UNTUK INDONESIA
5 Artis Pakai Kalung Antivirus Corona Kementan
Berikut lima (5) artis Tanah Air pengguna kalung antivirus corona dari bahan eucalyptus produk Kementerian Pertanian.
Artis Yuni Shara menggunakan kalung antivirus corona. (foto: Kementan/hot.detik.com).

Jakarta - Hingga kini publik masih mempertanyakan khasiat dari kalung antivirus corona, produksi Kementerian Pertanian (Kementan) yang menuai kontroversi. Meski mengundang pro dan kontra, sederet artis Tanah Air hingga kini percaya diri memakai kalung antivirus yang disebut bisa menangkal Covid-19, berbahan dasar eucalyptus tersebut.

Seperti penyanyi cantik Yuni Shara, beralasan merasa bangga dengan produk dalam negeri. Oleh karena itu ia memutuskan untuk mengenakan kalung antivirus hasil penelitian Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) Kementerian Pertanian.

Tommy Kurniawan: Saya merasa jika bepergian seperti menggunakan minyak angin tetapi tidak perlu dioleskan.

Berikut lima (5) artis Tanah Air pengguna kalung antivirus corona dari eucalyptus:

1. Tommy Kurniawan

Tommy KurniawanPolitisi PKB Tommy Kurniawan menggunakan kalung antivirus corona. (foto: Kementerian Pertanian/Detik.com).

Aktor Tommy Kurniawan yang kini menjabat sebagai Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menjadi salah satu selebriti yang menggunakan kalung antivirus Kementan. Ia pun angkat suara mengenai ramainya buah bibir masyarakat mengomentari kalung aromaterapi eucalyptus hasil penelitian Balitbangtan Kementan.

Tommy menilai, kalung eucalyptus menjadi kalung harapan, sekaligus bukti adanya tanaman rempah nasional yang memiliki khasiat luar biasa. Untuk itu, sebagai bangsa yang subur sudah seharusnya inovasi anak bangsa ini menurutnya harus mendapat dukungan dan apresiasi dari berbagai kalangan. Ia menyatakan sangat menghargai buah karya produk lokal.

"Kalung eucalyptus adalah produk asli buatan Indonesia dan saya sangat berterima kasih karena (Kementan) sudah menciptakan inovasi ini," kata Tommy, dalam keterangan tertulisnya kepada wartawan di Jakarta, Sabtu, 18 Juli 2020.

Baca juga: Profil Stan Isakh, Artis Meninggal Karena Corona

Pernyataan serupa juga dijelaskannya melalui akun Instagram @tommykurniawan, Kamis, 16 Juli 2020. Dirinya menyebut aromaterapi yang dihasilkan kalung eucalyptus mampu merelaksasi pikiran dan tubuh secara cepat.

Tommy mengaku merasakan aroma khas yang dimiliki eucalyptus membuat pernapasannya menjadi lega.

"Saya merasa jika bepergian seperti menggunakan minyak angin tetapi tidak perlu dioleskan," katanya.

2. Yuni Shara

Yuni SharaArtis Yuni Shara menggunakan kalung antivirus corona. (foto: Kementan/hot.detik.com).

Dalam beberapa kesempatan, Yuni Shara terlihat tampil di hadapan publik mengenakan kalung eucalyptus. Kakak kandung dari penyanyi Krisdayanti ini juga mengaku merasa terlindungi lantaran kalung yang ia pakai berkhasiat untuk membunuh virus.

Sebelumnya, Yuni mengaku telah menggunakan kalung antivirus buatan luar negeri. Namun, belakangan ia mengatakan mesti bangga dengan produk buatan dalam negeri. 

Oleh sebab itu, dirinya memutuskan untuk melingkari lehernya dengan kalung dari Kementerian Pertanian tersebut.

3. Iis Dahlia

IIs DahliaPenyanyi Iis Dahlia menggunakan kalung antivirus Kemeterian Pertanian. (foto: (Instagram/isdadahlia).

Penyanyi dangdut senior Iis Dahlia juga memiliki persepsi yang sama dengan Yuni Shara soal khasiat kalung eucalyptus. Dia merasa harus mengapresiasi produk dalam negeri. 

Melalui akun Instagram pribadinya, Iis mengunggah foto dirinya saat menggunakan kalung berwarna hijau tersebut. Ia pun menambahkan caption bernada persuasif dalam lampiran foto tersebut.

Baca juga: Daftar Artis Hamil di Tengah Pandemi Virus Corona

“Dulu saya pakai produk dari luar, namun yang saya pakai saat ini kalung eucaliptus produk Indonesia, inovasi karya anak bangsa, yang dibuat dari tanaman asli yang tumbuh di Indonesia dan saya sangat bangga memakai produk ini,” ucap Iis.

4. Kristina

KristinaKristina (kiri) dan Menteri Pertanian Yasin Limpo (kanan). (foto: Instagram/Kristinadangdut).

Diva dangdut Indonesia Kristina juga termasuk deretan artis yang menggunakan kalung antivirus tersebut. Pelantun lagu "Jatuh Bangun" ini juga sempat menggunggah video saat dirinya bertemu langsung dengan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo.

Sama seperti penyanyi lainnya, Kristina mengaku bangga bisa memakai produk buah karya anak bangsa yang dalam hal ini menurutnya sangat perlu diapresiasi.

5. Vicky Shu

Vicky ShuPenyanyi Vicky Shu (kiri) dan Menteri Pertahanan Yasin Limpo (kanan). (foto: Instagram/Kristinadangdut)

Penyanyi Vicky Shu menambah deretan artis yang kepergok menggunakan kalung antivirus, dengan bukti unggahan video saat ia bersama Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo.

Dalam video itu juga terlihat Mentan Yasin Limpo memasangkan kalung tersebut ke leher penyanyi yang mempopulerkan lagu "Mari Bercinta 2" tersebut.

Namun, wacana Kementerian Pertanian untuk memproduksi massal kalung eucalyptus antivirus corona yang diklaim dapat membunuh virus penyebab Covid-19, mendapat kritik keras dari penyanyi Sherina Munaf.

Menurutnya, eucalyptus hanya cocok untuk membasmi nyamuk dan bukan untuk virus. "Kalung Antivirus Eucalyptus Anti Corona mau diproduksi massal? Setahu saya Covid-19 itu virus. Bukan nyamuk," tulis Sherina melalui akun Twitter miliknya, dikutip Tagar pada Minggu, 5 Juli 2020.

Kalung Anti CoronaMenteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengenakan kalung bertuliskan anti virus corona saat rapat kerja dengan Komisi IV DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa, 7 Juli 2020. Rapat itu membahas program strategis kementrian dalam rangka percepatan pemulihan ekonomi dampak Covid-19. (Foto: Antara/Akbar Nugroho Gumay)

Sebelumnya, Syahrul Yasin Limpo mengatakan kalung berwarna hijau dan bertuliskan antivirus Corona ini mengandung tanaman Atsiri (eucalyptus). Dari hasil lab, katanya, kalung ini bisa mematikan virus corona.

“Ini antivirus hasil Balitbangtan (Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian), eucalyptus, pohon kayu putih. Dari 700 jenis, 1 yang bisa mematikan Corona hasil lab kita," tutur Yasin.

Diketahui, Kementerian Pertanian resmi meluncurkan inovasi antivirus berbasis eucalyptus. Antivirus ini bahkan telah berhasil mendapatkan hak patennya. []

Berita terkait
Artis Sarah Shahab Menjadi Dokter Corona
Beredar foto artis Sarah Shahab yang kini tengah berjuang sebagai garda terdepan melawan virus Corona atau Covid-19.
RialDoni Gandeng Artis Nasional Rilis Lagu Corona
Musisi asal Aceh, RialDoni menggandeng artis ibu kota Ucie Sucita dalam merilis lagu baru berjudul Di Rumah Aja.
Twindy Rarasati Artis Indonesia Ke-3 Positif Corona
Twindy Rarasati menjadi artis ketiga Indonesia yang positif terinfeksi virus corona (Covid-19) menyusul Andrea Dian dan Detri Warmanto.
0
Libur dan Cuti Bersama, Tempat Wisata Dibatasi 50 Persen
Pemerintah mengeluarkan aturan yang membatasi kunjungan ke tempat wisata sampai dengan 50 persen.