UNTUK INDONESIA
4 Mobil Niaga Custom Toyota Mejeng di GIICOMVEC 2020
Empat kendaraan niaga Toyota, Hiace Microbus, Hiace Premio Luxury, Dyna Refrigerator, dan Hilux S-Cab 4x4 mejeng di GIICOMVEC 2020.
Toyota memamerkan empat kendaraan niaga versi custom milik mereka di pameran Gaikindo Indonesia International Commercial Vehicle Expo (Giicomvec) 2020, yang diselenggarakan di Jakarta Convention Center (JCC) pada 5-8 Maret. (Foto: Antara)

Jakarta - Toyota memamerkan empat kendaraan niaga versi custom milik mereka di pameran Gaikindo Indonesia International Commercial Vehicle Expo (GIICOMVEC) 2020. Keempat mobil tersebut adalah Hiace Microbus, Hiace Premio Luxury, Dyna Refrigerator, dan Hilux S-Cab 4x4 (Minning Specification).

Vice President Director Toyota-Astra Motor Henry Tanoto mengatakan kehadiran jajaran produk kendaraan komersial Toyota dalam pameran ini sebagai bentuk terwujudnya program Toyota Ever Better Cars.

"Penampilan jajaran kendaraan komersial Toyota di pameran ini sebagai bentuk komitmen Toyota untuk menghadirkan kendaraan penumpang pilihan masyarakat dan juga kendaraan niaga yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan," kata Henry, sebagaimana diberitakan Antara, Jumat, 6 Maret 2020.

Baca juga: Kendaraan Niaga yang Aman Jadi Fokus GIICOMVEC 2020

Toyota melakukan kustomisasi terhadap empat kendaraan niaga tersebut bertujuan untuk memberikan produk-produk feasible yang sesuai dengan kebutuhan industri yang berkembang di pasar. Ubahan pada kendaraan tersebut dilakukan langsung oleh karoseri.

"Kebutuhan pasar telah mendorong kami untuk melengkapi pilihan line-up kendaran niaga Toyota, dengan berbagai varian dan konversinya," ucap Henry.

Ubahan Empat Mobil Niaga Toyota

Hiace Premio Luxury mengalami ubahan dengan konsep yang luxury, guna menyasar pasar premium. Dari segi dimensi, mobil ini memiliki panjang kabin 5.915 mm, lebar 1.950 mm dan tinggi 2.280, kemudian jarak sumbu rodanya 3.860 mm. Kabin Premio memiliki kapasitas 12 kursi penumpang.

Selain itu, Premio sudah dilengkapi fitur keselamatan yang terdiri dari Vehicle Stability Control (VSC) yang berfungsi membatasi output drive train, serta pengereman selektif ke roda saat kendaraan mengalami oversteer.

Fitur Hill-Start Assist juga sudah disematkan pada mobil ini, yang berfungsi mencegah kendaraan mundur saat dalam kondisi terparkir atau memulai perjalanan di lintasan yang menanjak. Tak ketinggalan sistem pengereman Anti-lock Braking System (ABS), airbag dan seatbelt sebagai fitur keselamatan pasif.

Selain Premio, Toyota juga melakukan kustomisasi pada varian Hilux Single Cabin 4x4 yang biasa digunakan untuk kebutuhan pertambangan (mining spesification).

Mobil ini menggunakan ban off-road Mud Terrain (MT) 265 R17, winch bar forest with LED lamp, towing mounting, heavy duty rear bar, snorkel, dan  rollbar with strobe and heavy duty reverse alarm. Perlengkapan tersebut merupakan standar yang harus dimiliki sebuah mobil komersial untuk kawasan pertambangan.

Baca juga: Melihat Peluang Kendaraan Listrik Niaga di Indonesia 

Mobil selanjutnya adalah Dyna Refrigerator yang biasa digunakan untuk mengangkut barang-barang yang memerlukan alat pendingin. Basis yang digunakan dari mobil ini adalah New Dyna 110 ST 4 ban.

Dimensi dari Dyna Refrigerator adalah 3.100 mm X 1.700 mm X 1.700 mm, yang dilengkapi dua chamber sistem dengan adjustable separator. Kemudian terdapat alat pendingin chiller dengan suhu 15 sampai 5 derajat celcius dan cooler dengan suhu mencapai minus 5 derajat celcius.

Mobil terakhir, Hiace Microbus, merupakan kendaraan niaga Toyota yang dikustomisasi dari basis kendaraan model New Hiace 2.5 yang memakai mesin 2.494cc 2KD-FTV Turbocharged. Kendaraan tersebut mampu menghasilkan tenaga mencapai 102 PS dan torsi 26,5 kgm.

Hiace Microbus merupakan kendaraan yang digunakan sebagai mobil angkutan yang didesain dengan jumlah kursi yang banyak.[]

Berita terkait
Hyundai Hadirkan Mobil Komersial Bertenaga Hidrogen
Hyundai berencana untuk membuat kendaraan komersial listrik berbahan bakar hidrogen di China.
Toyota Yaris Versi SUV Meluncur Maret 2020
Toyota Motor Eropa mengumumkan akan meluncurkan Toyota Yaris versi SUV pada 5 Maret 2020 mendatang.
Toyota-Panasonic Produksi Baterai Mobil Listrik
Toyota Motor dan Panasonic berkerja sama mendirikan perusahaan patungan untuk membuat baterai mobil listrik mulai April 2020.
0
Curhatan Emak Pedagang Pasar Tradisional di Semarang
Pandemi corona membuat omzet usaha kecil di Kota Semarang terjun bebas. Seperti apa keluhan mereka?