4 Tips Edit Foto Biasa Menjadi Estetik

Ada beberapa usaha yang harus dilakukan, mulai dari teknik pengambilan gambar hingga cara mengedit foto.
Ilustrasi foto estetik (Foto: Tagar/Freepik)

Jakarta - Semenjak hadirnya media sosial, foto menjadi salah satu kebutuhan bagi banyak orang. Tak heran kalau akhirnya banyak juga yang menghasilkan foto terbaik untuk kebutuhan media sosial.

Tak sekadar mengabadikan momen atau menyampaikan pesan tertentu, kini foto juga harus memiliki nilai artistik. Meski tidak tertulis, foto-foto dengan nilai artistik seakan sudah membentuk sebuah standar tersendiri di media sosial. Biasanya anak muda melabeli jenis foto ini dengan istilah estetik.

Meski begitu, foto estetik tidak tercipta begitu saja. Ada beberapa usaha yang harus dilakukan, mulai dari teknik pengambilan gambar hingga cara mengedit foto.

Berikut adalah tips mudah dalam edit foto biasa menjadi estetik.

1. Atur ulang pencahayaan

Lewat proses editing, masalah ini bisa diatasi. Kamu bisa kembali mengatur pencahayaan, seperti tingkat kecerahan (exposure) dan perbedaan cahaya (contrast) foto. Coba utak-atik exposure dan contrast hingga foto terlihat seperti yang kamu inginkan. Yang perlu kamu ingat, semakin tinggi tingkat kecerahan, semakin tinggi juga efek noise pada foto.

Selain exposure dan contrast, kamu juga bisa bermain dengan warna foto untuk membuat ciri khas. Gunakan color balance untuk mengubah warna foto menjadi tone kebiruan, kekuningan, atau hitam-putih. Nggak jarang, aplikasi edit foto juga menyediakan beberapa tone warna otomatis yang bisa kamu gunakan.

2. Edit komposisi dan posisi foto

Untuk mengatasi masalah ini, kamu bisa mengedit dengan teknik level atau straighten saat editing foto. Garis horizon yang biasanya langsung terlihat pada teknik ini akan membantumu mengatur posisi foto. Nggak sekadar meluruskan foto, kamu juga bisa bermain angle untuk menciptakan foto estetik.

Selain itu, gunakan teknik cropping untuk mempercantik hasil foto. Teknik ini memungkinkanmu memilah bagian foto mana yang ingin ditampilkan dan tidak. Dengan teknik cropping, kamu bisa membuat fotomu terlihat lebih proporsional.

3. Hasilkan foto dengan teknik spalash (selective coloring)

Teknik color splash atau selective coloring jadi salah satu trik mudah mengedit foto biasa menjadi estetik. Teknik yang menyeleksi sebagian objek untuk diwarnai ini akan memperindah foto dalam seketika. Dengan teknik ini, kamu juga bisa menciptakan titik fokus dalam sebuah foto.

4. Manfaatkan efek bokeh

Efek bokeh kini mudah ditemukan di beberapa smartphone. Efek yang merujuk pada kualitas keindahan dari area out-of-focus ini bisa bikin hasil foto langsung terlihat estetik. Nggak heran kalau efek bokeh kerap jadi andalan untuk menghasilkan foto yang menarik.

Itulah empat tips editing foto biasa menjadi estetik, semoga bisa bermanfaat bagi kalian yang senang mengunggah foto di media sosial.[]

(Erlangga)

Baca Juga:

Berita terkait
Cara Mengembalikan Foto dan Video Instagram yang Terhapus
Berikut Tagar berikan cara mengembalikan foto dan video Instagram yang terhapus
Pemilik Foto Klepon Tidak Islami Angkat Bicara
Seorang pengguna Twitter bernama Dita W.Ichwandardi dengan akun @ditut mengaku foto klepon sebagai jajanan tidak islami sebagai miliknya.
Cara Transfer Foto dari Facebook ke Google Photo
Alat transfer Google Photo dari Facebook kini telah tersedia secara global setelah sebelumnya hanya tersedia untuk Amerika Serikat (AS) dan Kanada.
0
4 Tips Edit Foto Biasa Menjadi Estetik
Ada beberapa usaha yang harus dilakukan, mulai dari teknik pengambilan gambar hingga cara mengedit foto.