5 Amalan Doa Untuk Ketenangan Hati

Untuk mengatasi kegelisahan hati dan kecemasan pikiran berikut 5 amalan doa yang bisa dipanjatkan untuk memperoleh ketenangan hati yang wajib tahu.
Ilustrasi - Muslim sedang memanjatkan doa. (Foto: Tagar/Pinterest)

Jakarta - Sebagai seorang manusia yang memiliki hati dan bisa merasa, ada kalanya memang hari-hari terasa sangat berat. Masalah datang bertubi-tubi tanpa henti, hingga menyebabkan hati tak tenang dan selalu diliputi oleh rasa gundah.

Islam mengajarkan umatnya untuk senantiasa berdoa kepada Allah SWT dalam keadaan apa pun, baik dikala suka maupun duka, sedih maupun senang. Sebab Allah SWT akan selalu mendengar doa para umatnya.

Untuk mengatasi kegelisahan hati dan kecemasan pikiran, berikut 5 amalan doa yang bisa dipanjatkan untuk memperoleh ketenangan hati.


1. Ayat Kursi(QS. Al-Baqarah ayat 255)

‎للّٰهُ لَآ اِلٰهَ اِلَّا هُوَۚ اَلْحَيُّ الْقَيُّوْمُ ەۚ لَا تَأْخُذُهٗ سِنَةٌ وَّلَا نَوْمٌۗ لَهٗ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَمَا فِى الْاَرْضِۗ مَنْ ذَا الَّذِيْ يَشْفَعُ عِنْدَهٗٓ اِلَّا بِاِذْنِهٖۗ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ اَيْدِيْهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْۚ وَلَا يُحِيْطُوْنَ بِشَيْءٍ مِّنْ عِلْمِهٖٓ اِلَّا بِمَا شَاۤءَۚ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضَۚ وَلَا يَـُٔوْدُهٗ حِفْظُهُمَاۚ وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيْمُ

"Allah, tidak ada tuhan selain Dia. Yang Mahahidup, Yang terus menerus mengurus (makhluk-Nya), tidak mengantuk dan tidak tidur. Milik-Nya apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi. Tidak ada yang dapat memberi syafaat di sisi-Nya tanpa izin-Nya." 

"Dia mengetahui apa yang di hadapan mereka dan apa yang di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui sesuatu apa pun tentang ilmu-Nya melainkan apa yang Dia kehendaki. Kursi-Nya meliputi langit dan bumi. Dan Dia tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Dia Mahatinggi, Mahabesar."

Ayat kursi atau Q.S. Al-Baqarah ayat 255 merupakan ayat yang bisa diamalkan untuk memperoleh perlindungan dan kesembuhan dari Allah SWT. Baca ayat kursi pada pagi dan sore hari untuk memperoleh ketenangan hati.


2. QS. Ali-Imran ayat 173

‎اَلَّذِيۡنَ قَالَ لَهُمُ النَّاسُ اِنَّ النَّاسَ قَدۡ جَمَعُوۡا لَـكُمۡ فَاخۡشَوۡهُمۡ فَزَادَهُمۡ اِيۡمَانًا  ۖ وَّقَالُوۡا حَسۡبُنَا اللّٰهُ وَنِعۡمَ الۡوَكِيۡلُ

Allaziina qoola lahumun naasu innan naasa qad jama'uu lakum fakhshawhuin fazaadahum iimaannanwa wa qooluu hasbunal laahu wa ni'malwakiil.

"(Yaitu) orang-orang (yang menaati Allah dan Rasul) yang ketika ada orang-orang mengatakan kepadanya, "Orang-orang (Quraisy) telah mengumpulkan pasukan untuk menyerang kamu, karena itu takutlah kepada mereka," ternyata (ucapan) itu menambah (kuat) iman mereka dan mereka menjawab, "Cukuplah Allah (menjadi penolong) bagi kami dan Dia sebaik-baik pelindung."

Dalam ayat ini, Allah SWT memerintahkan umatnya untuk senantiasa bersabar dalam segala kesulitan. Dan Allah akan selalu melindungi umatnya.


3. QS. Al-Insyirah ayat 5

‎فَاِنَّ مَعَ الۡعُسۡرِ يُسۡرًا

Fa inna ma'al usri yusra

"Maka sesungguhnya beserta kesulitan ada kemudahan."

Pesan yang terkandung dalam ayat ini adalah untuk tetap optimis dan berharap pada perto­longan Allah SWT, karena sesungguhnya beserta kesulitan apa pun pasti ada kemudahan yang menyertainya. Di dalam setiap kesempitan, selalu ada jalan keluar.


4. QS Yusuf ayat 92

‎قَالَ لَا تَثْرِيْبَ عَلَيْكُمُ الْيَوْمَۗ يَغْفِرُ اللّٰهُ لَكُمْ ۖوَهُوَ اَرْحَمُ الرّٰحِمِيْنَ

"Dia (Yusuf) berkata, “Pada hari ini tidak ada cercaan terhadap kamu, mudah-mudahan Allah mengampuni kamu. Dan Dia Maha Penyayang di antara para penyayang"

Ketika dada merasa sesak dan sulit memaafkan sebuah kesalahan, amalkan ayat surat ini untuk memperoleh kelapangan dan keikhlasan hati.


5. QS. Taha ayat 46

‎قَالَ لَا تَخَافَآ اِنَّنِيْ مَعَكُمَآ اَسْمَعُ وَاَرٰى

"(Allah) berfirman, “Janganlah kamu berdua khawatir, sesungguhnya Aku bersama kamu berdua, Aku mendengar dan melihat,"

Dengan mengamalkan ayat ini, seraya kita mengingat bahwa sesulit dan seberat apapun masalah yang sedang menghadang, sesungguhnya Allah senantiasa mendengar dan melihat para umatnya. Jadi jangan pernah berhenti mengharap rahmat dari Allah SWT.

(Risma Perdana Izzati)

Berita terkait
Doa Agar Utang Cepat Lunas
Meskipun terdapat doa yang dapat membantu memudahkan seseorang dalam melunasi hutang, tetap harus diimbangi dengan usaha.
Doa Pagi Hari Agar Jiwa dan Pikiran Selalu Positif
Setelah sholat subuh, usahakan dzikir dan berdoa. Lalu, anda bisa keluar rumah sejenak, melihat langit dan membaca doa sederhana pagi ini.
Paus Fransiskus Doakan Warga Afghanistan dan Korban Badai di AS
Paus Fransiskus mendorong negara-negara di dunia untuk menampung pengungsi Afghanistan yang mencari kehidupan baru
0
Misteri Angka 7 dan Keunikannya
Secara tidak langsung, India mempunyai andil penting dalam evolusi angka yang nantinya disebarluaskan oleh negara Timur Tengah.