UNTUK INDONESIA

4 Larangan Usai Berhubungan Seks, Demi Sehat Jangan Dilanggar

Setelah berhubungan seks ada larangan yang sebaiknya tidak dilakukan pasangan agar kesehatan tetap terjaga.
Ilustrasi hubungan intim atau seks. (Foto: Thinkstock)

Jakarta - Pengetahuan setelah berhubungan seks masih dianggap tidak penting oleh kebanyakan pasangan. Padahal setelah bercinta ada larangan yang sebaiknya tidak dilakukan pasangan agar kesehatan tetap terjaga.

Larangan itu perlu diperhatikan para pasangan agar terhindar dari penyakit dan tak mengganggu kemesraan di atas ranjang. Berikut 4 larangan setelah berhubungan seksual seperti dikutip dari laman Insider.

1. Jangan lupa ke kamar mandi

Setelah berhubungan seks, Anda dianjurkan untuk mandi atau membersihkan sisa cairan yang mungkin banyak mengandung bakteri.

Menurut Dr. Allison Hill dan Dr. Yvonne Bohn, dua obgyn di Los Angeles Obstetricians & Gynecologists, membersihkan diri penting untuk mendorong bakteri ke dalam uretra, yang dapat menyebabkan infeksi kandung kemih atau infeksi saluran kemih.

Selain itu, membuang air kecil setelah berhubungan seks juga baik untuk kesehatan. "Menggunakan kamar mandi untuk membersihkan area tersebut, menurunkan risiko infeksi bakteri," kata Dr. Carolyn DeLucia, obgy sekaligus pemerhati kesehatan.

Ilustrasi seksual, seksIlustrasi eksitasi seks. (Foto: Pixabay)

2.  Perhatikan cara pembersihan

Hindari membersihkan area kelamin pria maupun wanita menggunakan produk yang memiliki pewangi tambahan atau bahan kimia seperti sabun, gel, tisu basah, lotion, dan sejenisnya.

Produk itu berpotensi dapat menimbulkan iritasi kulit, terutama di area internal dan eksternal kewanitaan. Disarankan hanya menggunakan air hangat atau sabun lembut untuk membersihkan area kelamin pria maupun wanita setelah berhubungan seks.

"Kami tidak menyarankan penggunaan sabun atau produk dengan banyak tambahan pewangi atau bahan kimia, karena dapat mengubah bakteri baik dan normal. Cukup mencuci dengan air hangat. Menggunakan apa pun yang asing, seperti gel, krim, dan pelumas dapat menyebabkan bakteri jahat atau jamur tumbuh dengan berlebih," ujar Dr. Allison Hill.

Ia menambahkan, membersihkan diri sesederhana mungkin setelah berhubungan intim merupakan cara terbaik untuk memastikan Anda tidak membuat area genital iritasi.

Ilustrasi Pesta SeksIlustrasi seksual. (Foto: Tagar/Pexels)

3. Jangan pakai cairan pembersih

Para ahli menyarankan untuk tidak melakukan douching atau membersihkan vagina dengan cairan yang terdiri dari campuran berbagai bahan kimia. Pasalnya tindakan itu dapat mengubah pertumbuhan normal vagina.

Risiko lain yang bisa terjadi pada area kewanitaan yaitu munculnya infeksi saluran kemih atau ISK karena peradangan vagina. Douching juga bisa "menghapus" flora bakteri alami.

Baca juga:

Ilustrasi SeksualIlustrasi Seksual. (Foto: realitarakyat.com)

4. Mengenakan pakaian ketat 

Mengenakan pakaian yang ketat, termasuk kaos dalam ketat, tidak dianjurkan setelah bercinta.

Dr. Carolyn DeLucia mengatakan, lebih baik tidak mengenakan apa-apa atau hanya berpakaian longgar setelah berhubungan seks sehingga tubuh bisa membersihkan dirinya sendiri.

"Biasanya ada cairan tubuh berlebih dan gesekan yang menyebarkan bakteri di sekitarnya, sebaiknya biarkan kulit bersentuhan dengan udara bebas," ucap Dr. Carolyn DeLucia. (Viona Bono Valvinka) 

(Peringatan konten dewasa khusus 18+. Materi yang dibaca adalah bermuatan konten dewasa, hanya untuk yang cukup umur.) 

Ilustrasi SeksIlustrasi Seksual. (Foto: Tagar/Freepik)

Berita terkait
3 Bahaya Seks Oral, Penyakit No 2 Bikin Meringis
Seks oral sudah dipraktikkan secara luas dan tak lagi menjadi hal yang tabu. Namun, kenali bahaya penyakit yang mengancamnya ya!
Kriteria Seks Nikah Bahagia: Reproduksi, Rekreasi dan Relasi
kriteria seks dalam hubungan pernikahan harus memenuhi unsur reproduksi, rekreasi dan relasi. Bagaimana penjelasannya?
Diabetes VS Seks, Antisipasi Tak Ogah-ogahan di Atas Ranjang
Seks menyehatkan, menambah kuat antibodi. Namun, kondisi gula darah tinggi yang menyebabkan diabetes bisa merubah semuanya. Antisipasi ya!
0
Doni Monardo Manjakan Rizieq Shihab, Polisi Bisa Memanggilnya
Gara-gara Rizieq Shihab, Anies Baswedan dan Ridwan Kamil dipanggil polisi, Kapolda Metro dan Kapolda Jabar dicopot. Bagaimana Doni Monardo?