UNTUK INDONESIA
5 Aplikasi Bikin Boros Baterai iPhone
Lima aplikasi yang membuat baterai iPhone menjadi cepat habis atau boros. Aplikasi Facebook salah satunya.
iPhone 11 Pro. (Foto: Instagram/@renanstore)

Jakarta - Selain dikenal dengan harganya yang mahal dibanding dengan smartphone lainnya. Ponsel pintar iPhone juga memiliki citra baterai yang lebih cepat habis alias boros.

Borosnya baterai iPhone dipengaruhi oleh seberapa lama penggunaan ponsel ini. Selain itu juga dipicu karena aplikasi yang terpasang pada iPhone pemiliknya.

Berikut Tagar merangkum sejumlah aplikasi yang menjadi biang keleadi penyedot baterai iPhone, yang dikutip dari Foxnews, Jumat, 15 Nove,ber 2019.

1. Snapchat

Snapchat merupakan salah satu aplikasi yang dapat menguras secara cepat daya baterai. Karena layanan notifikasi akan selalu membuat ponsel dalam keadaan terjaga. 

Selain itu, layanan lokasi juga membuat ponsel selalu melaporakan lokasi secara real time. Sehingga salah satu cara yang bisa diantisipasi adalah mematikan fitur lokasi langsung yang mengumpankan baterai.

2. Facebook

Aplikasi media sosial satu ini juga mampu menyedot baterai dengan sadis. Salah satu cara untuk menanganinya dengan mengubah sejumlah pengaturan, seperti pengaturan berjalan secara konstan di latar belakang dan secara otomatis menyinkronkan pembaruan dan kontak.

Caranya adalah menonaktifkan pengaturan lokasi dan Background App Refresh. Selanjutnya nonaktifkan pemutaran otomatis video.

3. WhatsApp

Ini merupakan apilkasi yang memiliki pengguna aktif tertinggi dari semua aplikasi perpesanan. Ada sekitar 1,5 miliar pengguna yang dilaporkan di 180 negara. 

Kendati demikian, aplikasi ini dapat menguras baterai iPhone dengan cukup signifikan meski tidak sedang digunakan. Maka dari itu, cara amannya dengan mematikan notifikasi agar tidak terlalu menggunakan daya baterai.

4. Google Maps

Aplikasi pencari lokasi ini sangat berguna bagi setiap orang yang sedang tidak mengetahui suatu wilayah. Namun penggunaanya juga dapat menghancurkan performa baterai ponsel. 

Karena Google Maps membutuhkan data lebih untuk berjalan dengan baik dan memberikan detail lokasi yang akurat. 

Jika ingin baterai lebih awet, hentikan peta agar tidak memperbarui saat sedang tidak digunakan. Matikan mode GPS dan sesuaikan fitur lokasi juga, karena keduanya membutuhkan daya yang signifikan.

5. Facebook Messenger

Layanan aplikasi pesan yang terhubung dengan induknya ini bisa menguras baterai iPhone. 

Sebenarnya, dari pihak Facebook sudah menyadari jika aplikasi pesan ini ini mampu menghabiskan baterai, sehingga raksasa sosial itu menciptakan Messenger Lite. 

Pastikan tetap memperbarui versi aplikasi Facebook Messenger. Versi terbaru akan selalu berjalan paling efisien dan menggunakan sedikit masa pakai baterai. []

Berita terkait
iPhone 12 Berukuran Kecil Pakai Quad Camera
iPhone 12 menjadi ponsel pertama Apple dengan 4 kamera belakang (quad camera).
iPhone 12 Bakal Pamer Kecanggihan di Bulan Ini
Apple akan merilis ponsel iPhone 12 yang digadang-gadang memiliki fitur lebih canggih. Apa akan menambah kelebihan dari iPhone 11?
Bocoran Tiga iPhone 5G Meluncur Tahun 2020
Apple akan meluncurkan tiga iPhone berkonektivitas 5G pada 2020 dengan prosesor kelas wahid.
0
Ferdinand Hutahaean Pastikan Demokrat Oposisi Jokowi
Politikus Demokrat Ferdinand Hutahaean menegaskan partainya berada di jalan oposisi pemerintah Jokowi.