4 Cara untuk Mengurangi Puffy Eyes

Seriring bertambahnya usia, puffy eyes dapat disebabkan jaringan lemak yang mengisi di bawah mata.
Teknik Gua Sha (Foto: Tagar/Pexels/Pavel Danilyuk)

Jakarta - Puffy eyes atau pembengkakan di sekitar bawah mata sering terjadi di kondisi tertentu. Entah itu terjadi karena tidur larut malam, menangis, kelelahan, alergi, atau dehidrasi. Beberapa orang memiliki puffy eyes karena genetika.

Seriring bertambahnya usia, puffy eyes dapat disebabkan jaringan lemak yang mengisi di bawah mata. Hal ini terjadi karena proses penuaan menyebabkan penipisan membrane atau “septum” yang biasanya menahan lemak di kedua kelopak dan bawah mata.

Ternyata ada beberapa cara yang bisa mengurangi munculnya puffy eyes. Berikut beberapa hacks yang bisa kamu lakukan.


Pijat Area Bawah Mata

Ada banyak alat memijat yang bisa digunakan di area bawah mata. Salah satu teknik tradisional China, Gua Sha untuk meningkatkan sirkulasi pada kulit. Kamu bisa menggunakannya bersama dengan langkah skincare berikutnya, seperti serum. Lakukan gerakan ke atas melewati area bawah mata.


Kantong Teh Dingin

Simpan kantong the (hitam, hijau, dingin) dalam kulkas dan dinginkan. Pakai sebagai masker mata selama lima menit. Antioksidan dan kafein pada kantong teh akan membantu mengencangkan kulit dan tetap lembab.


Hapus Make-Up Sebelum Tidur dan Gunakan Eye Cream

Tidak menghapus make-up sebelum tidur dapat menyebabkan kulit di sekitar mata iritasi dan bengkak di pagi hari. Sebelum tidur, luangkan waktu untuk menghapus make-up dan gunakan eye cream sebagai nutrisi tambahan.

Meskipun mungkin tidak melihat hasil yang signifikan, penggunaan secara rutin dapat membantu mengurangi garis halus dan meningkatkan tampilan kontur mata. Kamu bisa mencari produk dengan kandungan niacinamide, kafein, dan vitamin C.


Pakai Sunscreen

Paparan sinar matahari tidak hanya dapat membahayakan kulit dan mendatangkan tanda-tanda penuaan dini, seperti mempercepat garis-garis halus dan iritasi.[]


(Retno Ayuningrum)


Baca Juga:

Berita terkait
8 Cara Alami Meredakan Nyeri Bunion
Sepatu hak tinggi bukan satu-satunya faktor penyebab terbentuknya bunion. Faktor genetika dan keturunan juga ikut ambil bagian.
5 Cara untuk Mencoba Lucid Dream
Mencoba lucid dream cukup mudah dengan metode yang tepat.
Phoebe Dynevor Bicara Soal Kesehatan Mentalnya
Bintang film serial Netflix ‘Bridgerton’ Phoebe Dynevor, mengaku memiliki masalah kesehatan mental anxiety atau gangguan kecemasan.
0
4 Cara untuk Mengurangi Puffy Eyes
Seriring bertambahnya usia, puffy eyes dapat disebabkan jaringan lemak yang mengisi di bawah mata.