4 Cara Membangun Brand Equity dalam Berbisnis

Tingkat kepercayaan konsumen akan mempengaruhi nilai produk atau jasa di pasaran.
Ilustrasi. (Foto: Tagar/Ist)

TAGAR.id, Jakarta - Ingin membuat produk jualan Anda lebih dikenal masyarakat dan mengungguli kompetitor bisnis lainnya? Brand equity adalah jawabannya. Sederhananya, brand equity adalah kekuatan atau keunggulan suatu brand yang membedakannya dari brand lain dan dianggap berkesan oleh konsumen. Hal tersebut berhubungan dengan tingkat kepercayaan konsumen yang mampu mempengaruhi nilai produk atau jasa di pasaran.

Terdapat empat dimensi brand equity yaitu pengetahuan, kualitas, asosiasi, dan kesetiaan brand. Pada dimensi pertama sampai ketiga, merekalah yang akan menentukan seberapa kuat brand dalam menarik pelanggan untuk membeli produk atau layanan.

Lalu, dimensi keempat akan secara otomatis Anda dapatkan ketika ketiga dimensi tadi sudah berhasil dilakukan dengan baik. Sejatinya, keempat dimensi tersebut merupakan cara dasar untuk Anda meningkatkan brand equity.

Lebih lengkapnya, berikut ini cara membangun brand equity yang harus kamu tahu.


1. Bangun branding produk yang kuat

Sebelum memasarkan, pastinya akan lebih baik jika Anda membuat branding produk yang kuat. Hal tersebut dapat dilihat dari apakah produk Anda menjawab permasalahan dari customer? Apa yang membuat mereka ingin membeli dan mengingat produk Anda?

Anda bisa memulainya dengan menetapkan persona dan brand story dari produk. Persona merupakan apa yang mewakili target customer, sementara brand story adalah kisah dibalik brand Anda seperti sejarah, value, tujuan, dan lain-lain.


2. Marketing yang bervariasi

Tidak hanya untuk membuat khalayak tahu akan keberadaan bisnis Anda, sejatinya marketing adalah bagaimana membuat mereka menginginkan dan membeli produk Anda. Maka dari itu, penting halnya memastikan value yang akan konsumen dapatkan nantinya.

Anda juga dapat menggunakan teknik marketing yang bervariasi, mulai dari konvensional hingga social media marketing misalnya. Hal tersebut selaras dengan pernyataan Keller akan pentingnya menggunakan berbagai teknik marketing.


3. Bangun jaringan

Selain melalui marketing, selanjutnya cara membangun brand equity adalah dengan menggunakan jaringan yang Anda miliki. Kemampuan untuk berinteraksi bersama banyak orang akan secara tidak langsung membuat mereka tahu eksistensi produk Anda.


4. Event

Cara terakhir yang bisa Anda coba untuk membangun brand equity adalah dengan menyelenggarakan event! Akan ada banyak orang berdatangan dan secara otomatis mengenal produk Anda. []

(Sri Wahyuni Sitorus)


Baca Juga





Berita terkait
Ini Keuntungan Punya Bisnis Sampingan Saat Jadi Karyawan
Alasan paling jelas dan bisa membawa manfaat saat melakukan bisnis sampingan adalah adanya kesempatan untuk mengasah keterampilan
Ide Bisnis Online Tanpa Modal dan Menguntungkan
Bisnis online kini semakin menjamur dan diminati oleh semua kalangan.
4 Kelebihan dari Berbisnis Sebagai Reseller
Sistem jualan dengan cara menjadi reseller ini menjadi tren di Indonesia.
0
Opini: Bagaimana Kampus Tanpa Ormek?
Bagaimana jika kampus tanpa ormek? Menggugat stigma negatif terhadap organisasi mahasiswa ekstra kampus.