4 Kegiatan yang Biasa Dilakukan Saat Perayaan Chuseok

arga Korea Selatan juga menyebut perayaan ini dengan nama Hangawi yang berarti hari tengah atau musim gugur.
Ilustrasi perayaan chuseok dengan menggunakan hanbok. (Foto: Tagar/Pixabay)

Jakarta - Chuseok adalah hari libur nasional di Korea Selatan untuk merayakan hasil panen. Chuseok diadakan pada hari kelima belas di bulan kedelapan dalam penanggalan kalender lunar. Hari libur ini berlangsung selama 3 hari, dimulai dari hari sebelum perayaan sampai hari setelahnya.

Selain Chuseok, warga Korea Selatan juga menyebut perayaan ini dengan nama Hangawi yang berarti hari tengah atau musim gugur.

Warga Korea biasanya akan pulang ke kampung halamannya atau rumah orang tua mereka untuk merayakan Chuseok bersama-sama. Maka biasanya akan terjadi kepadatan lalu lintas di jalan raya, terminal bus, stasiun kereta dan bandara. Berikut 4 Kegiatan yang biasa dilakukan saat perayaan chuseok.

Upacara penghormatan

Inti dari perayaan Chuseok adalah melakukan upacara penghormatan. Di hari itu akan tersedia hidangan jamuan yang terdiri dari buah-buahan, daging, sup, kue beras, soju, dan makgeolli di atas meja rendah. Tikar pun digelar seluas tempat upacara berlangsung.

Setelah itu melakukan upacara peringatan untuk menghormati leluhur mereka. Secara bergantian anggota keluarga membungkuk kurang lebih 6 kali dan dilanjutkan dengan menyantap hidangan yang sama dengan yang tersaji di meja jamuan upacara. Upacara ini berlangsung selama 10-15 menit.

Dalam perayaan Chuseok mereka juga pergi ziarah ke makam leluhur untuk berkunjung dan membersihkan makam dengan mencabuti rumput di sekitar makam.

Permainan tradisional

Banyak aktivitas yang dapat dilakukan di hari libur Chuseok selain bercengkrama dengan kerabat salah satunya adalah bermain permainan tradisional Korea atau kerap disebut Jeontongnori. Permainan tradisional yang menarik dilakukan bersama keluarga yaitu Dalkssaum, Ganggangsullae, Juldarigi, dan Ssireum.

Acara hiburan TV

Jika terlalu malas untuk bergerak dan ingin bersantai di hari libur maka pilihannya jatuh kepada drama dan acara TV. Pada hari penting seperti Chuseok stasiun TV banyak menayangkan hiburan yang cocok untuk ditonton ramai-ramai maupun sendiri. Dikalangan fans K-pop pasti tidak asing dengan acara Idol Star Championship dimana para idol mengikuti cabang olahraga tertentu dan bertanding dengan grup idol lain.

Destinasi wisata

Jika sudah bosan merayakan libur Chuseok di rumah saja, orang Korea akan bertamasya ke tempat tempat terkenal di daerahnya. Dari tempat wisata berlatar sejarah seperti Gyeongbeokgung, Deoksugung Palace, Changgyeonggung Palace, Changdeokgung Palace. Biasanya di sana tersedia tempat penyewaan pakaian tradisional Korea yaitu Hanbok.

Pilihan lain bisa melakukan wisata spiritual ke Seonjungneung Royal Tombs, Bongeunsa Temple. Apabila mereka tinggal di kota, mereka biasa memadati Lotte World di Seoul, Everland di Yongin, dan Seoul Lan di Gwacheon.


(Sekar Aqillah Indraswari)

Berita terkait
Blue House Korea Selatan Rilis Penangguhan Drama Snowdrop
Blue House atau Istana Kepresidenan Korea Selatan baru saja merilis pernyataan baru tentang petisi penangguhan drama JTBC yaitu Snowdrop.
Sinopsis Drama Korea Beautiful Mind, Pembunuhan Misterius
Drakor Beautiful Mind merupakan serial bergenre melodrama dengan sentuhan misteri yang berkisah pembunuhan misterius. Beikut sinopsisnya.
Sinopsis Drama Korea Yes Captain Tentang Perjuangan
Yes Captain merupakan salah satu drama Korea yang dibintangi oleh aktris kenamaan Negeri Ginseng, Ku Hye-sun berkisah tentang perjuagan.
0
6 Tempat Wisata Kembali Dibuka di Jakarta, Simak Ketentuannya
Berdasarkan usulan Kemenparekraf Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah memutuskan untuk membuka destinasi wisata. Simak ketentuannya.