4 Tips Bagi Milenial dalam Mempersiapkan Rumah Impian

Untuk memiliki rumah pertama, milenial dapat menggunakan produk keuangan seperti Kredit Pemilikan Rumah (KPR). Begini tips yang harus diikuti.
Ilustrasi - Mempersiapkan Rumah Impian. (Foto: Tagar/Photo)

Jakarta - Untuk memiliki rumah pertama, milenial dapat menggunakan produk keuangan seperti Kredit Pemilikan Rumah (KPR). Bahkan saat ini terdapat beberapa bank yang menyediakan produk KPR bagi Milenial dengan skema angsuran lebih terjangkau dan persyaratan lebih sederhana.

Untuk menggunakan produk KPR, pilihlah fitur yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan bayar. Kamu dapat mengatur besarnya nilai uang muka dan cicilan KPR agar sesuai dengan kemampuan kamu dalam melunasi cicilan. 

Dalam menentukan besarnya nilai cicilan KPR, kamu perlu mempertimbangkan bunga, tingkat inflasi, dan prospek penghasilan di masa depan. 

Cicilan KPR sebaiknya tidak melebihi 30 % dari total penghasilan per bulan. Jangan menggunakan seluruh tabungan untuk membayar uang muka, kamu harus memastikan memiliki dana darurat dan menjaga likuiditas keuangan yang sehat. Berikut adalah tips bagi milenial dalam mempersiapkan rumah impian:


1. Tentukan lokasi dan budget 

Hal pertama kali yang bisa kamu lakukan, yaitu menentukan lokasi dan harga rumah yang diinginkan. Tentukan target yang sesuai kemampuan finansial dan kondisi pekerjaan. 

Pilihlah harga yang sesuai dengan kondisi penghasilan kalian saat ini dan masih terjangkau cicilannya dengan potensi peningkatan penghasilan beberapa tahun ke depan. 

Selanjutnya, pilihlah lokasi rumah yang strategis dan menawarkan berbagai fasilitas pendukung untuk memenuhi kebutuhan aktivitas sehari-hari dalam jangka panjang seperti akses ke lembaga pendidikan, ketersediaan transportasi umum, pasar tradisional/modern dan lainnya. 


2. Lunasi cicilan pinjaman dan kredit 

Mengecek kondisi keuangan sebelum mengajukan KPR adalah hal yang wajib kamu lakukan. Bila memiliki cicilan atau kredit pinjaman lainnya, lunasi terlebih dahulu cicilan tersebut agar tidak membebani cicilan KPR yang akan kamu ajukan. 

Selain itu, pastikan riwayat kredit yang tercatat dalam Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK) berstatus lancar sehingga tidak mempengaruhi plafon dan proses persetujuan pengajuan KPR.


3. Konsisten menabung dan berinvestasi

Menabung dan berinvestasi merupakan hal yang penting dalam melakukan perencanaan keuangan untuk mewujudkan tujuan finansial, termasuk perencanaan untuk memiliki rumah pertama.

Dengan konsisten menabung, kamu akan memiliki sejumlah dana yang cukup untuk membayar uang muka KPR. Cara paling efektif adalah dengan menetapkan jumlah tabungan yang akan kamu sisihkan setiap bulannya, yaitu minimal sebesar 20% dari penghasilan bulanan. 

Pisahkan uang tersebut pada rekening khusus atau gunakan instrumen investasi seperti deposito maupun reksa dana untuk mendapatkan return/imbal hasil.


4. Sisihkan dana untuk asuransi properti

Jangan lupa melengkapi rumah dengan asuransi, karena asuransi rumah merupakan salah satu jenis dari asuransi properti standar yang dapat memberikan perlindungan terhadap rumah milik personal (pribadi). 

Berdasarkan Polis Standar Asuransi Kebakaran Indonesia (PSAKI) risiko yang ditanggung oleh asuransi rumah mencakup kebakaran, petir, ledakan, kejatuhan pesawat terbang, dan asap. []


Berita terkait
6 Tips Membayar Tagihan Kartu Kredit Untuk Para Milenial
Berikut adalah tips membayar tagihan kartu kredit agar tidak terbeban dengan utang yang menambah.
Tips Atur Keuangan Milenial dengan Teknologi Digital
Berikut adalah empat tips mengatur keuangan untuk milenial dengan memanfaatkan teknologi digital.
Kaum Milenial Harus Paham, Tips 5 Mengelola Keuangan Bulanan
Tidak sedikit orang yang memiliki gaji yang cukup tinggi tetapi karena boros tidak memiliki tabungan yang cukup.
0
4 Tips Bagi Milenial dalam Mempersiapkan Rumah Impian
Untuk memiliki rumah pertama, milenial dapat menggunakan produk keuangan seperti Kredit Pemilikan Rumah (KPR). Begini tips yang harus diikuti.