TAGAR.id, Jakarta - Ingin membuat produk jualan Anda lebih dikenal masyarakat dan mengungguli kompetitor bisnis lainnya? Brand equity adalah jawabannya. Sederhananya, brand equity adalah kekuatan atau keunggulan suatu brand yang membedakannya dari brand lain dan dianggap berkesan oleh konsumen. Hal tersebut berhubungan dengan tingkat kepercayaan konsumen yang mampu mempengaruhi nilai produk atau jasa di pasaran.
Terdapat empat dimensi brand equity yaitu pengetahuan, kualitas, asosiasi, dan kesetiaan brand. Pada dimensi pertama sampai ketiga, merekalah yang akan menentukan seberapa kuat brand dalam menarik pelanggan untuk membeli produk atau layanan.
Lalu, dimensi keempat akan secara otomatis Anda dapatkan ketika ketiga dimensi tadi sudah berhasil dilakukan dengan baik. Sejatinya, keempat dimensi tersebut merupakan cara dasar untuk Anda meningkatkan brand equity.
Lebih lengkapnya, berikut ini cara membangun brand equity yang harus kamu tahu.
1. Bangun branding produk yang kuat
Sebelum memasarkan, pastinya akan lebih baik jika Anda membuat branding produk yang kuat. Hal tersebut dapat dilihat dari apakah produk Anda menjawab permasalahan dari customer? Apa yang membuat mereka ingin membeli dan mengingat produk Anda?
Anda bisa memulainya dengan menetapkan persona dan brand story dari produk. Persona merupakan apa yang mewakili target customer, sementara brand story adalah kisah dibalik brand Anda seperti sejarah, value, tujuan, dan lain-lain.
2. Marketing yang bervariasi
Tidak hanya untuk membuat khalayak tahu akan keberadaan bisnis Anda, sejatinya marketing adalah bagaimana membuat mereka menginginkan dan membeli produk Anda. Maka dari itu, penting halnya memastikan value yang akan konsumen dapatkan nantinya.
Anda juga dapat menggunakan teknik marketing yang bervariasi, mulai dari konvensional hingga social media marketing misalnya. Hal tersebut selaras dengan pernyataan Keller akan pentingnya menggunakan berbagai teknik marketing.
3. Bangun jaringan
Selain melalui marketing, selanjutnya cara membangun brand equity adalah dengan menggunakan jaringan yang Anda miliki. Kemampuan untuk berinteraksi bersama banyak orang akan secara tidak langsung membuat mereka tahu eksistensi produk Anda.
4. Event
Cara terakhir yang bisa Anda coba untuk membangun brand equity adalah dengan menyelenggarakan event! Akan ada banyak orang berdatangan dan secara otomatis mengenal produk Anda. []
(Sri Wahyuni Sitorus)
Baca Juga
- 4 Cara Meningkatkan Kreativitas dalam Bisnis
- Manfaat Teknologi Blockchain untuk Sektor Kesehatan
- Mesanovic: Block Insight Revolusi Blockchain Bosnia
- Industri Blockchain Dorong Pembentukan Bursa Kripto