4 Manfaat Mengelola dan Merencanakan Cashflow

Dengan mengatur keuangan secara maksimal, kita bisa menghindari hutang dan meredam keinginan akan sesuatu yang menyebabkan kita berhutang.
Pegawai (Foto:Tagar/Pixels/Andre Piacquadio)

Jakarta – Merencanakan cashflow sangat penting dilakukan dalam menyehatkan kondisi finansial kita. Kita dapat mengetahui kemana arus keluar masuk keuangan kita dengan menyusun cashflow. 

Apalagi di zaman yang serba mahal kini, kita harus cermat dalam mengatur keuangan agar kebutuhan sehari-hari dapat terpenuhi dan yang paling terpenting adalah bisa terhindar dari hutang.

Selain manfaat diatas, berikut manfaat lainnya yang bisa anda rasakan dalam mengelola Cashflow


1. Melatih untuk menjalankan pola hidup hemat

Hidup yang lebih hemat bukanlah hidup yang pas-pasan bahkan serba kekurangan. Hidup hemat adalah hidup dengan berkecukupan, bahkan bisa mewujudkan apa yang diinginkan. Ini adalah manfaat dasar yang pasti kita dapatkan jika berhasil mengelola keuangan dengan baik.


2. Berlatih untuk lebih tertib dan teratur

Selain hemat, jika dapat mengelola keuangan dengan baik, hidup kita akan lebih tertib dan teratur. Segala hal yang diinginkan termasuk kebutuhan kita sendiri dan keluarga selalu terencana dengan detail. 

Mengurangi stres Stres adalah masalah kesehatan yang bisa membahayakan kita. Jika Stres sudah terlalu meninggi, kita bisa berisiko terkena penyakit lainnya, bahkan menimbulkan kematian. Oleh karena itu, mulailah kelola keuangan Anda dengan baik sekarang juga.


3. Memiliki perencanaan masa depan yang lebih baik

Jika sudah bisa berhemat dan menjalani hidup dengan lebih ringan tanpa masalah hutang, bisa dipastikan bahwa perencanaan masa depan kita juga jauh lebih baik. Pasalnya, saat semua terencana dan detail, apa yang kita inginkan untuk masa depan nanti, bukan tidak mungkin akan terjadi. 

Inilah manfaat yang akan terasa oleh Anda baik sekarang maupun nanti. Bisa memiliki perlindungan dari kejadian yang tidak terduga Berjalannya hidup terkadang penuh dengan ketidakpastian. Pasalnya, kita tidak pernah tahu apa yang sewaktu-waktu bisa menimpa kita di masa depan nanti.

Dengan mengatur keuangan secara maksimal, kita juga akan memikirkan tentang hal ini, bagaimana memilih perlindungan yang sesuai untuk kita, misalnya dalam bentuk asuransi. Keuangan yang teratur pastinya akan memiliki pos khusus untuk masalah ini.


4. Menghindarkan diri dari hutang

Percayalah bahwa keberadaan utang hanya manis di awal, namun pahit di akhir. Kita harus melunasi uang yang kita pernah pinjam ke lembaga keuangan, atau kepada pihak tertentu, dengan adanya kelebihan uang berupa bunga yang cukup besar. Bukankah ini hanya akan menambah pengeluaran kita menjadi lebih besar lagi.

Dengan mengatur keuangan secara maksimal, kita bisa menghindari hutang dan meredam keinginan akan sesuatu yang menyebabkan kita berhutang. Cukup rencanakan dan catat barang atau keinginan apa yang ingin dimiliki, kumpulkan uangnya, lalu dapatkan secara cash tanpa harus berhutang.[]


(Ratu Mitha Amelia)

Baca Juga:

Berita terkait
Melangkah ke Jenjang Pernikahan? Ikuti 5 Tips Menabung Ini
Mengingat betapa sakral dan berharganya pesta pernikahan, banyak orang yang rela habis-habisan untuk urusan biaya.
3 Trik Rahasia Menabung dengan Anggaran Ketat
Kamu bisa menikmati masa pensiun dengan nyaman, membeli rumah baru, atau siap menghadapi keadaan darurat.
Menabung dan Berinvestasi Uang, Apa Bedanya?
Menabung dan berinvestasi tetap diperlukan untuk mencapai tujuan keuangan. Dengan mempelajari tips membantumu mengelola uang dengan disiplin.
0
4 Manfaat Mengelola dan Merencanakan Cashflow
Dengan mengatur keuangan secara maksimal, kita bisa menghindari hutang dan meredam keinginan akan sesuatu yang menyebabkan kita berhutang.