4 Fakta Menarik Tentang Kulit yang Jarang Orang Tau

Kulit menjadi perlindungan pertama dari dunia luar, termasuk iritasi dan alergi.
Ilustrasi foto kulit (Foto: Tagar/Pexels/Ximena Mora)

Jakarta - Kulitmu mempunyai tugas yang besar. Setiap inci kulit terdiri dari 19 juta sel kulit, 650 kelenjar keringat, 20 pembuluh darah, dan 1.000 ujung saraf. Kulit menjadi perlindungan pertama dari dunia luar, termasuk iritasi dan alergi. Mempertahankan skin barrier yang sehat menjadi penting.

Kebiasaan rutinitas merawat kulit yang cerdas membantu menjaga kulit untuk tetap sehat. Kamu juga bisa mencegah penuaan atau perubahan warna kulit. Berikut ini beberapa fakta menarik tentang kulit yang mungkin belum kamu ketahui.


Mengatur Suhu Tubuh

Kulit tidak hanya berperan sebagai kekebalan tubuh, tetapi juga bertindak untuk mempertahankan suhu tubuh. Berkeringat menjadi salah satu cara untuk mengatur suhu tubuh. 

Normalnya, keringat yang dihasilkan per hari bisa mencapai satu liter cairan. Setiap kali kamu merasa kedinginan atau berkeringat, ketahuilah kulitmu bekerja untuk menjaga suhu tubuh senyaman mungkin.


Kulit Memperbarui Dirinya Setiap 28 Hari

Epidermis adalah lapisan tipis kulit terluarmu yang bisa mengandung sel-sel kulit mati. Ketika sel-sel kulit menghasilkan kulit baru di bagian bawah epidermis, dibutuhkan waktu satu bulan untuk mencapai ke permukaan. 

Sel-sel kulit mati akan mengelupas secara alami. Kamu bisa membersihkan sel-sel kulit mati dan menjaga kulit terlihat cerah dengan melakukan eksfoliator secara teratur.


Kulit Bisa Merespon Negatif terhadap Stress

Penyakit atau peristiwa besar terjadi bisa memicu stress kronis yang akan mempengaruhi kulit. Mengembangkan rutinitas yang stabil untuk mengatasi stress bisa sangat membantu dalam menjaga kesehatan kulit. 

Olahraga adalah salah satu cara yang terbukti untuk mengelola stress. Selain itu, rutinitas yoga secara teratur juga efektif dalam mengurangi stres dan kecemasan dan meningkatkan kesehatan mental.


Perubahan Kulit Mencerminkan Masalah Kesehatan

Stres bukan satu-satnya yang bisa memicu respon dari kulit. Ada banyak hal yang menyebabkan perubahan kulit, seperti ruam, gatal-gatal, kemerahan, atau bengkak. Setiap perubahan pada kulit tidak selalu menunjukkan masalah besar, yang terbaik adalah kamu bisa pergi ke dokter kulit dan berkonsultasi agar segera ditangani.

Itulah beberapa fakta menarik tentang kulitmu yang mungkin baru kamu ketahui. Ternyata kebiasaan gaya hidup sehat akan mempengaruhi kesehatan kulitmu juga.[]


(Retno Ayuningrum)

Baca Juga:

Berita terkait
Cara Membersihkan Kulit Berminyak Agar Bebas Jerawat
Dalam membersihkan kulit yang cenderung berminyak, pastikan Anda mengikuti setiap langkahnya dengan baik. Inilah cara yang bisa Anda lakukan.
4 Night Body Lotion yang Bagus untuk Mencerahkan Kulit
Tak hanya melembapkan, beberapa body lotion juga bisa mencerahkan kulit cocok untuk Anda yang kurang pede dengan kulit belang. Ini rekomendasinya.
Langkah Memilih Pelembap yang Sehat bagi Kulit
Pelembap merupakan salah satu bagian penting dalam perawatan kulit. Produk ini berfungsi sebagai pelindung bagi kulit serta menjaga kulit.
0
4 Fakta Menarik Tentang Kulit yang Jarang Orang Tau
Kulit menjadi perlindungan pertama dari dunia luar, termasuk iritasi dan alergi.