UNTUK INDONESIA
4.665 CPNS Bersaing Rebut 189 Formasi Subulussalam
4.665 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) mengikuti ujian Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS di Kota Subulussalam, Aceh.
Walikota Subulussalam, Affan Alfian Bintang bersama jajaran Forkopimda memantau layar monitor pengumuman kelulusan peserta ujian SKD CPNS di halaman Gedung Aula Pendopo Walikota Subulussalam, Minggu 2 Februari 2020. (Foto: Tagar/Nukman)

Subulussalam - 4.665 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) mengikuti ujian Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS di Kota Subulussalam, Aceh, untuk memperebutkan sebanyak 189 formasi PNS di Gedung Aula Pendopo Walikota Subulussalam, Minggu, 2 Februari 2020.

Ujian SKD CPNS ini akan dilaksanakan selama 10 hari, mulai dari tanggal 2-11 Februari 2020. Dari 4.665 CPNS yang terdaftar sebagai peserta ujian nantinya akan dibagi dalam beberapa sesi gelombang ujian untuk setiap harinya.

Untuk SKB kemungkinan akan digelar pada bulan Maret ini. Tapi mengenai lokasi ujian kita belum tau pasti dimana dilaksanakan.

Pelaksanaan ujian Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Kota Subulussalam diikuti oleh 400 peserta, yang terbagi dalam empat sesi. Untuk setiap sesinya diikuti dengan kapasitas maksimum 100 peserta sebagaimana yang telah terjadwalkan oleh panitia terkait pembagian jadwal peserta ujian.

Amatan Tagar, pelaksanaan ujian dimulai pada pukul 08.00 WIB. Sebelum memasuki ruangan ujian para peserta terlebih dahulu melakukan registrasi. Setelah melakukan registrasi, kemudian para peserta pun diarahkan menuju tempat brifing peserta ujian yang disediakan di pelataran lokasi ujian. Di tempat ini para peserta akan mendapatkan arahan dari panitia terkait teknis dalam menjalani proses pelaksanaan ujian.

Kepala Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM), Asmardin mengatakan ujian SKD ini merupakan ujian tahap pertama yang ditempuh seluruh CPNS.

Ia menerangkan, ada tiga materi yang diujiankan kepada peserta, yaitu, Test Wawasan Kebangsaan (TWK), Test Inteligensia Umum (TIU) dan Test Karakteristik Pribadi (TKP) dengan sistem penilaian ambang batas. TWK 65 poin, TIU 80 poin dan TKP 126 poin.

Sistem ujian SKD ini dilaksanakan dengan menggunakan computer asissted test (Cat) yang dikelola langsung oleh tim Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Lebih lanjut, bagi peserta yang lulus SKD selanjutnya akan mengikuti ujian Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). Mengenai jadwal dan lokasi pelaksanaan ujian pihaknya belum bisa memastikan. Namun diperkirakan akan digelar pada bulan Maret mendatang.

"Untuk SKB kemungkinan akan digelar pada bulan Maret ini. Tapi mengenai lokasi ujian kita belum tau pasti dimana dilaksanakan, apakah di Banda Aceh atau di Subulussalam," kata Asmardin.[]

Berita terkait
Demi Kesehatan, Ganja Aceh Diminta Legalkan
Ketua Lingkar Ganja Nusantara (LGN), Dhira Narayana mendorong adanya advokasi ke Mahkamah Konstitusi soal aturan yang melarang ganja.
Optimis Legalkan Ganja Kurangi Kemiskinan di Aceh
Jika ganja di Aceh mampu dimanfaatkan dengan baik Profesor Musri Musman optimis ganja bisa mengentaskan kemiskinan
Pemko Banda Aceh Sementara Waktu Tata Masjid Oman
Wakil Wali Kota Banda Aceh, H Zainal Arifin membantah bahwa Pemko akan mengambil alih kepemilikan Masjid Agung Al-Makmur atau Masjid Oman.
0
Jadwal Lengkap Acara Televisi Nasional Sabtu 2 Mei 2020
Beragam program acara televisi nasional siap menemani ibadah puasa Ramadan Anda pada Sabtu 2 Mei 2020.