Indonesia
39 Rumah Adat Terpencil di Aceh Mulai Dibangun
Gubernur Aceh Nova Iriansyah melakukan peletakan batu pertama pembangunan 39 unit rumah Komunitas Adat Terpencil.
Peletakan batu pertama tanda dimulainya pembangunan 39 unit rumah di Desa Sikundo, Kecamatan Pantee Ceureumen, Kabupaten Aceh Barat, Senin 15 Juni 2019. (Foto: Tagar/Fahzian Aldevan)

Aceh Barat - Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah melakukan peletakan batu pertama tanda dimulainya pembangunan 39 unit rumah Komunitas Adat Terpencil (KAT) di Desa Sikundo, Kecamatan Pantee Ceureumen, Kabupaten Aceh Barat, Senin 15 Juni 2019.

Nova mengatakan, perencanaan untuk pembangunan rumah KAT di Desa Sikundo sudah direncanakan jauh hari dan kali ini terealisasi.

"Setelah adanya KAT, hadirnya MCK, rumah sehat dan nanti akan disusul dengan aksesibilitas akan kita perbaiki," katanya.

Dengan adanya pembangunan itu, Nova berharap kepada masyarakat Sikundo tetap nyaman dan tidak berencana pindah ke daerah lain, karena pemerintah akan terus meningkatkan infrastruktur dan fasilitas sosial dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Nova juga berharap kepada masyarakat agar aktif dalam pembangunan, sehingga tidak selalu harus melalui program dan proyek kalau bisa dilakukan dengan cara bergotong royong, karena kalau bisa bakti TNI, Polri dan lain-lain termasuk CSR itu lebih baik.

"Mungkin yang akan saya dulukan terlebih dahulu adalah memperbaiki akses jalan yang layak jadi jangan ada lagi jalan yang naiknya ekstem turunnya ekstem tadi ada saya lihat satu titik tadi," katanya.

Semoga bantuan ini terus berlanjut, orang di sini tidak banyak namun bisa menggoyang nasional

Menurut dia untuk memperbaiki itu tidak perlu dengan program APBN- APBA atau APBK, karena juga bisa dilakukan dengan bantuan CSR, gotong royong masyarakat bersama TNI dan Polri.

"Itu dalam waktu dekat akan saya lakukan dengan kawan-kawan dan yang paling penting penduduk tambah betah tinggal di Sikundo," kata Nova.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Aceh Alhudri mengucapkan terima kasih atas kerja sama yang baik antar pihak, baik itu dari PT Mifa Bersaudara yang melalui CSR sudah mau membantu pembuatan MCK untuk masyarakat Sikundo.

"Begitu juga dengan PLN dan Dinas ESDM, sehingga masyarakat desa ini bisa merasakan listrik," kata Alhudri.

Bupati Aceh Barat Ramli mengucapkan terima kasih atas bantuan rumah KAT, listrik dan MCK. "Semoga bantuan ini terus berlanjut, orang di sini tidak banyak namun bisa menggoyang nasional. Kami sangat berterima kasih dan berharap bantuan ini terus berlanjut," kata Ramli. []

Baca juga:

Berita terkait
0
UAS Diduga Hina Kristen, Berikut Transkrip Lengkapnya
Berikut isi pernyataan UAS yang viral menyatakan salib dan patung jin kafir. Video tersebut telah dilaporkan ormas Brigade Meo.