44 Warga Papua Jadi Pegawai Baru Pertamina

Pertamina menerima 44 pekerja baru yang berasal dari Papua dan Papua Barat dalam Program Perekrutan Bersama (PPB) BUMN.
44 karyawan baru Pertamina asal Papua dan Papua Barat pose bersama Menteri BUMN Erick Thohir, saat pelantikan di Jakarta. (Foto: Tagar/Pertamina)

Jayapura - Pertamina menerima 44 pekerja baru yang berasal dari Papua dan Papua Barat dalam Program Perekrutan Bersama (PPB) BUMN. Jumlah itu menggenapi 300 warga Papua yang selama ini bekerja di perusahaan tersebut.

Vice President Corporate Communication Pertamina, Fajriyah Usman mengatakan jika pihaknya sangat berkepentingan untuk mendapatkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang memiliki kompetensi terbaik dari berbagai wilayah, termasuk Papua dan Papua Barat. Mengingat, Pertamina menyediakan layanan terintegrasi dari hulu hingga hilir di seluruh wilayah Indonesia.

Kolaborasi dalam rekrutmen SDM BUMN akan membangun pemahaman yang sama sebagai perusahaan nasional.

“Sebagai SDM baru yang telah melalui proses seleksi ketat dan berjenjang, mereka akan menjadi darah segar bagi operasi Pertamina untuk mengabdi pada bangsa melalui sektor energi dan tentu siap di tempatkan di mana saja termasuk di wilayah terjauh Indonesia,” kata Fajriyah dalam keterangan tertulisnya yang diterima Tagar, Selasa 25 Februari 2020.

Melalui rekrutmen bersama oleh Forum Human Capital Indonesia ini, lanjut Fajriyah, BUMN ikut mendukung pemerataan kesempatan kerja bagi SDM yang berasal dari seluruh wilayah Indonesia.

Demikian halnya dengan Pertamina, sebagai energi penggerak kemajuan bangsa, perusahaan akan terus menyiapkan SDM, khususnya yang akan bekerja dalam penyediaan energi nasional.

Langkah ini juga merupakan wujud peran BUMN untuk mendukung program pemerintah menciptakan SDM Unggul Indonesia Maju, yang telah dicanangkan Presiden sejak 2019 lalu.

"Kolaborasi dalam rekrutmen SDM BUMN akan membangun pemahaman yang sama sebagai perusahaan nasional yang harus melayani masyarakat dan mengutamakan kepentingan nasional," jelasnya.

Seperti diketahui, 44 warga Papua dan Papua Barat yang diterima bekerja di Pertamina, langsung mengikuti pelantikan di Kantor Pusat Pertamina, Jakarta, Sabtu 22 Februari 2020 lalu.

Pelantikan resmi SDM baru BUMN yang bertajuk “Kitorang Anak Papua Siap Mengabdi Untuk Negeri” itu dihadiri Menteri BUMN Erick Tohir, Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati, Ketua Forum Human Capital Indonesia  Herdi Harman, dan Direktur SDM Pertamina Koeshartanto. []

Berita terkait
Sandiaga Uno Support Ahok Jadi Komisaris Pertamina
Sandiaga Uno sebagai lawan Ahok dalam Pemilihan Gubernur DKI Jakarta 2017 memberikan support dan apresiasi atas kinerja di Pertamina.
Ahok Akui Transparansi di Pertamina Tak Semua Dibuka
Komut PT Pertamina Tbk Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) menanggapi Live Streaming Rapat Pertamina yang disiarkan melalui media sosial.
Pemotor Tewas Ditabrak Truk Pertamina di Maros
Seorang pengendara sepeda motor di Maros meninggal dunia usai bertabrakan dengan mobil truk tangki milik pertamina.
0
Mengenal Efek Samping Kebanyakan Minuman Berenergi
Mengenal efek samping minuman berenergi yang di dalamnya terdapat kafein dan lebih banyak gula serta bahan lainnya jika dikonsumsi terlalu banyak.