4 Tips Cara Merawat Tumbuhan Agar Tak Diserang Hama

Lantas bagaimanakah agar tumbuhan dapat tumbuh dengan baik tanpa adanya bantuan dari cairan kimia? Berikut empat tips merawat tumbuhan.
Ilustrasi - Hama tanaman. (Foto: Tagar/Unsplash/@ante_kante)

Jakarta – Hama menjadi salah satu masalah utama yang kerap dijumpai oleh para petani. Sebagian petani menggunakan berbagai cairan kimia supaya tanaman yang mereka tanam tidak diserang hama. Namun tahukah kalian jika menggunakan cairan kimia bisa membuat tumbuhan dan tanahnya terkontaminasi?

Sebagai salah satu negara tropis yang salah satu mata pencaharian terbesarnya adalah petani, hama masih menjadi salah satu masalah utama di negeri ini. Meskipun terdengar sepele dan mudah ditangani, namun hama pada tanaman datang tak terduga dan kadang dalam jumlah yang tak sedikit.

Selain menjadi salah satu mata pencaharian masyarakatnya, bercocok tanam juga menjadi salah satu hobi yang bisa dilakukan oleh masyarakat. Meskipun hobi ini dilakukan di lingkungan rumah pada perkotaan, serangan hama masih mungkin menyerang tanaman yang dipelihara.

Lantas bagaimanakah agar tumbuhan dapat tumbuh dengan baik tanpa adanya bantuan dari cairan kimia? Berikut empat tips merawat tumbuhan agar tak diserang hama dan penyakit tanaman.


1. Atasi secara manual

Meskipun terdengar ribet namun cara ini sangat efektif dilakukan pada beberapa hama besar dan terlihat oleh mata. Tujuan dari pembersihan secara manual ini acar hama yang telah menyerang tidak menyebar ke tumbuhan lainnya karena telah dipisahkan.

Jika melihat hama pada tumbuhan, kalian bisa langsung mengambilnya dengan tangan atau bisa mematahkan daun yang diserang hama tersebut. Namun perlu diingat jika beberapa hama sebaiknya tidak kalian sentuh dengan tangan karena bisa menimbulkan efek samping pada kulit.


2. Gunakan perangkap

Sebagian haa besar pastinya meninggalkan jejak setelah menyerang tanaman milik kalian. Oleh karena itu kalian bisa memasang perangkap pada jalur yang hama lewati agar mereka terjebak dan kalian bisa membuangnya.

Terdapat beberapa jenis perangkap yang hanya berlaku juga pada beberapa jenis hama. Tikus merupakan hama yang cukup menyulitkan jika ditangkap namun kalian bisa menggunakan perangkap seperti lem untuk menangkapnya.


3. Gunakan tanaman penangkal hama

Meskipun menjadi hama terhadap tumbuhan, namun ternyata ada lih tumbuhan yang bisa kalian gunakan untuk menangkal hama tersebut. Dengan meletakan penangkal hama pada area tumbuhan atau area rumah, maka kalian bisa mengurangi jumlah hama yang menyerang tumbuhan milik kalian.

Selain tumbuhan ada beberapa cairan atau benda yang juga terbukti menangkal hama pada tumbuhan. Umumnya cara kerja penangkal hama ini adalah mengeluarkan aroma yang tidak disukai oleh hama sehingga hama tidak akan mendekatinya.


4. Gunakan pestisida alami

Pestisida alami bisa menjadi alternatif untuk menangkal serangan hama pada tumbuhan meskipun secara bertahap. Umumnya pembuatan pestisida alami ini juga terbilang mudah dan dengan bahan yang mudah ditemui juga.

Salah satu campuran yang efektif digunakan untuk pestisida alami ini adalah cabai, bawang putih dan sabun cuci piring. Cara penggunaannya juga terbilang mudah kalian hanya perlu menyemprotkan cairan ini pada tanaman yang diserang hama secara rutin.

(Dimas Rafika)

Berita terkait
Masih Bingung? Inilah Tips Merawat Tanaman Hidroponik
Banyak orang yang tahu jika merawat tanaman hidroponik juga mudah seperti tanaman biasa pada umumnya. Inilah beberapa tips dalam merawatnya.
Ingin Memulai Hidroponik? Pertimbangkan Beberapa Tanaman Ini
Beberapa tanaman membutuhkan waktu yang cukup lama untuk tumbuh dibandingkan tanaman lainnya. Inilah tanaman dengan metode hidroponik.
Tanaman Hias Ini Paling Populer Sepanjang Tahun 2021
Pada pembahasan kali ini akan menampilkan beberapa tanaman hias yang populer di tahun 2021.
0
4 Tips Cara Merawat Tumbuhan Agar Tak Diserang Hama
Lantas bagaimanakah agar tumbuhan dapat tumbuh dengan baik tanpa adanya bantuan dari cairan kimia? Berikut empat tips merawat tumbuhan.