Pemerintah Kota Makassar

5 Alasan Mengapa Kita Wajib Memulai Investasi

Pada dasarnya investasi sama dengan menabung, yang mana hasilnya akan dapat dinikmati setelah beberapa bulan atau tahun berinvestasi.
Ilustrasi investasi propertti. (Foto: Tagar/Freepik)

Jakarta - Untuk memenuhi semua tuntutan dalam hidup tentu tidaklah cukup dengan mengandalkan gaji atau uang jajan yang diberikan orang tua. Kebutuhan dan keinginan semakin sulit untuk dibedakan karena tuntutan zaman yang semakin berkembang. 

Oleh karena itu, di zaman sekarang ini investasi penting dilakukan karena termasuk penting dalam perencanaan keuangan. Sebelum mengenal lebih jauh, apa sih yang dimaksud dengan investasi?

Investasi adalah suatu tindakan menanamkan sumber daya atau modal yang kita miliki dengan harapan bisa mendapatkan imbal hasil yang lebih besar di masa yang akan datang. Pada dasarnya investasi sama dengan menabung, yang mana hasilnya akan dapat dinikmati setelah beberapa bulan atau tahun berinvestasi.

Singkatnya, investasi merupakan cara untuk memperoleh dana lebih dari keuntungan di masa depan untuk mencapai target tertentu, misalnya seperti membeli rumah, biaya sekolah anak, atau membuka usaha sendiri.

Berikut alasan mengapa harus memulai investasi.


1. Sumber Pemasukan Tambahan

Investasi berbeda dengan menabung yang hanya akan membuat uang Anda diam di tempat tanpa bertambah nilainya. Investasi membuat nilai uang menjadi bertambah.


2. Kebebasan Finansial

Melakukan investasi sejak dini adalah waktu yang tepat karena pada masa tersebut merupakan puncak produktif dalam hidup. Kebebasan finansial membuat tidak perlu lagi bekerja keras untuk mendapatkan uang karena sudah memiliki harta yang cukup untuk menghidupi diri sendiri dan menerima pasif secara berkala.


3. Gaya Hidup Lebih Hemat

Dengan investasi, mendorong seseorang untuk hidup lebih hemat dan tidak berfoya-foya. Investasi menghidarkan membeli barang atau hal-hal yang tidak penting.


4. Menghindari Hutang

Hidup sederhana tanpa menuruti gaya hidup yang tinggi dapat mengurangi potensi hutang. Karena investasi akan menghindari berhutang dan lebih memilih hidup hemat untuk memperbaiki keadaan ekonomi.


5. Menghindari Negara Dari Inflasi

Inflasi terjadi setiap tahun menyebabkan nilai mata uang semakin turun. Dengan melakukan investasi sejak dini, kamu akan membantu Negara menekan persentase inflasi. Tanpa investasi, nilai uang yang dimiliki akan tergerus setiap tahunnya.[]


(Egy Setya Ramadhan)

Baca Juga:

Berita terkait
Doa Keluar Rumah Agar Selalu Dalam Lindungan Allah SWT
Doa ini ada dalam hadis dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah SAW menjelaskan keutamaan doa ini.
Nagita Slavina Boyong Jajanan ke Rumah Zaskia Sungkar
Baru-baru ini Nagita Slavina memboyong beragam jajanan ke rumah Zaskia Sungkar dan Irwansyah. Simak cerita lengkapnya di bawah ini.
6 Cara Mencerahkan Ketiak dengan Bahan Rumahan
Terdapat beberapa faktor yang dapat membuat ketiak terlihat gelap. Begini cara mencegahnya agar ketiak menjadi cerah secara alami.
0
3 Alasan Mengapa Kita Harus Menghindari Tidur Tengkurap
Ternyata posisi tengkurap tidak baik bagi tubuh terutama tulang bagian belakang dan bahu.