4 Bahaya Akibat Menyimpan Masalah Sendirian

Biasanya, seseorang memilih untuk menyimpan masalahnya sendirian karena ia tidak mau orang lain tahu akan kelemahan dirinya sendiri.
Ilustrasi. (Foto: Tagar/Ist)

Jakarta - Hingga saat ini, masih begitu banyak orang yang menyimpan masalahnya sendirian, enggan bercerita kepada orang lain.

Sebenarnya, hal ini tidak jadi masalah jika dilakukan hanya sewaktu-waktu. Namun, jika terus-terusan dilakukan dapat berdampak buruk bagi kesehatan jiwa seseorang.

Biasanya, seseorang memilih untuk menyimpan masalahnya sendirian karena ia tidak mau orang lain tahu akan kelemahan dirinya sendiri.

Selain itu, bisa juga karena takut tersakiti oleh ucapan atau respon orang lain dan kurangnya rasa percaya diri. Sehingga, seseorang lebih baik memilih untuk menyimpan masalahnya sendirian.

Padahal, menyimpan masalah sendirian bisa menyebabkan 4 dampak yang mengganggu kesehatan jiwa.


1. Komunikasi menjadi terganggu

Dilansir dari Healthline, komunikasi yang terganggu dapat menyebabkan anda seringkali gagal dalam menghadapi suatu masalah.

Meredam emosi dan perasaan, seringkali lebih diutamakan oleh orang yang memilih menyimpan masalahnya sendirian.


2. Penumpukan emosi

Meredam kemarahan bukan berarti anda mengatasi masalah pada diri sendiri. Melainkan, menumpuk masalah yang ada pada diri anda satu-persatu.

Jika masalah semakin menumpuk, maka emosi anda akan memuncak dan tertahankan. Hal tersebut tentu dapat mengganggu kesehatan jiwa anda.


3. Mengganggu hubungan anda dengan lingkungan sekitar

Banyak orang berpikir bahwa ia bisa menyembunyikan perasaannya dengan begitu baik. Tapi, orang lain di sekitar apalagi yang dekat dengan kita, pasti bisa menyadari jika kita sedang tidak baik-baik saja.

Biasanya, seseorang yang menyimpan perasaaannya sendirian, akan mengaku baik-baik saja kepada orang lain.

Perubahan mood yang kita rasakan, juga bisa mengganggu perasaan orang sekitar, dan membuat mereka tak nyaman. Mereka bisa saja bingung untuk memperlakukan kita.


4. Kematian dini akibat menyimpan perasaan sendirian


Pada hasil penelitian selama 12 tahun yang diterbitkan di 2013, menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara menyimpan masalah sendirian dengan risiko kematian dini.

Alasannya, menyimpan perasaan sendirian, dapat membuat anda semakin stres. Stres yang bertahan lama di tubuh anda, dapat menyebabkan sejumlah penyakit.

Penyakit tersebut seperti diabetes, masalah tidur, tekanan darah tinggi, dan juga masalah jantung. Hal ini dapat mempengaruhi kesehatan jiwa dan umur anda.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, langkah yang bisa anda ambil yaitu tetaplah berpikir secara positif akan masalah yang anda hadapi.

Setiap masalah yang dihadapi dalam hidup, terjadi bukan tanpa suatu alasan. Bisa jadi sebagai tantangan untuk proses pendewasaan pada diri anda.

Lalu, cobalah untuk membagikan perasaan anda secara jujur kepada orang lain. Tentu saja orang yang benar-benar anda percayai untuk berbagi cerita. []


Baca Juga :


Berita terkait
Mengenal 6 Jenis Depresi
Orang-orang yang berurusan dengan depresi membutuhkan dukungan dan perhatian kita.
Dua Jenis Depresi yang Harus Kamu Ketahui
Depresi dapat dibagi menjadi beberapa kategori tergantung pada tingkat keparahan dari gejalanya.
Mengenal Ciri Bipolar Fase Mania dan Depresi
Bipolar disorder atau gangguan kepribadian merupakan kondisi di mana penderitanya mengalami perubahan mood atau suasana hati yang begitu cepat.
0
Hindari 3 Hal Ini untuk Mengilangkan Lemak Perut
Penyebab terjadinya perut buncit adalah, tumpukan lemak yang ada di lapisan bawah kulit perut.