4 Bahan Aktif pada Produk Skincare untuk Kulit Kusam

Anda bisa memilih produk skincare seperti serum atau pelembab yang mengandung bahan aktif di bawah ini. Inilah empat bahan aktif produk skincare.
Bahan Aktif Pada Produk Skincare. (Foto: Tagar/Pixabay)

Jakarta - Untuk Anda yang mengalami kulit kusam akibat dehidrasi, bisa membuat penampilan menjadi terganggu. Namun, masalah ini masih bisa dirawat dengan beberapa bahan aktif dari produk skincare.

Anda bisa memilih produk skincare seperti serum atau pelembab yang mengandung bahan aktif di bawah ini.  Inilah empat bahan aktif produk skincare untuk mengatasi kulit kusam dan dehidarasi, yaitu.


1. Chamomile (Kamomil)

Bahan aktif produk skincare untuk kulit kusam dan dehidrasi pertama yaitu chamomile (kamomil). Anda membutuhkan produk yang bisa melembabkan dan menenangkan kulit. Saat kulit dehidrasi, skin barrier pada kulit Anda terganggu yang terkadang menyebabkan kulit gatal dan merah.

Ekstrak chamomile bisa mengatasi masalah ini. Menurut Molecular medicine reports kandungan bisabolol pada ekstrak chamomile merupakan kandungan anti-inflamasi yang dapat menenangkan kulit iritasi, dan efektif untuk mengatasi kemerahan.


2. Jojoba Oil (Minyak Jojoba)

Bahan aktif produk skincare untuk kulit kusam dan dehidrasi selanjutnya yaitu jojoba oil (minyak jojoba). Bahan alami ini mengandung vitamin E sehingga cocok untuk menjaga kulit terhidrasi dalam jangka waktu yang lama.

Menurut jurnal dari Forschende Komplementarmedizin, minyak jojoba terbukti memiliki komponen anti-inflamasi yang dapat mengatasi kondisi kulit dehidrasi, jerawat tingkat sedang, dan penuaan kulit. Jojoba oil bisa dimanfaatkan sebagai oil cleanser, atau sebagai pelembap dipakai pada tahap terakhir skincare rutin.


3. Moringa (Daun Kelor)

Moringa atau daun kelor juga bisa Anda gunakan sebagai perawatan kulit kusam dan dehidrasi. Ekstrak daun moringa kaya akan kandungan vitamin B, dan C, β-carotene, dan phenolics atau senyawa fenolik.

Dimana semua kandungan ini dapat menutrisi, mengatasi kulit kusam dan mengembalikan kelembapan kulit dengan cepat. Ekstrak daun moringa dapat mengatasi kulit kusam karena kandungan vitamin C dan senyawa fenolik yang tinggi. Selain itu, moringa juga dapat memperlambat penuaan kulit.


4. Oat Extract

Bahan aktif produk skincare untuk kulit kusam dan dehidrasi terakhir yaitu oat extract. Bahan alami ini berfungsi untuk menangkal radikal bebas, menghaluskan dan menjaga elastisitas kulit. 

Menurut studi dari Journal of drugs in dermatology, ekstrak gandum akan membentuk seperti lapisan pelindung saat diaplikasikan ke kulit Anda dan bersifat oklusif. Untuk itu, ekstrak ini membantu mempertahankan kelembapan dan mengurangi iritasi dan gatal.

(Putra Rizqi Setiawan)

Berita terkait
Begini Cara Hemat dalam Urusan Belanja Skincare
Belilah produk skincare yang berukuran kecil dahulu, untuk melihat bagaimana reaksi skincare tadi pada kulit kamu.
Cara Menentukan Skincare yang Cocok Sesuai Jenis Kulit
Banyak orang yang menggunakan produk skincare hanya dengan melihat dari review seseorang tanpa mengenali jenis kulit. Berikut cara menentukannya.
Cara Mengatasi Masalah Kulit Akibat Pakai Skincare
Tak jarang produk skincare yang tidak cocok menyebabkan berbagai masalah kulit. Berikut cara untuk mengatasi masalah kulit yang muncul tersebut.
0
4 Bahan Aktif pada Produk Skincare untuk Kulit Kusam
Anda bisa memilih produk skincare seperti serum atau pelembab yang mengandung bahan aktif di bawah ini. Inilah empat bahan aktif produk skincare.