4 Rekomendasi Curug Kawasan Pamijahan Bogor untuk Liburan

Curug merupakan bahasa sunda dari air terjun, yang juga merupakan salah satu wisata yang dicari-cari para penikmat alam. Berikut rekomendasinya.
Curug Balong Endah. (Foto: Tagar/sentulcity)

Jakarta - Curug merupakan bahasa sunda dari air terjun, yang juga merupakan salah satu wisata yang dicari-cari para penikmat alam, selain suasananya yang indah Curug juga sejuk dan menenangkan hati. 

Destinasi wisata satu ini sangat cocok buat yang bosan dengan suasana perkotaan dan jenuh akan banyaknya pikiran. Terlebih jika air terjun dipadukan dengan pepohonan hijau yang menyejukkan mata.

Air yang jernih dan segar dengan pemandangan hijau di Curug akan mendamaikan jiwa dan pikiran. menyegarkan kepenatan jiwa, bosan, dan jenuh dengan menikmati alam indah membuat suasana sejuk dan teduh. 

Salah satu wisata curug yang banyak dikunjungi ialah kawasan Pamijahan, Bogor. Berikut empat rekomendasi curug yang cocok untuk menghilangkan penat di kawasan Pamijahan, Bogor.


1. Curug Goa Lumut

Curug Goa LumutCurug Goa Lumut. (Foto: Tagar/Pegipegi)


Curug Goa lumut berlokasi di taman Nasional Gunung Halimun Salak, Jalan Curug Ciganea, Desa Gunung Sari, Kecamatan Pamijahan, Bogor, Jawa Barat

Apabila kamu ke Curug Goa Lumut Indah, kamu bakal disuguhkan dengan kolam kecil, tapi sangat jernih. Warnanya pun cenderung biru toska di bagian yang dalam. Serunya, kamu diperbolehkan untuk berenang dan berendam.

Kondisi air yang cukup dingin bakal membuatmu terasa segar. Namun, perlu diingat untuk tidak berenang melebihi batas tali yang dipasang. Sebab, batas tersebut memberikan tanda bagian kolam yang dalamnya lebih dari lima meter.


2. Curug Ngumpet

Curug NgumpetCurug Ngumpet. (Foto: Tagar/ksmtour)


Curug Ngumpet merupakan kawasan wisata air terjun yang terletak di desa Gunungsari, kecamatan Pamijahan, Bogor, Jawa Barat, Indonesia. Dan terletak di Taman Nasional Gunung Halimun Salak, Kabupaten Bogor. 

Curug Ngumpet merupakan wisata air terjun yang masih belum diketahui oleh banyak orang, karena kawasannya yang memang kecil dan terletak di kawasan hutan lindung.

Curug Ngumpet atau yang sering disebut dengan Curug Kondang memiliki ketinggian yang tidak terlalu tinggi. Ketinggian curug ini sekitar 40 m saja. Keindahan air terjun ini tidak terletak pada tingginya air terjun namun pada air nya.

Air yang dihasilkan dari curug ini tergolong sangat jernih. Jadi kamu bisa merasakan kesegaran dari air terjun ini. Curug Ngumpet Bogor dikelilingi oleh tebing tinggi. Dinding tebing tersebut berlumut dan banyak ditumbuhi oleh pohon paku-pakuan.


3. Curug Balong Endah

Curug Balong EndahCurug Balong Endah. (Foto: Tagar/Phinemo)


Curug Balong Endah dikelilingi oleh pepohonan yang rindang dan masih alami, juga terdapat batu-batu alam yang cukup besar di sepanjang kolam. 

Curug ini berada di atas ketinggian 900 meter di atas permukaan laut, sehingga menghadirkan keadaan udara yang sejuk dan dingin apalagi jika menjelang sore hari.

Curug Balong Endah terdiri dari beberapa kolam yang bisa kamu gunakan untuk berenang. Kedalaman kolamnya sekitar 1 sampai 3 meter, jadi jika kamu mau berenang harus tetap waspada dan hati-hati. Air kolamnya sangat bersih dan jernih selain itu juga berwarna biru, sungguh sangat indah dipandang mata.

Kamu bisa sepuasnya mengeksplor keindahan kolam Curug Balong Endah ini dengan berenang. Dikelilingi pepohonan yang rindang serta udara yang sejuk membuat rasa lelah saat trekking menuju Curug Balong Endah pun hilang.


4. Curug Pangeran

Curug PangeranCurug Pangeran. (Foto: Tagar/Pesisir)


Curug Pangeran berada dalam Kawasan Wisata Gunung Bunder di Taman Nasional Gunung Halimun Salak. Nama ‘Pangeran’ yang disematkan pada air terjun ini sekaligus menjadi keunikan tersendiri. Dengan keindahan dan suasananya, wisatawan dapat merasakan sensasi mandi layaknya anak raja.

Air terjun dengan ketinggian sekitar 6 meter ini berada di bagian hulu mata air Gunung Salak. Airnya sangat jernih dengan pantulan cahaya hijau kebiruan. Akses menuju lokasi air terjun yang bersahabat dengan jarak dekat juga menjadi nilai tambah.

Suasana di air terjun ini relatif sepi layaknya bermain di kolam pribadi. Hal ini menjadi keunikan tersendiri karena suasananya layaknya air terjun pribadi sebuah kerajaan. Wisatawan akan dapat merasakan segarnya mandi ala anak raja.

Itulah empat rekomendasi curug di kawasan Pamijahan yang pas untuk menghilangkan rasa jenuh, penat, dan suntuk. Artikel didapatkan dari berbagai sumber, semoga bermanfaat!

(Putri Fatimah)

Berita terkait
Jazz Gunung Bromo 2021 Diharapkan Bangkitkan Pariwisata
jazz gunung
5 Destinasi Wisata Terbaik di Indonesia
Lima destinasi wisata super prioritas yang terus dikembangkan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia.
Siap Dibuka, Pariwisata Kepri Terbatas untuk Wisatawan Asing
Hotel, resor, restoran, dan destinasi wisata juga telah menerapkan protokol kesehatan. Pelaku usaha juga melakukan persiapan berlapis.
0
4 Rekomendasi Curug Kawasan Pamijahan Bogor untuk Liburan
Curug merupakan bahasa sunda dari air terjun, yang juga merupakan salah satu wisata yang dicari-cari para penikmat alam. Berikut rekomendasinya.