4 Tujuan Keuangan Terbaik untuk Dicapai Seumur Hidup

Terdapat dua jenis tujuan keuangan, yaitu tujuan keuangan jangka pendek dan jangka panjang.
Salah satu tujuan keuangan, menabung (Foto: Tagar/Freepik/jcomp)

Jakarta - Tujuan keuangan adalah rencana yang ingin dicapai dan membutuhkan dana dalam jangka waktu tertentu. Terdapat dua jenis tujuan keuangan, yaitu tujuan keuangan jangka pendek dan jangka panjang. 

Tujuan jangka pendek adalah tujuan yang ingin dicapai dalam waktu satu tahun atau tiga tahun. Sementara tujuan jangka panjang, tujuan yang ingin dicapai dalam waktu yang lama.

Apakah kamu mempunyai tujuan keuangan yang jelas? Menetapkan tujuan keuangan yang ingin dicapai bisa memberikanmu rencana untuk mengarah ke sana dan tetap termotivasi. Namun, tujuan keuangan mana yang paling penting dalam hidupmu? Berikut ini empat tujuan keuangan terbaik untuk dicapai untuk seumur hidup.


Hidup dalam Kemampuanmu

Hidup dalam kemampuan berarti kamu tidak menghabiskan lebih dari yang dihasilkan setiap bulannya. Mungkin tujuan ini terlihat kecil untuk dimasukkan dalam daftar tujuan keuangan, tapi bisa memberikan dampak positif yang besar bagi keuanganmu.

Ketika hidup sesuai kemampuan dan mengikuti anggaran setiap bulan, kamu tidak mengeluarkan terlalu banyak uang. Saat tidak mengeluarkan banyak uang, kamu tidak akan mempunyai kesempatan untuk berutang. Mempunyai utang bisa menghambat langkahmu untuk mencapai tujuan hidup dan keuangan yang lain.


Bersiap untuk Keadaan Darurat Keuangan

Jika mempunyai utang dan anggaran terbatas, kamu tidak bisa selalu mengantisipasi liku-liku kehidupan. Saat peristiwa tidak terduga terjadi dan melibatkan keuanganmu, dana darurat bisa mengatasinya. Mempunyai dana darurat setidaknya enam bulan biaya hidup dalam rekening tabungan hasil tinggi atau rekening pasar uang adalah tujuan yang baik untuk keuanganmu.


Memaksimalkan Kontribusi Rencana Pensiun/Masa Tua

Semakin cepat kamu mulai menabung untuk pensiun, semakin baik karena kamu mempunyai lebih banyak waktu. Kamu bisa mendapatkan lebih banyak uang dari rekening tabungan dan memberikan kontribusi penuh untuknya.


Memasuki Masa Pensiun Tanpa Utang Hipotek

Setelah memprioritaskan tabungan pensiun, pertimbangkan untuk melunasi hipotek masuk dalaam daftar tujuan keuangan. Mempercepat pembayaran hipotek bisa membantumu mengurangi biaya memasuki masa pensiun.

Tinjau kerangka waktu untuk melunasi hipotekmu. Kemudian gunakan kalkulator hipotek untuk menentukan berapa banyak tambahan yang harus dibayar setiap tahun untuk memenuhi tenggat waktu.

Itulah beberapa tujuan keuangan terbaik untuk bisa dicapai dalam seumur hidup. Saat merencanakan tujuan keuangan, ingatlah untuk mempertimbangkan prioritas masing-masing. Konsultasi dengan penasihat keuangan tentang bagaimana kamu membuat realitas tujuan ini jika memang dibutuhkan.[]


(Retno Ayuningrum)



Baca Juga:

Berita terkait
3 Tips Menabung Untukmu yang Single
Menjadi single bisa membuat beberapa tantangan perencanaan keuangan yang unik.
6 Cara Mudah Menabung Setiap Hari
Menabung menjadi salah satu cara untuk mengamankan finansial. Ada berbagai macam cara untuk menabung.
4 Alasan Pentingnya Mengajarkan Anak untuk Menabung Sejak Dini
Menabung merupakan kegiatan mengelola keuangan yang dilakukan untuk menyiapkan dan menyimpan dana cadangan untuk masa depan. Simak alasannya.