4 Cara Buat Konten Marketing yang Menarik Customer

Berikut adalah cara membuat konten marketing yang bisa menarik perhatian customer, simak penjelasannya.
Content (Foto: Tagar/Freepik)

Jakarta - Dalam dunia bisnis modern, pembuatan konten marketing yang menarik menjadi sesuatu yang mutlak diperlukan jika kamu ingin menginginkan kemajuan dalam bisnis.

Hampir semua aktifitas pemasaran difokuskan kepada pemasaran digital, dimana hal ini berarti terfokus pada konten yang ditampilkan.

Melalui konten marketing yang menarik, kamu akan mampu menciptakan hubungan yang kuat dengan pelanggan.

Untuk berhasil menarik perhatian target pasar, konten yang dibuat haruslah cobalah untuk membuat konten promosi dibuat dengan menarik sesuai dengan kebutuhan dan keinginan dari target pasar

Berikut adalah cara membuat konten marketing yang bisa menarik perhatian customer, simak penjelasannya.


Konten Harus Mendefinisikan Audiens Kamu

Tanpa mengetahui siapa target audiens, apa yang mereka butuhkan, dan dimana mereka biasa berkumpul akan mustahil bagi kamu untuk memiliki kesempatan menciptakan konten yang benar-benar mendidik, menghibur, dan mengubahnya pola pikir audiens.

Pastikan konten yang kamu buat haruslah mampu mendefinisikan target audiens kamu.

Ketahuilah lebih dalam akan lokasi geografis, pekerjaan, pendapatan dan karakteristik masing-masing audiens.

Posisikan dirimu sebagai audiens dan mulailah memahami motivasi yang dimiliki.

Contohnya: jika bisnis kamu menjual gadget, dan target audiens kamu merupakan orang-orang berusia 14-40 tahun yang sadar akan teknologi, maka konten yang dibuat haruslah mencerminkan kemajuan teknologi saat ini.


Promosikan dan Distribusikan Konten

Menurut studi pada tahun 2014 dari Altimeter, 53% pemilik bisnis mengetahui bahwa diperlukan adanya strategi konten yang dibuat, namun hanya 26% yang benar-benar menjalankannya.

Tugas kamu tentunya tidak berhenti saat kamu berhasil membuat konten yang hebat saja. Setelah konten telah dibuat, langkah selanjutnya adalah untuk mendistribusikannya.

Distribusi konten dapat dilakukan melalui sosial media, website, blog, dan channel promosi lainnya.

Pastikan kamu mendistribusikan konten yang dibuat secara rutin agar lebih banyak audiens yang didapatkan.


Tetapkan Tujuan

Semua pemilik bisnis yang ditanya mengenai apa yang diharapkan dari konten marketing yang dibuat, 9 dari 10 pastinya akan mengatakan, “peningkatan penjualan.”

Akan tetapi, tahukah kamu bahwa pembuatan konten marketing yang menarik harus dilakukan secara berkala dan bertahap sebelum mencapai hasil akhir berupa peningkatan penjualan?

Di saat awal kamu mencoba membangun setiap konten marketing yang ada menjadi lebih menarik, kamu hanya akan mendapatkan lebih banyak target audiens yang melihat bisnis kamu.

Lebih banyak orang mengetahui apa yang kamu lakukan, dan siapakah kamu.

Contoh: Saat di tahap awal kamu akan menargetkan dibuat biasa akan berupa pengenalan-pengenalan akan bisnis, company profile, dan lainnya.


Buatlah Konten Yang Berkualitas dan Sesuai Tren

Untuk membuat konten yang berkualitas, satu hal yang perlu kamu ketahui adalah apa yang sedang menjadi trend di mesin pencari google.

Untuk mengetahui hal ini, kamu dapat mencari tahunya melalui Google Trends.

Cobalah untuk mengakses trends.google.com, dan lihat apa yang sedang menjadi bahan perbincangan saat ini.

Setelah kamu mengetahui tren topik yang sedang diperbincangkan oleh masyarakat, langkah selanjutnya adalah memilih dan menyesuaikan tren yang cocok dengan bisnis kamu.

Mulailah untuk mengaplikasikan tren yang ada ke dalam konten yang akan dibuat.

Contohnya: jika tren saat ini berbicara mengenai mainan terbaru fidget spinner sedangkan bisnis kamu menjual produk gadget elektronik, maka konten marketing kamu dapat berupa artikel mengenai gadget dan permainan fidget spinner.

Jika Anda benar-benar ingin Melakukan konten marketing, lakukan lah dengan konsisten dan sabar. Karena dengan dua kunci tersebut bisa membawa anda menuju kesuksesan. Semoga bermanfaat.[]


(Erlangga)

Baca Juga:

Berita terkait
Selain Pencitraan Diri, Flexing Juga Dijadikan Strategi Marketing
Flexing bisa digunakan pebisnis untuk membangun kepercayaan kepada customer.
3 Manfaat Influencer untuk Marketing Bisnis Kamu
Endorsaja adalah marketplace yang mempertemukan influencer dengan brand untuk mengoptimalkan kebutuhan digital marketing.
Optimalkan Marketing Bisnis di 5 Media Sosial Ini!
Jumlah pengguna media sosial di Indonesia mencapai jutaan orang dan kesempatan untuk mendapatkan konsumen jauh lebih besar.
0
Investasi Sosial di Aceh Besar, Kemensos Bentuk Kampung Siaga Bencana
Lahirnya Kampung Siaga Bencana (KSB) merupakan fondasi penanggulangan bencana berbasis masyarakat. Seperti yang selalu disampaikan Mensos.