5 Aktivitas untuk Redakan Nyeri Datang Bulan

Telah menjadi kodrat seorang perempuan untuk mengalami menstruasi setiap pergantian bulan. Berikut 5 aktivitas yang bisa Anda lakukan.
Ilustrasi - Nyeri datang bulan. (Foto: Tagar/Unsplash/Yuris Alhumaydy)

Jakarta - Telah menjadi kodrat seorang perempuan untuk mengalami menstruasi setiap pergantian bulan. Namun, yang menjadi masalah adalah ketika menstruasi menimbulkan rasa nyeri yang berlebihan, apalagi jika sampai mengganggu aktivitas sehari-hari.

Melansir dari situs kesehatan, nyeri haid dapat timbul dikarenakan adanya proses kontraksi pada dinding rahim. Proses kontraksi ini menyebabkan terjadinya penekanan pembuluh darah yang mengelilingi rahim. Lalu jaringan rahim akan melepaskan bahan kimia yang menimbulkan rasa nyeri, seperti prostaglandin.

Zat prostaglandin dapat memicu otot rahim berkontraksi semakin kencang dari biasanya, sehingga nantinya dapat menimbulkan beberapa keluhan saat haid, seperti nyeri, mual, mulas, lemas, dan sakit kepala.

Jika kamu tidak ingin mengonsumsi obat pereda nyeri, maka kamu bisa menyimak 5 aktivitas yang dapat kamu lakukan untuk membantu meredakan nyeri saat datang bulan berikut ini.


1. Yoga

Dengan melakukan aktivitas fisik yang menenangkan ini, kamu bisa mendapatkan banyak manfaat dalam satu waktu sekaligus. Melakukan teknik peregangan, pernapasan, keseimbangan, dan kelenturan tubuh dengan benar tentu saja dapat mengrusangi rasa nyeri saat datang bulan.

Gerakan yoga memiliki ragam yang banyak. Namun kamu bisa mencoba gerakan ‘reclining twist’ untuk membantu merelaksasi tubuhmu saat datang bulan. 

Caranya, baringkan tubh telentang lalu silangkan lutut kiri di atas sisi kanan tubuh. Lalu rentangkan tangan lebar-lebar, posisi wajah melihat ke arah kiri. Tahan lima napas, lalu rasakan tulang belakang memanjang dan berputar.


2. Bersepeda

Bersepeda ringan di pagi hari atau sore hari juga bisa menjadi pilihan sebagai aktivitas untuk meredakan nyeri datang bulan. Yang terpenting adalah bersepeda saat matahari belum tinggi atau sudah mulai turun kembali, sehingga kamu tidak berpanas-panasan saat melakukan aktivitas ini.

Bersepeda dipercaya dapat membantu melepaskan hormon beta-endorfin yang berfungsi sebagai pereda rasa nyeri dan membantu membakar prostaglandin, zat yang dapat memicu kontraksi otot perut seperti yang telah disebutkan tadi.


3. Mengatur posisi tidur

Aktivitas yang tidak perlu kamu lakukan dengan mengeluarkan tenaga, cukup dilakukan saat menjelang tidur. Kamu hanya perlu memperhatikan posisi tubuhmu saat tidur, dan langkah mudah ini akan cukup efektif membantu mengurangi rasa nyeri datang bulan yang kamu alami.

Posisi tidur yang bisa kamu terapkan saat mengalami nyeri haid adalah posisi tidur meringkuk seperti janin dalam kandungan (fetal). Posisikan tubuh ke satu sisi, dengan kedua lutut yang ditekuk. Posisi tidur seperti ini dapat mengurangi tekanan di bagian perut.


4. Jalan santai

Tak hanya mampu meredakan nyeri di bagian perut saat haid, aktivitas jalan santai rupanya juga ampuh megurangi rasa nyeri pada payudara, sakit kepala, hingga perut kembung. Waktu terbaik untuk melakukan aktivitas jalan santai saat kamu sedang mengalami nyeri haid adalah di pagi hari saat udara masih sejuk dan segar.

Aktivitas ini dapat membantu meningkatkan suasana hati, mengurangi kecemasan, stress, juga memperkuat otot. Selain itu, ritme jantung juga akan lebih stabil. Sehingga aktivitas ini sangat baik untuk meredakan rasa nyeri haid.


5. Melakukan pijatan

Cara terakhir yang juga sangat mudah untuk bisa kamu lakukan saat mengalami nyeri haid adalah melakukan pijatan-pijatan lembut pada daerah yang terasa nyeri. Cukup lakukan dengan gerakan menekan perlahan, hingga rasa nyeri yang kamu rasakan perlahan berkurang.

Untuk meningkatkan sensasi rileks, kamu bisa menggunakan minyak aroma terapi untuk melakukan pijatan ini. Jika kamu mengalami kram perut saat haid, kamu bisa melakukan pijatan dengan gerakan memutar di area perut bagian bawah.

(Risma Perdana Izzati)

Berita terkait
Bukan Hamil, Ini Faktor Telat Datang Bulan
Faktanya, hamil bukanlah salah satu penyebab kita telat datang bulan. Telat datang bulan kemungkinan menjadi tanda adanya penyakit di indung telur.
Jangan Panik, Berikut Penyebab Telat Haid Selain Hamil
Banyak yang beranggapan bahwa telat menstruasi adalah tanda-tanda kehamilan. Padahal, kondisi ini dapat terjadi akibat dari beberapa faktor.
9 Kalimat yang Tidak Boleh Ditanyakan pada Wanita Haid
Menstruasi dan perempuan adalah dua hal yang tidak terpisahkan. Dalam kondisi ini semua wanita pasti menjadi lebih sensitif dan mudah kesal.
0
5 Aktivitas untuk Redakan Nyeri Datang Bulan
Telah menjadi kodrat seorang perempuan untuk mengalami menstruasi setiap pergantian bulan. Berikut 5 aktivitas yang bisa Anda lakukan.