5 Bagian Mobil yang Rentan Jadi Sarang Virus Covid-19

Mobil dapat beresiko tinggi dalam penyebaran virus Covid-19, maka dari itu lakukan pembersihan secara rutin.
Ilustrasi - (Foto: Tagar/Freepik)

Jakarta - Mobil menjadi salah satu kendaaran yang penting untuk diperhatikan dalam menghindari serangan virus Covid-19, khususnya kabin mobil. Kebersihan di dalam mobil adalah hal yang mutlak. 

Berikut bagian mobil yang perlu kamu waspadai seperti dilansir dari Times of India.


1. Stir mobil

Stir mobil merupakan komponen mobil yang paling jelas dan sering disentuh. Sebab stir mobil berfungsi untuk mengkontrol laju mobil. 

Stir juga merupakan sarang bakteri dan virus. Maka dari itu rajinlah untuk membersihkan dan menyemprotkan desinfektan pada seluruh bagian stir mobil Anda.


2. Handle Pintu

Ini juga merupakan komponen yang wajib di bersihkan secara rutin. Pasalnya handle pintu juga merupakan hal yang sering di genggam dan disentuh oleh banyak orang dengan berbagai tangan yang beda-beda. 

Sebab pintu berfungsi untuk Anda masuk dan keluar dari mobil. 

Oleh karena itu, menjadi sangat penting untuk diperhatikan. Luangkan waktu luang untuk mengelap dan membersihkan gagang pintu, baik bagian dalam maupun luar.


3. Tombol pada dashboard

Tombol-tombol yang terdapat di dasboard mobil Anda juga dapat beresiko tinggi terpapar COVID-19. Baik Anda maupun pegemudi sering mengatur berbagai fitur yang berada pada tengah dasboard seperi mengatur arah semburan AC, temperatur AC atau meletakan barang pada laci penimpanan dasboard

Bersihkan dasboard secara menyeluruh secara rutin, karena dasbor sebagian besar terbuat dari plastik dan virus diyakini bertahan di plastik lebih lama daripada kebanyakan permukaan lainnya.


4. Door Trim pintu

Selanjutnya hal ini juga patut menjadi perhatian juga yaitu door trim pintu mobil. Sebab baik Anda maupun pengemudi terkadang sering mengistirahatkan tangan Anda pada doortrim yang terdapat sandaran tangan. 

Lalu virus juga bisa beresiko tinggi pada tombol power window yang terdapat di doortrim mobil. Maka dari itu bersihkan dan semprotkan desinfektan pada doortrim mobil.


5. Tuas Transmisi

Ini hampir sama perananya dengan stir mobil, merupakan komponen yang paling sering di sentuh. Hal itu dikarenakan tuas transmisi berfungsi untuk memindahkan posisi gigi kendaraan. 

Karena di anggap beresiko tinggi dalam penyebaran virus Covid-19, maka dari itu lakukan pembersihan secara rutin dan juga semportkan desinfektan untuk mengurangi penyebaran virus lebih parah. []

Baca Juga: Waspada Penyebaran Covid-19 Saat di Mobil, Ini Tipsnya

Berita terkait
Operasional Mobil Dengan BBM di Uni Eropa Tinggal Menghitung Hari
Uni Eropa bersiap mengakhiri operasional dan produksi kendaraan bermotor dengan berbahan bakar fosil minyak bumi
Tips Aman dalam Mengemudi Mobil
Mengemudi mobil memang membutuhkan kewaspadaan tinggi. Lengah sedikit, nyawa taruhannya. Supaya aman, salah satunya adalah tidak bermain gawai.
Jadwal Mobil Vaksin Keliling di Jakarta
Salah satu program hasil kerja sama pemerintah pusat dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta adalah memmbuat mobil vaksin keliling.
0
5 Bagian Mobil yang Rentan Jadi Sarang Virus Covid-19
Mobil dapat beresiko tinggi dalam penyebaran virus Covid-19, maka dari itu lakukan pembersihan secara rutin.