4 Tips Pikat Hati Pelanggan Untuk Tahun Baru Imlek

Nah, dengan strategi marketing di atas, menjadi menonjol di antara kompetitor saat tahun baru Imlek bukan lagi menjadi hal mustahil.
Penganut Konghucu melaksanakan sembahyang Cap Go Meh di Kelenteng Tri Dharma Dwi Dharma Bhakti, Pontianak, Kalbar, Jumat, 26 Februari 2021. Cap Go Meh yang jatuh 14 hari sesudah Tahun Baru Imlek ditutup dengan sembahyang untuk memohon berkah dan keberuntungan. (Foto: Antara/Jessica Helena Wuysang)

Jakarta - Masyarakat keturunan Tionghoa di Indonesia akan merayakan Tahun Baru Imlek inilah saatnya para pebisnis untuk merencakanan ide dan strategi marketing yang efektif. Biasanya mereka akan memberikan promo berupa diskon atau harga spesial.

Seperti perayaan besar lainnya, saat tahun baru Imlek banyak para pelaku usaha yang memanfaatkan momen ini untuk meningkatkan penjualan mereka.

Kalau ditelaah kembali, selain dua cara di atas, sebenarnya banyak lho strategi marketing yang bisa membuat bisnis kamu lebih menonjol di tahun baru Imlek.

Kamu bisa membuat suatu marketing campaign yang tidak hanya memikat hati pelanggan, tetapi juga menyenangkan masyarakat luas.

Maka lakukan 5 strategi pemasaran berikut ini!


Buat Konten Video yang Menarik

Konten video menjadi salah satu hal efektif untuk bisa menarik masa sekaligus membuat orang menangkap informasi yang kamu berikan.

Tak heran kalau sekarang ini, video-video pendek sangat populer dan digandrungi masyarakat juga pemilik bisnis.

Hal ini juga yang membuat aplikasi TikTok sangat populer bahkan menjadi nomor 1 mengalahkan Instagram.


Tunjukan Budaya Perusahan dan Karyawanmu

Orang-orang lebih memilih untuk berhubungan dengan produk yang mereka percaya atau suka.

Nah, untuk menciptakan hal ini, ada beberapa strategi marketing yang bisa kamu lakukan.

Dengan melakukan strategi ini, kamu bisa menunjukan sisi manusia dalam bisnismu dan orang-orang menyenangkan di dalamnya.

Salah satu caranya kamu bisa mengadakan sebuah Corporate Social Responsibility (CSR) untuk imlek tahun ini.

Selain itu, kamu juga bisa menunjukan budaya perusahaan dan karyawan di kantormu dengan cara berikut:

- Wawancara karyawan dari etnis Tionghoa dan tanyakan bagaimana mereka merayakan imlek.

- Semua konten di atas, bisa kamu jadikan konten video atau format lainnya.


Sediakan Konten yang Bermanfaat untuk Pelanggan

Setiap perayaan besar, seringkali membuat keadaan menjadi memusingkan.

Maka dari itu, untuk membantu mereka melewati hal ini, kamu sebagai bisnis bisa memberikan mereka konten-konten menarik.

Bantu pelanggan kamu dalam merencanakan acara imlek mereka.

Bisa dalam bentuk tutorial, guides ataupun template.


Formatnya juga bisa dengan berbagai macam bentuk, misalnya:

- Membuat artikel di blog perusahaan tentang inspirasi mempersiapkan imlek, mulai dari dekorasi, pakaian hingga biayanya.

- Membuat email newsletter dan menawarkan promo khusus untuk tahun baru Imlek.

- Membuat konten video yang berkaitan dengan Imlek.

- Supaya lebih efektif, konten yang dibuat bisa juga diiklankan pada Instagram Ads, Facebook Ads, atau melalui TikTok Bisnis.


Melakukan User Generated Content (UGC)

Strategi marketing yang pertama, kamu bisa mencoba merayakan tahun baru Imlek bersama dengan audiens bisnismu melalui User Generated Content (UGC).

User Generated Content, merupakan konten-konten yang dibuat oleh user atau pelanggan, biasanya melalui digital.

Buatlah para pelangganmu untuk membuat dan membagikan konten mereka bertemakan imlek.

Lalu, apa yang bisa kamu lakukan?

- Kamu bisa mencoba membuat campaign hashtag, dan membuat fans produkmu di media sosial menunjukan bagaimana imlek terbaik mereka di Instagram menggunakan hashtag tersebut.

- Buat suatu kontes, di mana mereka harus membuat konten kreatif berhadiah limited produk yang hanya tersedia selama imlek.

Nah, dengan strategi marketing di atas, menjadi menonjol di antara kompetitor saat tahun baru Imlek bukan lagi menjadi hal mustahil.

Apalagi, cara-cara di atas juga tergolong mudah dan terjangkau biayanya untuk dilakukan.

Kamu bisa menggabungkan strategi marketing di atas dengan beberapa promosi dan penawaran spesial untuk lebih meningkatkan keuntungan.[]


(Erlangga)

Baca Juga:

Berita terkait
Sektor Jasa Keuangan Hong Kong Krisis Talenta
Sibree memilih kembali ke Australia daripada hidup terkekang lebih lama akibat pembatasan ketat virus corona (Covid-19) di kota itu
Catat! Ini Dia 5 Peluang Usaha bagi K-Popers
Istilah K-popers biasa ditujukan pada orang yang menyukai hiburan dari negeri gingseng, Korea Selatan.
Ini Kesalahan Keuangan yang Akan Terasa Menjelang Pensiun
Dengan pensiun, artinya kamu tidak bisa bekerja lagi pada pekerjaan yang kamu geluti sebelumnya.