4 Tips Aman Investasi Saham dan Keuntungannya

Ketika kita hendak menginvestasikan uang ke bentuk saham, banyak sekali hal yang harus diperhatikan agar tidak mengalami kerugian besar.
Fashion Pria. (Foto: Tagar/Freepik)

Jakarta - Investasi merupakan hal yang penting bagi seseorang karena dengan memiliki investasi sama saja dengan memiliki “tabungan” dimasa yang akan datang. Investasi juga memiliki banyak jenis dan tujuan, salah satunya ialah investasi saham.

Saham sendiri ialah merupakan bukti atau tanda sah kepemilikan modal seseorang terhadap suatu bidang usaha atau perusahaan. Artinya, seseorang yang memiliki saham di perusahaan A, punya hak untuk mendapatkan profit serta aset perusahaan tersebut.

Dikarenakan saham adalah tanda penyertaan modal seseorang atau suatu badan usaha dalam suatu perusahaan maka orang atau pihak tersebut memiliki klaim atas pendapatan perusahaan, aset perusahaan, dan bahkan berhak hadir dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS)

Ketika kita hendak menginvestasikan uang ke bentuk saham, banyak sekali hal yang harus diperhatikan agar tidak mengalami kerugian besar.

Tentunya dengan begitu investasi saham memiliki keuntungan, berikut keuntungan dari investasi saham :


Kamu bisa dapat dividen

Dividen adalah pembagian keuntungan yang diberikan sebuah perusahaan kepada investor saham. Dividen biasanya diberikan setelah adanya persetujuan dari pemegang saham yang diputuskan dalam RUPS. Jika kamu ingin memperoleh dividen, maka kamu wajib hold saham dalam jangka waktu lama. Dividen dapat berupa uang tunai atau sejumlah saham yang dimiliki oleh seorang investor dimana saham tersebut akan bertambah sesuai dengan waktu pembagian dividen.


Capital gain

Capital gain adalah selisih antara harga pada saat kamu beli dengan harga jual. Capital gain terbentuk karena adanya aktivitas perdagangan di bursa saham. Contohnya ialah, membeli saham A dengan harga per lembar Rp 40.000 kemudian kamu menjualnya dengan harga Rp 50.000 per lembar saham. Berarti kamu mendapatkan capital gain sebesar Rp 10.000 dari setiap lembar saham yang kamu jual.

Untuk mencapai keuntungan tersebut maka anda harus mengikuti tips aman investasi saham dibawah ini :


1. Pilih sekuritas terbaik 

Perusahaan ini menjadi perantara dalam perdagangan efek. Untuk bisa bertransaksi saham, kamu perlu memiliki akun di perusahaan sekuritas. Dalam menentukan perusahaan sekuritas terbaik, maka kamu perlu melakukan riset, apakah aplikasi transaksi saham yang ditawarkan sesuai dengan kebutuhan dan bisa dipergunakan dengan mudah. Selain itu cek juga biaya atau fee dari jual beli saham.


2. Lakukan analisis terlebih dahulu sebelum membeli saham

Cara ini sangat dianjurkan karena dengan menganalisis saham terlebih dahulu maka anda dapat mengetahui apa saja keuntungan yang akan di dapatkan Ada dua analisis saham yang biasa dilakukan dalam investasi saham, yaitu analisis teknikal dan analisis fundamental. Analisis teknikal ialah mempelajari dan melihat pergerakan harga saham setiap waktu. Sedangkan analisis fundamental lebih melihat kinerja keuangan perusahaan, jumlah beban utang, keuntungan, hingga tata kelola perusahaan. Guna mengetahui bagaimana dampak dari investasi jangka panjang.


3. Mulai dari kecil dahulu

Langkah besar dimulai dari satu langkah kecil. Jadi, jika Anda baru mulai belajar investasi saham, akan lebih baik Anda memulainya dari nilai yang tidak terlalu besar terlebih dahulu, jangan terlalu berspekulasi. Selain memberi waktu untuk belajar, investasi saham secara berkala juga akan mengurangi risiko kerugian besar.


4. Jangan mudah panik

Pasar saham sangat berfluktuasi, naik turun dengan berbagai faktor penyebab. Selain dari sisi perusahaan, juga bisa terjadi karena efek perekonomian nasional dan global. Oleh karena itu jangan mudah panik dan melakukan aksi jual saat harga turun. Akan lebih baik fokus ke investasi saham jangka menengah panjang, 3 sampai 5 tahun, agar memperoleh keuntungan maksimal. Namun ingat, mulailah dengan membeli saham dengan fundamental baik.

( Anfasya Qurratul Aini )


Baca Juga:







Berita terkait
Pahami Dulu Apa itu ARA dan ARB Sebelum Investasi Saham
Salah satu investasi yang makin populer adalah saham. Hal ini karena keuntungan yang didapat dalam berinvestasi saham terbilang besar.
Profil Andika Sutoro Putra, Miliarder Muda Berkat Saham
aat ini, di usianya 26 tahun, dirinya sudah mendirikan lembaga pendidikan bernama Putra Investor School untuk mengajari masyarakat berinvestasi.
Saham Pandora Anjlok
Saham Pandora, produsen terbesar perhiasan di dunia berdasar kapasitas produksi, turun tajam hari Senin, 1 November 2021
0
Surya Paloh Sebut Nasdem Tidak Membajak Ganjar Pranowo
Bagi Nasdem, calon pemimpin tak harus dari internal partai. Ganjar Pranowo kader PDIP itu baik, harus didukung. Tidak ada membajak. Surya Paloh.