Pemerintah Kota Makassar

4 Langkah Sebelum Mulai Berinvestasi

Memilih investasi terbaik tergantung pada apakah untuk jangka pendek, berencana selama beberapa tahun, atau jangka panjang.
Ilustrasi (Foto: Tagar/Pexels/Anna Nekrashevich)

Jakarta - Memilih investasi terbaik tergantung pada apakah untuk jangka pendek, berencana selama beberapa tahun, atau jangka panjang. Ketika kamu berpikir cara berinvestasi, pertimbangkan dulu tujuan kamu melakukannya.

Pertimbangkan kembali berapa banyak yang harus kamu investasikan, tujuan berinvestasi, dan resiko-resiko yang kamu ambil ketika sudah memulai investasi. Berikut hal-hal yang dipertimbangkan sebelum mulai berinvestasi.


Berapa banyak uang untuk berinvestasi?

Sebelum memulai investasi, ada baiknya mempunyai gambaran tentang semua keuangan pribadimu. Apakah kamu mempunyai utang untuk segera dilunasi? Berapa banyak uang yang dibutuhkan untuk biaya hidup sehari-hari? Selanjutnya, periksa apakah kamu mempunyai dana darurat? Apakah kamu mempunyai tabungan untuk jangka panjang?

Jika sudah mengatur keuanganmu, tentukan berapa banyak kamu akan berinvestasi. Mungkin kamu bisa membaginya menjadi tiga bagian, biaya hidup sehar-hari, tabungan jangka menengah, dan investasi jangka panjang.


Berapa Lama Harus Berinvestasi?

Beberapa investasi mempunyai waktu minimum. Jadi, mengetahui seberapa lama kamu bisa dan berencana untuk melakukan adalah titik awal yang baik. Untuk investasi jangka pendek, kamu bisa memilih deposito, reksadana pasar uang, obligasi negara ritel (ORI), saving bonds ritel (SBR), peer-to-peer lending. 

Sementara investasi jangka panjang, kamu bisa memilih saham, properti, emas, atau tabungan jangka panjang.


Tujuan Menabung Dan Berinvestasi

Setiap orang mempunyai tujuan dan alasan yang berbeda untuk berinvestasi. Karena hal ini bisa mempengaruhi seberapa besar tanggung jawab dan resiko yang siap kamu ambil dengan uangmu. Apakah kamu investasi untuk pendidikan anak-anakmu di masa depan? Atau hanya untuk membeli mobil?


Bagaimana Kondisi Keuanganmu?

Sangat penting untuk melihat kondisi keuanganmu lebih rinci lagi. Ada banyak cara untuk berinvestasi dan pikirkan baik-baik tentang resiko yang ingin kamu ambil.[]


(Retno Ayuningrum)

Baca Juga:

Berita terkait
7 Tips Aman Investasi Emas Jangka Panjang
Emas telah memainkan peran dalam perdagangan dan transaksi baik untuk pedagang sederhana dan negara yang paling kuat. Berikut tips investasi emas.
Jenis-jenis Investasi yang Cocok untuk Pemula
Tak seperti dulu, citra investasi yang mahal dan hanya dimonopoli para pengusaha atau karyawan berpenghasilan tinggi kini telah luntur.
Tips Investasi Properti untuk Pemula
Anda harus mempertimbangkannya secara matang sebelum menargetkan properti pertama Anda.
0
5 Artis Terkaya di Indonesia, Hartanya Capai Ratusan Miliar
Ada lima nama yang masuk ke dalam deretan 5 artis terkaya di Tanah. Berikut adalah deretan 5 artis terkaya yang memiliki ratusan miliar.