Pemerintah Kota Makassar

4 Keuntungan Investasi Real Estate, Dijamin Cuan Terus

Bisnis pada bidang properti atau real estate merupakan sebuah bisnis yang tidak pernah mati.
Real Estate Agent (Foto:Tagar/Pixels/Ivan Samkov)

Jakarta – Bisnis pada bidang properti atau real estate merupakan sebuah bisnis yang tidak pernah mati. Hal ini disebabkan tempat tinggal merupakan sebuah kebutuhan primer manusia yang tidak akan pernah dimakan waktu. 

Tetapi banyak hal yang terlintas di pikiran saat akan memulai bisnis properti karena tentunya ada risiko di samping banyak kelebihannya. Berikut kelebihan yang menjanjikan dalam berinvestasi properti.


1. Hasil Cenderung Positif

Konsep kelangkaan berperan penting dalam investasi properti. Dengan demikian, bisa dibilang umumnya imbal hasil investasi properti selalu positif jika Anda cerdas mencari lokasi yang baik. 

Terlebih jika investasi dilakukan dalam jangka panjang, Anda bisa memperoleh keuntungan hingga berlipat-lipat. Sehingga umumnya investasi ini memang dilakukan demi tujuan jangka panjang. Jika digunakan dalam waktu pendek pun bisa. Umumnya bisa dilakukan dengan beberapa contoh berikut.

  • Memperbaiki bangunannya kemudian dijual dengan harga lebih mahal
  • Membeli tanah untuk kemudian dibangun dan dijual dengan harga lebih mahal.
  • Hati – hati dalam memilih lokasi yang strategis dan jangan pilih lokasi yang kemungkinan besar sulit dijual karena beberapa alasan tertentu.


2. Potensi Pendapatan Pasif

Anda juga bisa memperoleh pendapatan pasif saat berinvestasi properti. Misalnya saja apabila Anda menunggu masa pensiun dan memutuskan untuk mengontrakan atau menyewakannya. 

Di sini Anda memperoleh pendapatan pasif sembari tetap memiliki asetnya (karena tanah dan bangunan tidak dijual). Jadi bisa dibilang investasi properti punya keuntungan ganda, di mana selain nilainya yang terus meningkat, Anda juga bisa memperoleh penghasilan pasif selama belum menjualnya.


3. Dapat Dijadikan Agunan

Jika Anda bisa membeli sebuah properti dan menjadikannya agunan untuk meminjam uang demi membeli properti lainnya. Siklus keuntungannya kurang lebih sama sehingga Anda bisa memperoleh keuntungan atau impas. 

Tanah atau properti adalah salah satu agunan yang umumnya bernilai tinggi, sehingga Anda bisa mengharapkan jumlah pinjaman yang besar juga.


4. Tahan Ancaman Inflasi

Pada praktiknya jaman dahulu, pembelian rumah adalah demi memenuhi kebutuhan primer manusia. Namun kini sudah terjadi perubahan kepentingan di mana properti menjadi salah satu cara untuk menjaga investasi tersebut agar tidak tergerus inflasi. 

Artinya, pemilik yakin membeli properti, nilai investasi tidak akan turun seperti nilai mata uang yang tergerus inflasi.[]


(Ratu Mitha Amelia)

Baca Juga:

Berita terkait
5 Tips Investasi Properti untuk Pemula
Investasi properti yang banyak digemari ialah perumahan, karena dianggap lebih menguntungkan dalam jangka panjang.
Inilah 3 Investasi Properti Sangat Menguntungkan
Investasi properti berjenis indekos sangat cocok diaplikasikan di daerah perkotaan, tidak terkecuali Jakarta.
5 Tips Memilih Investasi Properti yang Tepat
Banyak faktor yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli rumah.
0
4 Keuntungan Investasi Real Estate, Dijamin Cuan Terus
Bisnis pada bidang properti atau real estate merupakan sebuah bisnis yang tidak pernah mati.