4 Manfaat Cokelat yang Jarang Sekali Diketahui

Cokelat juga memiliki bentuk yang berbeda-beda ada yang dalam bentuk bubuk sampai batangan.
Ilustrasi Cokelat (Foto: Tagar/Freepik)

Jakarta - Siapa yang tak suka cokelat? Rasanya hampir semua orang di dunia ini sangat menyukai cokelat. Rasanya yang sangat khas membuat orang menjadi ingin memakannya lagi dan lagi. 

Cokelat juga memiliki bentuk yang berbeda-beda ada yang dalam bentuk bubuk sampai batangan. Makanan yang sangat enak ini ternyata memiliki manfaat yang banyak. Inilah manfaat cokelat yang jarang sekali diketahui.


1. Cokelat Bisa Menyingkirkan Stress

Manfaat cokelat yang pertama adalah bisa menghilangkan rasa stress yang sedang dirasakan seseorang. Saat ini, manusia semakin banyak yang memilih bekerja di kantoran sebab gajinya tetap dan tidak bergantung pada proses penjualan setiap hari. 

Banyak juga orang yang stress akibat banyaknya tugas di sekolah, putus cinta, masalah dengan orang tua dan masih banyak lagi lainnya.

Selain itu cokelat juga memiliki kandungan zat yang baik bagi kesehatan mental kamu. Cokelat mengandung kafein dan feniletilena yang bisa digunakan sebagai obat untuk stress. kamu bisa menjadi lebih mood ketika sudah mengkonsumsi coklat.


2. Cokelat Bisa Melancarkan Aliran Darah

Selain bisa menyingkirkan stress, manfaat dari mengkonsumsi cokelat adalah sangat efektif untuk bisa melancarkan aliran darah. Cokelat mengandung senyawa flavonoid yang sangat penting dalam mendukung peningkatan biaya. 

Kamu bisa melancarkan aliran darah dengan menggunakan cokelat, karena cokelat ini bisa membuat pembuluh darah kamu melebar sehingga aliran darah pun akhirnya lebih lancar.


3. Cokelat Bisa Digunakan untuk Merawat Kulit

Manfaat dari konsumsi cokelat selanjutnya adalah untuk perawatan kulit. Cokelat memiliki kandungan gizi yang sangat banyak, kandungan tersebut diantaranya adalah kalsium, zat besi, serta vitamin A, B, C, B2 dan E. 

Kandungan gizi yang sangat lengkap ini sangat berpengaruh terhadap kecantikan kulit kamu. Kamu juga bisa menggunakan cokelat sebagai masker jika perlu dan kamu pun bisa menikmati hasilnya secara maksimal. Kulit akan terasa sangat cerah, lembab, dan lebih kenyal.


4. Mencegah Diabetes

Manfaat terakhir dari konsumsi cokelat adalah bermanfaat untuk mencegah diabetes. Bagi para penderita diabetes tipe 2, cokelat sangat bermanfaat bagi kamu dalam mengurangi komplikasi dari penyakit diabetes itu sendiri. 

Jika kamu tidak merupakan penderita diabetes, cokelat sangat baik untuk mengontrol gula darah kamu. 

Cokelat bisa menghindarkan kamu dari diabetes sebab bisa memperbaiki resistensi insulin. Namun, perlu kamu tahu cokelat yang dimaksud adalah cokelat yang murni, bukan cokelat manis.

Ternyata cokelat merupakan makanan yang kaya akan manfaat. Cokelat yang terkenal sangat enak dan memiliki banyak penggemar ternyata memiliki kandungan yang sangat baik untuk kesehatan, misalnya untuk menyingkirkan stress dan depresi, melancarkan aliran darah, bisa digunakan untuk perawatan kulit, dapat mencegah penyakit jantung, dan yang terakhir untuk mencegah diabetes.

Itulah empat manfaat cokelat yang jarang diketahui oleh umum. Semoga bermanfaat.[]

(Erlangga)

Baca Juga:

Berita terkait
Variasi Camilan Kue Pie Pisang Cokelat Keju
Kue pie, satu camilan yang dibuat dengan dipanggang. Banyak variasi kue pie yang dapat dijumpai saat ini, seperti rasa pisang cokelat keju ini.
Tren Kue Balok Cokelat, Resep dan Cara Membuatnya
Kue balok cokelat lagi tren untuk camilan. Bikinnya mudah. Begini resep dan cara membuatnya.
Resep Bikin Brownies Cokelat dari Gandum Utuh, Lezat dan Sehat
Brownies cokelat yang memiliki tekstur creamy atau lembut paling banyak dicari. Begini resep dan cara bikinnya.
0
4 Manfaat Cokelat yang Jarang Sekali Diketahui
Cokelat juga memiliki bentuk yang berbeda-beda ada yang dalam bentuk bubuk sampai batangan.