4 Cara Mudah untuk Mengatasi Hidung Tersumbat

Hidung tersumbat biasanya disebabkan oleh pembuluh darah yang meradang di sinus, bukan karena terlalu banyak lendir di saluran hidung.
Ilustrasi hidung tersumbat. (Foto : Tagar/Freepik)

Jakarta - Begitu banyak kemungkinan virus yang menyebabkan pilek dan menjadikannya hidung tersumbat. Normal bagi Anda yang sehat untuk mengalami pilek 6 hingga 10 kali setahun, atau lebih. Kabar baiknya, dengan setiap flu baru, tubuh Anda membangun kekebalan terhadap virus itu.

Banyak orang mengira hidung tersumbat terjadi karena terlalu banyak lendir di saluran hidung. Namun, hidung tersumbat biasanya disebabkan oleh pembuluh darah yang meradang di sinus. Terlepas dari alasan hidung tersumbat Anda, ada cara mudah untuk meredakannya. Dilansir dari WebMd, Berikut adalah beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi hidung mampet.


1. Uap

Baik itu dari mandi air panas atau secangkir teh panas, uap dapat mengencerkan lendir dan membantu mengeluarkannya dari hidung Anda. Untuk bantuan lebih cepat, tuangkan air mendidih ke dalam mangkuk besar. Tutupi kepala Anda dengan handuk, condongkan tubuh ke mangkuk, dan hirup uapnya. Anda bisa melakukan ini tiga sampai empat kali sehari.


2. Mencuci hidung

Bilas bagian dalam hidung Anda dengan alat neti pot untuk membersihkan lendir dan akan langsung meredakan kepala tersumbat Anda. Neti pot ini dapat ditemukan di toko obat setempat.


3. Dekongestan

ketika Anda merasa pengap saat sakit, itu karena pembuluh darah di dalam hidung Anda membengkak dan menghalangi saluran udara Anda. Dekongestan yang dijual bebas dapat mengecilkan pembuluh darah ini dan membantu Anda bernapas lebih mudah. Tetapi berhati-hatilah, hidung Anda bisa menjadi lebih tersumbat jika Anda menggunakannya selama lebih dari 4 atau 5 hari berturut-turut.


4. Peppermint

Peppermint yang bahan aktif utamanya mentol adalah dekongestan alami dan bahkan dapat mengencerkan kotoran di dada Anda. Anda akan menemukannya di banyak obat gosok dada dan obat batuk. Anda juga bisa minum teh peppermint. []

(Ghariza Syifa Riyashi)


Baca Juga










Berita terkait
Pengidap Asma Berisiko Mengalami Gejala Flu Lebih Buruk
Orang dengan asma cenderung memiliki sistem kekebalan yang lebih lemah.
Brokoli, Makanan Super untuk Mengatasi Flu Lebih Cepat
Brokoli adalah asupan makanan yang mengandung sejumlah nutrisi penting yang berperan sebagai antioksidan, anti-inflamasi dan peningkatan kekebalan.
Prokes Covid-19 juga Melindungi Tubuh dari Pilek dan Flu
pilek, flu, dan Covid-19 semuanya disebarkan melalui transmisi tetesan. Karena itulah, kita harus menerapkan prokes.
0
Puan Dukung Penutupan BUMN Sakit yang Habiskan Uang Rakyat
Ketua DPR RI Puan Maharani mendukung agar BUMN yang sakit ditutup saja sebab cenderung menghabiskan uang rakyat dan memang lebih baik ditutup.