4 Fakta Menarik tentang Masjid Al Aqsa

Masjid Aqsa yang asli telah rata dengan tanah akibat gempa bumi yang mengguncang Jazirah Arab pada pertengahan abad ke-6.
Masjid al-Aqsha di kawasan Baitul Maqdis. (Foto: Phinemo)

TAGAR.id, Jakarta - Masjid Al Aqsa adalah masjid paling penting di dunia setelah Masjidil Haram di Makkah dan Masjid Nabawi di Madinah.

Masjid Al Aqsa tercatat dalam Alquran sebagai masjid tempat Rasulullah Muhammad SAW naik ke langit untuk menerima perintah shalat dari Allah dalam peristiwa Isra Mi’raj. Masjid yang berdiri di Palestina, itu memang bukan masjid yang asli. Karena, Masjid Aqsa yang asli telah rata dengan tanah akibat gempa bumi yang mengguncang Jazirah Arab pada pertengahan abad ke-6.

Masjid Al Aqsa terletak di Yerusalem, Palestina yang ditetapkan UNESCO sebagai warisan dunia ini menyimpan beberapa fakta menarik.


1. Tempat Nabi Muhammad singgah saat Isra Mi’raj

Peristiwa Isra’ Miraj tentunya sudah akrab di telinga umat muslim. Peristiwa bersejarah soal perjalanan Nabi Muhammad saat menerima wahyu tentang salat ini juga berlatar di Masjid Al Aqsa. Seperti yang diriwayatkan dalam Al-Quran surat Al-Isra ayat 1:

"Maha Suci Allah, yang telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari Al-Masjidil Haram ke Al-Masjidil Aqsha yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian tanda-tanda kebesaran Kami. Sesungguhnya Dia adalah Maha Mendengar lagi Maha Melihat." (QS. Al Isra:1).


2. Memiliki perpustakaan di dalamnya

Dikutip dari laman Step Feed, Al Aqsa memiliki perpustakaan sendiri. Perpustakaan tersebut berdiri pada 1923 dan dibangun oleh Dewan Legislatif Muslim Tertinggi. Di dalam perpustakaan, banyak tersimpan arsip penting seperti koleksi manuskrip berharga serta studi-studi Islam dan Arab.


3. Terdapat banyak masjid

Masjid Al Aqsa ternyata tidak hanya satu masjid. Selama ini, publik menganggap bahwa Masjid Al Aqsa adalah masjid yang terletak di sisi paling selatan. Padahal sebenarnya itu adalah Masjid Qibali. Adapun Masjid Al Aqsa sendiri merupakan kompleks masjid di Yerusalem.


4. Kubahnya berwarna biru, bukan kuning

Selama ini, banyak yang masih mengira bahwa kubah Masjid Al Aqsa berwarna kuning. Sebab warna kubah aslinya yaitu biru. Sebenarnya, yang berwarna kuning adalah bangunan di sekitar kompleks Masjid Al Aqsa, yaitu Doom of The Rock atau Masjid Kubah.


Itulah 4 fakta menarik tentang Masjid Al Aqsa di Yerusalem. Apakah Anda ingin mengunjunginya? []


Baca Juga


Berita terkait
Fakta-fakta Aksi Pembakaran Alquran di Swedia
Pembakaran Alquran oleh kelompok sayap kanan anti-imigran memicu terjadinya bentrokan di Kota Swedia selama empat hari.
Inilah 6 Fakta Terbaru Arab Saudi yang Jadi Kontroversi
Kerajaan Arab Saudi semakin berubah menjadi negara liberal dibawah kepemimpinan putra mahkota Arab Saudi Muhammad bin Salman.
Inilah 5 Fakta menarik tentang Vatikan
Salah satunya, tak ada satupun warga Vatikan yang lahir di negara itu.