4 Cara Melakukan Self Healing

Pada dasarnya tubuh dan pikiran bisa menyembuhkan diri sendiri ketika menggunakan metode dan pendekatan yang tepat
Ilustrasi. (Foto: Tagar/Pixabay)

Jakarta - Self healing merupakan terapi yang dilakukan oleh diri sendiri dalam rangka membebaskan diri dari beban psikologis karena hati yang terluka atau luka batin dalam berbagai bentuk. Misalnya, terluka karena gagal meraih sesuatu, kecewa terhadap seseorang dan masih banyak lainnya. Biasanya, jika sudah begitu melakukan self-healing bisa sangat membantu diri kalian.

Sesuai namanya, self-healing merupakan salah satu cara menyembuhkan hati terluka yang bisa dilakukan secara mandiri. 

Melansir Psychology Today, self-healing menjadi upaya yang dilakukan diri sendiri untuk menyembuhkan diri sendiri.  Karena pada dasarnya, tubuh dan pikiran bisa menyembuhkan diri sendiri ketika menggunakan metode dan pendekatan yang tepat. Berikut ini 4 cara melakukan self healing.


1. Journaling

Menulis adalah salah satu cara dalam berkomunikasi dengan diri sendiri. Teknik ini juga merupakan salah satu self therapy yang banyak digunakan dan efektif hingga saat ini.

Kamu bisa menuliskan setiap kegelisahan, emosi yang kamu rasakan, serta kejadian yang kamu alami. Lakukanlah dengan menggunakan kertas dan alat tulis agar setiap emosi dapat tersalurkan dengan baik. Menulis jurnal secara rutin bisa membuat kita memperhatikan perkembangan emosi dan pemulihan diri secara baik.


2. Ekspresi seni

Selain menulis, seni juga merupakan salah satu cara menerjemahkan setiap kegelisahan yang dialami, apalagi hal tersebut bisa menjadi karya. Berapa banyak lagu, lukisan, tarian dan film yang tercipta dari keresahan penciptanya? Kamu juga bisa menciptakan karya dari sini.

Pilihlah aktivitas seni yang kamu sukai, bisa dengan bermusik, menulis lagu, bernyanyi, melukis, menari, bahasa tubuh, berkomedi, dan lainnya. Bahkan di era digital ini kegelisahan kamu bisa juga dijadikan konten kreatif yang mungkin bermanfaat untuk orang lain.


3. Luangkan waktu dengan orang-orang yang penting bagi hidupmu

Menurut buku “The Blue Zones: Lessons for Living Longer from the People Who’ve Lived the Longest” yang meneliti lima daerah dengan penduduk berumur panjang dan memiliki kualitas hidup yang baik. Selain makanan sehat, rahasia sebagian besar orang bisa mengelola emosi dan stres adalah dengan terkoneksi atau menjalin hubungan sosial yang berkualitas dengan orang-orang yang penting bagi diri mereka sendiri. Mulailah ambil waktu khusus untuk setidaknya beraktifitas dengan mereka yang kamu sayangi, dengan begitu kualitas hidupmu juga akan meningkat secara baik.


4. Memperdalam kecerdasan emosi dan spiritual

Dimensi kecerdasan sangatlah beragam, tidak hanya intelektual saja. kecerdasan emosi dan spiritual bisa sangat membantu untuk pemulihan diri sendiri. Cari tahu lebih banyak mengenai kecerdasan emosi, latih diri untuk mengenali berbagai emosi dan mengelolanya secara ideal, dengan begitu kita akan memahami diri sendiri dan setelah bisa pula memahami orang lain. Selain itu, kiita juga perlu terkoneksi dengan spiritualitas diri yang bisa dilakukan melalui meditasi, berdoa, beribadah, dan berbagai hal yang kita percayai. Ini juga adalah cara pemulihan diri yang sampai sekarang efektif dilakukan. []


(Sri Wahyuni Sitorus)


Baca Juga :

Ini 4 Tipe Introvert, Mana yang Sesuai dengan Anda?

3 Zodiak Terbaik untuk Pasangan Hidup Taurus

3 Zodiak yang Cocok untuk Menikah dengan Libra

Inilah Zona Sensitif Seksual di Tubuh Taurus



Self-healing dapat diartikan sebagai sebuah proses penyembuhan luka batin atau mental yang dapat diakibatkan oleh berbagai hal. Luka batin tersebut dapat bermacam-macam seperti kesedihan yang tidak berujung, merasa gagal, cemas terhadap sesuatu, hingga mengantarkan pada depresi. Melansir Psychology Today, self-healing menjadi upaya yang dilakukan diri sendiri untuk menyembuhkan diri sendiri. Oleh karenanya, penting bagi setiap individu untuk mengetahu penyebab luka batin yang dialami agar memudahkan proses penyembuhan luka tersebut.

Berita terkait
Cara Ampuh Mengatasi Insomnia
Gangguan tidur dalam jangka panjang dapat memicu munculnya beragam masalah kesehatan
Cara Membuat Zodiak Leo Jatuh Cinta
Karena sifatnya yang sangat ramah kepada semua orang, sulit untuk mengetahui apakah mereka melihat Anda sebagai seseorang yang istimewa atau tidak.
Kenali 4 Ciri Toxic People yang Ada di Sekitarmu
Tak cukup mudah untuk mengidentifikasi toxic people, karena merek bersembunyi di balik topeng kebaikan.
0
Megawati Soekarnoputri Tegaskan Dirinya Sehat Walafiat
Megawati Soekarnoputri sendiri mengaku bingung karena ada saja orang yang menyebarkan berita bohong.