UNTUK INDONESIA
4 Positif, Puluhan Warga Aceh Barat di Rapid Test
Tim gugus tugas Covid -19 Kabupaten Aceh Barat juga telah melakukan penyemprotan disinfektan di sekitaran kediaman pasien positif corona.
Tim gugus tugas Covid-19 Kabupaten Aceh Barat melakukan rapid tes terhadap warga yang sempat berkomunikasi dengan pasien positif Covid-19 di Desa Gunong Kleng, Kecamatan Meurebo, Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh, Sabtu 1 Agustus 2020. (Foto: Tagar/Vinda Eka Saputra)

Aceh Barat – Tim gugus tugas Covid-19 Kabupaten Aceh Barat melakukan tracking atau pemeriksaa kepada seluruh keluarga dan kerabat pasien Covid-19 yang berada di Desa Gunong Kleng, Kecamatan Meurebo, Kabupaten Aceh Barat, Aceh, Sabtu 1 Agustus 2020.

Pelaksana gugus tugas Covid-19 Kabupaten Aceh Barat, Irsadi Aristora mengatakan, hal ini dilakukan setelah empat orang warga desa tersebut yang baru tiba dari pulau jawa dan dinyatakan positif Covid -19 berdasarkan hasil swab test yang dilakukan oleh Balitbangkes Provinsi Aceh.

“Hari ini kita melakukan tracking kepada 24 orang warga yang sempat kontak langsung dengan pasien tersebut,” Kata Irsadi.

Selain melakukan tracking, tim gugus tugas Covid -19 Kabupaten Aceh Barat juga telah melakukan penyemprotan disinfektan di sekitaran kediaman pasien dengan radius 500 meter sampai dengan 1 kilometer.

“Berdasarkan hasil rapid test yang kita lakukan saat tracking tadi semuanya non reaktif, tapi karena ini masih baru maka hari selasa nanti kita akan lakukan lagi test swab,” katanya.

Selain 24 orang warga yang telah dilakukan rapid test berdasarkan dari hasil tracking, tim gugus tugas kabupaten Aceh Barat hingga saat ini masih tetap melakukan pemeriksaan kemana dan siapa saja pasien pernah berinteraksi.

“Kita membuka akses bagi masyarakat sekitar yang mau dan merasa ragu pernah jumpa dan pernah berkomunikasi dengan pasien untuk melakukan pemeriksaan atau rapid test,” katanya.

Hari ini kita melakukan tracking kepada 24 orang warga yang sempat kontak langsung dengan pasien tersebut.

Dengan adanya kasus positif Covid-19 di Kabupaten Aceh Barat ini maka tim gugus tugas berencana akan melakukan sosialisasi pentingnya menerapkan protokol kesehatan yang lebih intens lagi untuk mencegah penyebaran virus corona atau Covid-19 di wilayah kabupaten Aceh Barat.

“Masyarakat kita terlalu menganggap sepele virus corona ini, sehingga mereka tidak tertib untuk menerapkan protokol kesehatan khususnya penggunaan masker dalam kehidupan sehari-hari sekarang ini,” katanya. []

Baca juga: 

Berita terkait
10 Ucapan Selamat Idul Adha 2020 Bahasa Aceh Tamiang
10 ucapan selamat Idul Adha beserta terjemahan dalam bahasa Tamiang.
42 Titik Posko Pengungsian Korban Banjir Aceh Barat
Mendirikan posko pengungsian sebanyak 42 titik yang tersebar di sejumlah wilayah di Kabupaten Aceh Barat.
Ribuan Warga Aceh Sudah Duluan Rayakan Idul Adha
Salah seorang warga Desa Blang Mesjid, Andri, 24 tahun, mengatakan, bagi pengikut Habib Muda Seunagan sudah melaksanakan salat hari raya Iduladha.
0
4 Positif, Puluhan Warga Aceh Barat di Rapid Test
Tim gugus tugas Covid -19 Kabupaten Aceh Barat juga telah melakukan penyemprotan disinfektan di sekitaran kediaman pasien positif corona.