UNTUK INDONESIA
4 Gol di 4 Laga PSM, Bukti Balde Kian Tajam
Striker Amido Balde dilepas Persebaya Surabaya kini melejit bersama PSM Makassar. Torehan empat gol di empat laga terakhir jadi bukti ketajamannya.
Striker PSM Makassar Amido Balde (90) merayakan gol bersama rekan di laga Shopee Liga 1 2019 melawan Persipura Jayapura di Stadion Andi Mattalatta, Makassar, Senin 18 November 2019. Balde menunjukkan ketajamannya setelah mencetak empat gol di empat laga terakhir. (Foto: Tagar/Rio Anthony)

Makassar - Striker Amido Balde sempat dianggap gagal di tahun pertamanya di Indonesia. Terbukti, dirinya dilepas Persebaya Surabaya. Namun kurang bersinar di klub lama, Balde justru melejit di PSM Makassar. Torehan empat gol di empat pertandingan terakhir menjadi catatan mengesankan striker berusia 28 ini di tim Juku Eja. 

Balde sempat disebut-sebut bakal menjadi mesin gol andal Persebaya saat didatangkan untuk menghadapi kompetisi Shopee Liga 1 2019. Apalagi, dirinya sudah sarat pengalaman di berbagai klub Eropa, termasuk bersama Celtic. 

Namun pemain yang pernah memperkuat tim nasional Portugal U-20 ini terlambat panas. Meski sempat mencetak hat-trick saat Persebaya menghajar Persib Bandung 4-0, namun dirinya kurang bersinar. Buntutnya dia kemudian dilepas di paruh pertama kompetisi.

Kami senang dengan performa dari Balde. Di samping itu dia juga banyak membantu tim

Saat pindah ke PSM, Balde menjadi tumpuan lini depan. Terutama dengan meredupnya striker Eero Markkanen yang kemudian dilepas PSM. 

Gagal di Persebaya, Balde ternyata menemukan jodoh di PSM. Meski tidak langsung nyetel, pemain asal Guinea-Bissauan ini akhirnya menunjukkan ketajamannya. Dalam empat pertandingan terakhir, dia tampil dengan penampilan terbaik dan berhasil mencetak empat gol.

Pemilik nomor punggung 90 ini salah satu pencetak gol kemenangan PSM saat menghajar Persipura Jayapura 4-0 di Stadion Andi Mattalatta, Makassar, Senin 18 November 2019. Pelatih Darije Kalizec pun merasa puas dengan kualitas yang ditunjukkan Balde. 

"Kami senang dengan performa dari Balde. Di samping itu dia juga banyak membantu tim,” kata Kalezic.

Menurut Kalezic pemainnya tidak hanya menjadi penyelesai akhir tetapi juga kerap ke bawah untuk menjemput bola. Balde membantu melancarkan serangan ke daerah pertahanan lawan. Pergerakannya juga membuat bek Persipura mengalami kesulitan untuk mematikan dia.

“Balde mampu menahan bola. Dia bisa membuat aliran bola tak terputus dan menciptakan peluang. Dia juga tak takut bertarung secara fisik dan membuat pemain belakang lawan kelelahan,” tuturnya.

Saat pemain bertahan kelelahan, Kalezic pun menyiapkan amunisi baru untuk menambah daya gedor. Striker Ferdinand Sinaga yang lebih bugar pun dimasukkan saat Balde ditarik. Hasilnya, Ferdinand sukses memantapkan kemenangan PSM di pengujung laga.

“Ini semua kerjasama tim. Setiap pemain mempunyai peran masing-masing. Jadi bukan hanya gol Balde, tetapi hal-hal lain juga penting untuk meraih kemenangan," katanya memungkasi. []

(Muhammad Ilham)

Berita terkait
Kemenangan Atas Persipura, Kado PSM untuk Suporter
PSM Makassar meraih kemenangan telak 4-0 atas Persipura di kompetisi Shopee Liga 1 2019. Ini jadi kado bagi suporter yang rindu kemenangan.
PSM Makassar Pesta Gol Saat Lawan Persipura Jayapura
PSM Makassar tampil gemilang saat meraih kemenangan besar 4-0 atas Persipura Jayapura di pertandingan Shopee Liga 1 2019, Senin 18 November 2019.
Pelatih Persipura Sebut PSM Sebagai Tim Terbaik
Persipura Jayapura tak meremehkan PSM Makassar dalam laga Shopee Liga 1 2019. Pelatih Persipura Jacksen F. Tiago menyebut PSM sebagai tim terbaik.
0
KPK Tahan Dua Tersangka Kasus Suap Lapas Sukamiskin
KPK menahan dua tersangka kasus dugaan suap pemberian fasilitas izin keluar Lembaga Pemasyarakatan Sukamiskin.