tepung beras ketan, bubuk kedelai fermentasi, bubuk malt, garam dan air yang kemudian di fermentasikan di dalam kendi tanah liat untuk beberapa waktu.

2. Bubuk Cabai (Gochugaru)

GochugaruBubuk Cabai Gochugaru. (Foto: Tagar/freepik)

Bumbu Korea satu ini dibuat dari cabe merah yang dikeringkan di bawah sinar matahari yang kemudian digiling hingga halus. Gochugaru adalah bubuk cabai yang menjadi bahan dasar penting untuk pembuatan kimchi dan gochujang.

Jika dalam masakan Jepang ada wasabi yang bisa menambah rasa pedas dalam masakan, maka di Korea biasanya ditambahkan dengan Gochugaru atau bubuk cabai. Kamu dapat menemukan bubuk cabai ini di kimchi, tteokbokki, dan sup pedas lainnya. Terkadang, gochugaru juga menjadi bumbu pelengkap untuk makan kimbap.

3. Saus Pedas (Ssamjang)

SsamjangSaus pedas Ssamjang. (Foto: Tagar/koreanbipsang)

Bumbu dasar korea lain yang wajib yaitu Ssamjang. Ssamjang merupakan saus pedas korea yang dibuat dengan campuran doenjang (pasta kedelai), gochujang (pasta cabai), minyak wijen, bawang putih, dan gula. Ssamjang biasanya disajikan sebagai saus pelengkap dalam makanan lezat korea yaitu bibimbap. Saus pedas ini juga digunakan sebagai celup pendamping daging BBQ.

4. Pasta Kedelai (Doenjang)

GanjangKecap asin Ganjang. (Foto: Tagar/cheffssociety)

Doenjang atau pasta kedelai merupakan Bumbu dasar korea yang terbuat dari pasta kedelai yang di fermentasi dalam waktu lama dalam kendi tanah liat. Semakin lama disimpan atau difermentasikan akan semakin enak rasanya.

Sekilas, rasa gurih asin dan aromanya mirip dengan tauco, namun teksturnya beragam. Ada yang lebih halus, kasar, bahkan lebih kering, tergantung proses pembuatannya.Bumbu ini biasanya dimasukan kedalam campuran sup atau sebagai dasar dalam pembuatan Saus Pedas (Ssamjang).

5. Kecap Asin (Ganjang)

Bumbu dasar masakan Korea selanjutnya yaitu Ganjang atau kecap asin khas Korea. Bumbu ini sangat mudah ditemukan. Seperti kecap asin dari negara lainnya, ganjang juga punya rasa yang sedikit berbeda jika dibandingkan dengan kecap asin Indonesia ataupun Jepang. Namun, rasanya sama-sama gurih dan sedap.

Selain bumbu-bumbu di atas, bahan dasar yang biasa digunakan dalam masakan Korea yaitu bawang putih, daun bawang, dan jahe. Ketiga bahan ini merupakan perpaduan wajib bumbu korea yang akan menciptakan rasa yang lezat. Bumbu ini bisa kamu jumpai di supermarket lokal.

(Viona Bono Valvinka)

Berita terkait
Resep, Bumbu dan Enam Langkah Bikin Mi Ayam Jakarta di Rumah
Ada banyak jenis mi ayam di Nusantara. Nah, untuk membuat mi ayam Jakarta yang terkenal gurih, berikut resep, bumbu dan cara membuatnya di rumah.
Resep Lezat Aneka Bumbu Sate Kambing Khas Idul Adha
Sate kambing menjadi hidangan lezat saat Idul Adha. Ada beberapa aneka bumbu sate kambing yang kelezatannya tidak diragukan. Berikut ini resepnya.
Bumbu Rahasia Tongseng Kambing di Yogyakarta
Potongan-potongan daging kambing setengah matang tertata di nampan anyaman bambu di sebuah warung tongseng terkenal sangat laris di Yogyakarta.
0
5 Bumbu Dasar Korea Halal Bikin Rasa Masakan Makin Autentik
Bagi para penikmat makanan korea, berikut bumbu dasar Korea yang wajib untuk rasa masakan Korea yang khas