4 Tips Berkendara Saat Sedang Hujan

Ada beberapa tips berkendara saat kondisi cuaca sedang hujan deras seperti di bawah ini.
Saat kondisi hujan dapat menyebabkan jalanan licin yang dapat menimbulkan kecelakaan (Foto: Tagar/Nissan Indonesia)

TAGAR.id, Jakarta - Berkendara saat keadaan hujan deras merupakan salah satu yang menambah resiko terjadinya kecelakaan, disaat hujan deras pandangan kita terbatas, jalanan jadi tidak terlihat serta membuat faktor jalanan menjadi licin.

Maka dari itu berkendara saat kondisi cuaca sedang hujan kita harus ekstra waspada, utamakan keselamatan bukan kecepatan saat berkendara. 

Ada beberapa tips berkendara saat kondisi cuaca sedang hujan deras seperti di bawah ini.

1. Nyalakan lampu ketika hujan deras, karena pandangan di jalanan biasanya kurang jelas, sehingga lampu kendaraan akan membantu dan memberi tanda untuk pengendara di sekitar.

2. Menjaga jarak dan kecepatan dengan kendaraan lain agar dapat bereaksi terhadap manuver pengendara lain yang secara mendadak, terutama ketika menghindari genangan air yang ternyata terdapat lubang yang akan membahayakan keselamatan pengendara.

3. Jangan menyalakan lampu hazard ketika hujan, karena dapat mengganggu konsentrasi dan menyulitkan pandangan pengendara lain, khususnya di belakang kita.

4. Bila harus melewati jalan yang tergenang air, jangan panik harus tetap tenang, pakai gigi rendah dan RPM yang stabil agar kendaraan tidak mati saat melewati genangan air tersebut

Demikian beberapa tips berkendara saat kondisi cuaca sedang hujan deras, tetap harus fokus dan berhati hati, utamakan keselamatan anda dan orang lain.[]


(Haykal)

Berita terkait
Sejarah Pawang Hujan, Tradisi Turun Temurun yang Ada di Indonesia
Pawang Hujan sudah ada sejak lama di Indonesia, tetapi akhir akhir ini ramai jadi perbincangan seluruh dunia
Tips Pasang "roof box" di Atap Mobil untuk Persiapan Mudik Lebaran
Memasang roof box tidak boleh sembarangan agar tetap aman selama perjalanan dan terhindar dari tilang.
Tips Mengatur Jadwal Minum Selama Puasa Ramadan agar tidak Dehidrasi
Tubuh manusia setidaknya membutuhkan delapan gelas air putih dalam sehari.
0
Sejarah Kue Nastar yang Populer Disajikan Saat Lebaran
Menjelang lebaran tiba, masyarakat Indonesia seringkali melakukan kunjungan ke orang tua hingga ke sanak saudara yang dekat maupun jauh.