4 Kesalahan Investasi yang Tidak Akan Dilakukan Orang Kaya

Investasi adalah salah satu cara yang disukai dan terbukti memberikan keuntungan untuk memanfaatkan dana yang diam atau lebih.
Penghitungan investasi (Foto: Tagar/Freepik)

Jakarta - Investasi adalah salah satu cara yang disukai dan terbukti memberikan keuntungan untuk memanfaatkan dana yang diam atau lebih.

Jika kamu memiliki dana lebih, bisa digunakan untuk berinvestasi. Namun, tidak sedikit yang melakukan kesalahan dalam berinvestasi sehingga bukannya untung malah buntung.

Berikut adalah orang-orang super kaya akan menghindari berbagai kesalahan ini sehingga tidak akan terjebak pada kerugian berinvestasi.


Tidak Berpikir Matang dalam Mengambil Risiko

Adanya ungkapan High Risk, High Return tidak membuat orang super kaya langsung menggelontorkan dana kepada investasi yang memiliki risiko tinggi untuk diambil hanya karena kemungkinan keuntungan juga besar.

Mereka akan melakukan riset terlebih dahulu sehingga walau keuntungan besar, jika kerugian juga besar atau imbang, mereka akan lebih memilih mundur.


Memulai Investasi Dari Dana Lebih

Orang super kaya tidak akan menggunakan uang yang dikeluarkan secara rutin untuk berinvestasi. Mereka juga tidak akan mengawali investasi dengan pinjaman pribadi.

Mereka tahu bahwa uang bulanan yang sudah rutin keluar tidak bisa dipaksakan untuk menjadi modal investasi karena jika hal itu terjadi, keuangan pribadi tidak akan sehat.


Ragu-Ragu

Biasanya, investor pemula akan ragu ketika memilih jenis investasi yang akan ia ambil. Ragu-ragu berarti menghabiskan waktu, kehabisan waktu berarti kehilangan kesempatan.

Oleh sebab itu, orang super kaya akan memulai investasi dengan memahami seluk beluk investasi termasuk juga berbagai cara, trik dan tips sebelum kemudian dihadapkan dengan keputusan sulit.


Tidak Mendiversifikasi

Diversifikasi maksudnya adalah menyebar dana investasi ke beberapa tempat. Pakar investasi termasuk orang super kaya akan membagikan investasi di beberapa tempat bukan hanya pada satu tempat.

Dengan demikian, jika ada investasi yang akhirnya merugikan, investasi di sektor atau tempat lain bisa saja kemudian menguntungkan dan bisa menutup kerugian yang ada. Cara ini sangat efektif dan disarankan bagi mereka yang ingin terjun ke dunia investasi.

Itulah 4 kesalahan yang tidak akan terjadi oleh orang kaya jika sedang bermain investasi, sebisa mungkin hindari hal tersebut. Semoga bermanfaat.[]


(Erlangga)

Baca Juga:

Berita terkait
3 Alasan Wanita Lebih Baik daripada Pria dalam Hal Investasi
Berikut ini adalah 3 alasan mengapa perempuan adalah investor yang lebih baik dari pria. Simak penjelasannya.
Ini Daftar Saham yang Paling Diburu Investor 2022
IHSG menguat ke posisi 6.669,51 setelah ditutup melemah sebesar 0,49 persen pada perdagangan kemarin. Ini daftar saham yang diburu.
Benarkah Investasi Deposito Cuan daripada Menabung?
Dalam memilih investasi bunga lebih tinggi dari tabungan diperlukan beberapa cara, simak penjelasannya.
0
4 Kesalahan Investasi yang Tidak Akan Dilakukan Orang Kaya
Investasi adalah salah satu cara yang disukai dan terbukti memberikan keuntungan untuk memanfaatkan dana yang diam atau lebih.