UNTUK INDONESIA

4 Penambang Emas Jateng Tewas Tertimbun di Solok Selatan

Berikut daftar 4 nama penambang emas asal Jawa Tengah (Jateng) yang dinyatakan tewas tertimbun di Solok Selatan, Sumatera Barat.
Ilustrasi S.O.S adanya penambang Emas tewas di Sumatera Barat.

Solok Selatan - Dua korban yang sama-sama berusia 51 tahun bernama Miyanto dan Yulistiyono, akhirnya ditemukan di lokasi ambruknya tambang emas di kawasan Nagari Abai, Kecamatan Sangir, Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat (Sumbar). 

Kedua korban tewas itu menambah daftar penambang emas asal Jawa Tengah (Jateng) yang sebelumnya juga dinyatakan tewas tertimbun, yaitu dua pria berusia 32 tahun masing-masing bernama Yudi Purnomo, dan Sugito.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Kota Padang, Asnedi menyebut pihaknya telah mengerahkan regu pencarian ke lokasi tambang itu.

"Kami dapat laporan kemarin. Setelah itu kami kerahkan satu pleton personel untuk membantu pencarian dua korban yang masih tertimbun material," katanya kepada wartawan, Rabu, 13 Januari 2021.

"Dua korban yang hilang tertimbun akhirnya berhasil ditemukan di koordinat 1°16’55.00″S-101°16’53.00″T. Kedua korban telah dibawa ke Puskesmas Abai," kata Asnedi.

Selain empat korban yang tewas, dua korban disebutkan selamat dari insiden nahas yang terjadi pada Senin, 11 Januari 2021. Korban selamat bernama Rivan Syaifudin, 28 tahun dan Aji, 30 tahun. 

Terpisah, Kabid Humas Polda Sumbar, Kombes Pol Stefanus Satake Bayu Setianto memastikan bahwa aktivitas penambangan emas tersebut ilegal atau Penambangan Emas Tanpa Izin (PETI)

"Itu (penambangan) tak berizin," bebernya.[]

Berita terkait
Akhir Pelarian Aktivis Papua Pemasok Amunisi KKB Intan Jaya
Pelarian aktivis Papua yang diduga berperan sebagai pemasok amunisi bagi Kelompok Kekerasan Bersenjata (KKB) Intan Jaya berakhir di tangan aparat.
Pekerja Tambang Galian C di Takalar Tewas Tertimpa Alat Berat
Seorang pekerja tambang galian C, Saharuddin Daeng Talli, 36 tahun, tewas mengenaskan usai tertimpa alat berat di lokasi proyek tambang
Tim Gabungan Tutup 141 Tambang Emas Tak Berizin di Mongondow
Tim Operasi Gabungan Pemulihan Ekosistem Kawasan Taman Nasional Bogani Nani Wartabone, berhasil menutup 141 lubang bekas tambang emas tanpa izin.
0
4 Penambang Emas Jateng Tewas Tertimbun di Solok Selatan
Berikut daftar 4 nama penambang emas asal Jawa Tengah (Jateng) yang dinyatakan tewas tertimbun di Solok Selatan, Sumatera Barat.