4 Astronot Tinggalkan Stasiun Angkasa ISS Balik ke Bumi

Empat astronaut meninggalkan Stasiun Antariksa Internasional (ISS) Sabtu, 1 Mei 2021, menaiki sebuah kendaraan SpaceX
Astronot NASA Shane Kimbrough dan Megan McArthur, astronaut JAXA Akihiko Hoshide, dan astronaut ESA Thomas Pesquet tiba untuk menaiki roket SpaceX Falcon 9 dengan kapsul Crew Dragon. (Foto: voaindonesia.com/Reuters)

Jakarta - Empat astronot meninggalkan Stasiun Antariksa Internasional (ISS - International Space Station) Sabtu, 1 Mei 2021, menaiki sebuah kendaraan SpaceX. Mereka kembali ke Bumi setelah lebih dari 160 hari di luar angkasa. Perjalanan mereka akan berakhir dengan mencebur ke pantai di Florida, Amerika Serikat (AS).

Kapsul Crew Dragon meninggalkan ISS Sabtu, 1 Mei 2021, malam. Perjalanan menuju Bumi diperkirakan memakan waktu 6,5 jam. Para awak dijadwalkan mencebur dalam kegelapan malam di lepas Panama City, Florida, di Teluk Meksiko pada pukul 02.57 waktu setempat.

Space XAstronot NASA, dari kiri, Shannon Walker, Victor Glover, Mike Hopkins dan astronot Japan Aerospace Exploration Agency (JAXA) Soichi Noguchi, kanan, mengenakan pakaian antariksa SpaceX, berfoto saat berjalan keluar dari Neil A.Armstrong Operations and Checkout Gedung yang akan berangkat ke Launch Complex 39A selama gladi bersih Kamis, 12 November 2020, di Pusat Antariksa Kennedy NASA di Cape Canaveral, Florida, untuk jadwal peluncuran 14 November ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (Foto: Joel Kowsky/NASA via AP )

"Pemisahan Dragon telah dikonfirmasi secara visual," kata seorang komentator NASA, setelah dua dari enam kait kapsul terlepas dari ISS.

Kapsul itu kemudian mengeluarkan dorongan disertai percikan api dan perlahan-lahan menjauh dari ISS.

Tujuh astronaut masih berada di ISS, termasuk sebuah kru baru beranggotakan empat orang yang tiba dengan sebuah pesawat SpaceX lain pekan lalu (vm/ft)/AFP/voaindonesia.com. []

Berita terkait
AsterX Latihan Militer Luar Angkasa Prancis Pertama di Eropa
Militer Prancis melakukan latihan menguji kemampuan Komando Luar Angkasa dalam menangani ancaman terhadap satelit
SpaceX dan NASA Kirim 4 Astronot ke Stasiun Luar Angkasa
SpaceX dan NASA bakal meluncurkan empat astronot dalam penerbangan ke Stasiun Luar Angkasa Internasional, pada Senin, 16 November 2020.
Perempuan Pimpin Misi Luar Angkasa Uni Emirat Arab ke Mars
Misi UEA ke Mars dipimpin perempuan dan 80% dari tim ilmiah program UEA ini adalah juga kaum perempuan
0
4 Astronot Tinggalkan Stasiun Angkasa ISS Balik ke Bumi
Empat astronaut meninggalkan Stasiun Antariksa Internasional (ISS) Sabtu, 1 Mei 2021, menaiki sebuah kendaraan SpaceX