4 Cara Meningkatkan Kreativitas dalam Bisnis

Para pengusaha di era sekarang dituntut untuk berpikir dan memunculkan ide yang tidak pernah terpikirkan oleh orang lain.
Ilustrasi kreativitas bisnis. (Foto: Tagar/Ist)

Jakarta - Saat ini kesuksesan sebuah bisnis jatuh ke tangan kepara para pengusaha yang dapat menemukan solusi paling kreatif untuk masalah mendesak. Para pengusaha di era sekarang dituntut untuk berpikir dan memunculkan ide yang tidak pernah terpikirkan oleh orang lain.

Banyak orang kreatif namun sedikit yang di realisasikan menjadi bisnis dan beberapa pemilik bisnis justru sering menghadapi jalan buntu saat mencari kreativitas baru dalam bisnis mereka. Untungnya, ada cara yang bisa dilakukan pengusaha untuk membuat diri dan perusahaan mereka lebih kreatif. Berikut adalah empat cara kreatif dan inovatif yang dapat diterapkan oleh setiap pengusaha.


1. Berani beda

Berani beda adalah kunci kreativitas sebuah inovasi usaha. Terlebih lagi kerjasama tim yang beragam bisa jauh lebih kreatif daripada individu karena secara alami akan dapat menghasilkan lebih banyak ide daripada satu otak. Untuk menghasilkan ide kreatif, tim harus memiliki orang-orang dengan keterampilan, bakat, dan latar belakang yang berbeda, tetapi dengan nilai dan motivasi yang sama.


2. Beristirahat

Tidak henti-hentinya menyelesaikan masalah cenderung tidak menghasilkan terobosan kreatif, hal ini akan lebih maksimal jika dikombinasikan dengan istirahat sesekali saat mencari ide. Penelitian menunjukkan bahwa orang-orang memunculkan ide-ide yang lebih banyak dan lebih baik saat berjalan daripada saat berdiam diri. Latihan mindfulness yang teratur secara konsisten dikaitkan dengan kinerja otak yang lebih baik.


3. Mengurangi tekanan waktu

Menjadi kreatif memang membutuhkan waktu lebih banyak, tapi hal ini jangan terlalu diporsir dengan deadline. Faktanya, tenggat waktu terbukti membuat orang kurang kreatif. Jadi, meskipun Anda kadang-kadang dipaksa untuk menjadi kreatif ketika masalah terjadi, Anda mungkin akan berada pada situasi yang tidak siap untuk memberikan hasil dengan cepat.


4. Menjadikan kegagalan sebagai pelajaran

Salah satu hubungan yang paling baik dari kreativitas adalah berkaitan dengan bagaimana perusahaan memperlakukan kegagalan. Sederhananya, orang-orang kreatif harus merasa aman dan nyaman untuk menemukan sebuah inovasi. Jadikan sebuah kegagalan bisnis Anda sebagai pelajaran berharga dimasa mendatang. Analisis kegagalan Anda lalu koreksi dengan sebuah cara inovatif yang menjadikannya lebih baik dari sebelumnya. []

(Fauzi Maulana Rizky)


Baca Juga:

Berita terkait
Pentingnya Psikologi Marketing dalam Membangun Bisnis
Psikologi marketing adalah ilmu marketing yang mempelajari psikologi pelanggan saat membeli suatu produk.
Kelebihan dan Kekurangan Skema Dropship dalam Bisnis Online
Jika Anda ingin berkecimpung dalam bisnis online tetapi tidak ingin mengalami kerugian, anda dapat memilih menjadi dropsipper.
Kamu Perlu Lakukan 5 Tips Ini Sebelum Memulai Bisnis Online
Memulai bisnis online saat ini memang menjadi pilihan banyak orang dalam mendapatkan uang.
0
4 Cara Jitu untuk Mendapatkan Modal Usaha
Banyak pengusaha gagal karena mereka tidak melakukan penelitian secara menyeluruh sebelum terjun ke dunia bisnis.