4 Tips Agar Hubungan Jarak Jauh Tetap Harmonis

Komunikasi yang baik serta meluangkan waktu terhadap pasangan adalah kunci utama menjalani hubungan jarak jauh.
Ilustrasi hubungan jarak jauh. (Foto: Tagar/Freepik)

Jakarta - Menjalani hubungan jarak jauh bisa menjadi sangat sulit. Selain dipisahkan oleh jarak yang jauh, long distance relationship (LDR) juga terpisah oleh kesibukan masing-masing pasangan dalam menjalani rutinitas harian mereka.

Menjalin hubungan jarak jauh juga bisa membuat Anda merasa sendirian, sedih dan bingung. Tidak sedikit pasangan yang gagal menghadapi rintangan hubungan jarak jauh. Komunikasi yang baik serta meluangkan waktu terhadap pasangan adalah kunci utama menjalani hubungan jarak jauh.

Namun, bukan tidak mungkin untuk menjalani hubungan jarak jauh atau LDR ini, semua kembali pada bagaimana setiap pasangan menyikapi hubungan mereka. Berikut adalah cara efektif membuat hubungan harmonis yang dapat Anda lakukan jika menjalani hubungan jarak jauh.


1. Membuat jadwal

Setiap pasangan mungkin memiliki kesibukan masing-masing dalam menjalani rutinitas harian mereka. Jadi, alih-alih membuat pasangan Anda menunggu, buatlah jadwal dan bagikan dengan pasangan Anda sehingga mereka tahu tentang waktu luang Anda dan dapat menghubungi satu sama lain sesuai dengan waktu luang Anda.


2. Tetap berusaha mengunjungi satu sama lain

Jarak yang terlalu jauh dapat membuat hubungan menjadi tidak baik. Komunikasi terbaik adalah komunikasi tatap muka secara langsung. Jadi luangkan waktu dan usahakan untuk sering mengunjungi satu sama lain untuk menjaga hubungan tetap baik. Buat janji temu bersama pasangan Anda di waktu luang yang telah disepakati.


3. Lakukan apapun bersama-sama

Jika Anda memiliki jarak yang terlalu jauh satu sama lain, lakukan hal-hal bersama yang nisa Anda berdua nikmati. Ini bisa berupa makan malam virtual, menonton film bersama secara virtual bahkan video call dan bercerita tentang apa yang Anda lakukan hari ini. Itu akan membuat pasangan Anda merasa tetap disayangi karena mengetahui hal-hal kecil yang Anda lakukan meski terpisah oleh jarak yang jauh.


4. Fokus pada kualitas bukan kuantitas

Jangan fokus pada kuantitas waktu yang Anda berdua habiskan, sering melakukan komunkasi namun tidak memperhatikan pasangan Anda, maka itu percuma saja. Anda berdua tidak perlu berbicara satu sama lain selama ber jam-jam setiap hari. Sangat normal bagi Anda berdua untuk tidak dapat berbicara satu hari penuh karena kesibukan masing-masing, selama Anda berdua merasa terhubung satu sama lain, maka hal tersebut akan baik-baik saja. []

(Fauzi Maulana Rizqi) 


Baca Juga :


Berita terkait
4 Karakter Baik Zodiak Leo Ketika Menjalin Hubungan
Jika Anda berkencan dengan Leo, ada kemungkinan besar Anda akan diprioritaskan di atas segalanya.
4 Tips Menjaga Hubungan yang Sehat dan Bahagia
Setiap pasangan tidak akan berhenti berusaha agar ikatan cinta mereka tetap hangat dan bahagia, kerna mempertahankan hubungan tidak mudah.
5 Cara Membangun Hubungan Harmonis Antara Orang Tua dan Anak
Hubungan antara orang tua dan anak adalah tidak dapat dipatahkan dan melampaui ikatan emosional apa pun.
0
4 Tips Agar Hubungan Jarak Jauh Tetap Harmonis
Komunikasi yang baik serta meluangkan waktu terhadap pasangan adalah kunci utama menjalani hubungan jarak jauh.