UNTUK INDONESIA
4 Menteri Jokowi Diprediksi Kembali Menjabat
Pakar Politik memprediksi 4 nama Menteri yang bakal kembali menjabat pada kepemimpinan Joko Widodo Jilid 2.
Menteri keuangan Sri Mulyani saat berbincang bersama Menteri kelautan dan Perikaan Susi Pudjiastuti. (Foto : Instagram/@sekretatriat.kabinet.)

Jakarta - Pakar Politik Universitas Al Azhar Indonesia (UAI) Jakarta Ujang Komarudin mengatakan ada beberapa menteri yang diprediksi akan kembali menjabat pada kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada periode selanjutnya. Secara rinci, dia menyebut 4 nama.

Ujang menyebut terdapat 4 nama yang berpeluang untuk menjadi pertimbangan oleh Jokowi. Keempat nama itu adalah Sri Mulyani, Susi Pudjiastuti, Pratikno, dan Bambang Brodjonegoro.

Keempatnya, menurut Ujang, memiliki prestasi untuk Indonesia, sehingga bisa menjadi alasan untuk kembali menduduki jabatan menteri.

"Seperti Pak Pratikno Mensesneg, kalau Presiden melihat kinerjanya bagus, akan dilanjutkan. Bagi saya, siapapun yang memiliki kinerja baik, layak dan memang sudah sepatutnya dipertahankan", kata Ujang saat dihubungi Tagar, Jumat, 19 Juli 2019.

Pertama dari segi kinerja, tapi bisa juga karena loyalitas. Menteri kan pembantu Presiden, kalau Presiden suka dengan kinerja dari menteri tersebut pasti dipertahankan.

Dia menyatakan keempat nama tersebut memiliki rekam jejak yang bagus. Loyalitas dari empat menteri itu cukup tinggi bagi negara ini. 

"Pertama dari segi kinerja, tapi bisa juga karena loyalitas. Menteri kan pembantu Presiden, kalau Presiden suka dengan kinerja dari menteri tersebut pasti dipertahankan. Tapi itu hak dari Presiden, jika Presiden memiliki pertimbangan lain, tidak ada yang tidak mungkin," kata Ujang.

Pria kelahiran 9 Agustus 1981 ini menyatakan hal yang lumrah apabila ada kemungkinan perubahan jabatan dari keempat menteri tersebut.

"Itu hak Jokowi untuk mengutak-atik mau jadi Menteri apa nantinya. Menteri itu kan jabatan politik, jadi pasti semua saling berkaitan, seperti Sri Mulyani sebagai Menteri Keuangan, seandainya diteruskan bisa juga jadi Menteri lain, tapi sesuai dengan bidangnya," tutur Ujang.

Saat ini Menteri Keuangan dijabat oleh Sri Mulyani, Susi Pudjiastuti menjabat sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan, sedangkan Pratikno Menteri Sekrestaris Negara, dan Bambang Brodjonegoro sebagai Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) atau Kepala Bappenas.

"Kalau Sri Mulyani dari Menteri Keuangan Jadi Menko, saya melihat pasti Presiden akan mempertimbangkan sesuai dari keahliannya. Ya masih dibidangnya, tidak berubah jauh juga," ujarnya.

Prediksi Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR) ini bukan tidak berdasar. Dia berbicara mengacu pada prestasi dari masing-masing menteri itu, misalnya Sri Mulyani yang pernah dinobatkan sebagai Menteri Keuangan Terbaik di Asia Pasifik 2019 versi majalah keuangan terkemuka FinanceAsia selama 3 tahun berturut-turut mulai dari tahun 2017 hingga 2019. []

Baca juga:

Berita terkait
0
Marak Perempuan Gunakan Narkoba di Gowa
Dalam waktu sepekan dua perempuan yang juga Ibu Rumah Tangga (IRT) di Gowa diringkus menggunakan narkoba.