39 Desa di Jateng Gelar Pilkades, Ganjar: Adopsi Pilkada

Sebanyak 39 desa di Jawa Tengah segera gelar Pilkades. Gubernur Ganjar minta pelaksanaan protokol kesehatan Pilkades bisa mengadopsi Pilkada.
Gubernur Jawa Tengah saat melaksanakan coblosan di Pilkada 9 Desember kemarin. Ganjar minta pelaksanaan 39 pilkades di Pemalang dan Boyolali bisa mengadopsi protokol kesehatan saat Pilkada. (Foto: Tagar/Humas Pemprov Jateng)

Semarang - Sebanyak 39 desa di dua kabupaten di Jawa Tengah akan melaksanakan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak 27 Desember mendatang. Gubernur Jateng Ganjar Pranowo meminta pelaksanaan Pilkades bisa mengadopsi Pilkada serentak 9 Desember kemarin.

“Kemarin Forkopimda udah bicara dari sisi keamanannya, terus belajar dari Pilkada. Maka prosesnya tinggal dikloning saja,” kata Ganjar, Minggu, 13 Desember 2020.

Sehingga tidak terjadi sesuatu yang membikin kerumunan, saya sih concern-nya pada Covid-19 ini.

Dua kabupaten yang menggelar Pilkades serentak, yakni Boyolali dan Pemalang. Ganjar mengatakan, pihaknya akan memberikan asistensi pada dua kabupaten tersebut terkait pelaksanaannya, terutama menyangkut penerapan protokol kesehatan.

“Sehingga tidak terjadi sesuatu yang membikin kerumunan, saya sih concern-nya pada Covid-19 ini,” ujar dia. 

 Baca juga: 

Terpisah, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispermasdesdukcapil) Jawa Tenga, Sugeng Riyanto menambahkan, total ada 39 desa yang menggelar Pilkades serentak 2020.

Di Kabupaten Pemalang ada 28 desa dan 11 desa di Boyolali. Pilkades serentak ini dibiayai dengan APBD Kabupaten. “Waktu Pilkades dibagi menjadi dua, Pemalang 27 Desember dan Boyolali 15 Desember,” imbuhnya. []

Berita terkait
Empat Kabupaten di Jabar Akan Gelar Pilkades
Sebanyak 75 desa di empat kabupaten di Jawa Bareat akan melaksanakan oemilihan kepala desa (Pilkades) serentak.
Kunker ke Jatim, Dewan Bulukumba Belajar Pilkades e-Voting
Rombongan mempelajari langsung sistem yang diterapkan oleh pemerintah Sidoarjo dalam pemilihan kepala desa yang dilakukan dengan sistem e-voting
Mendagri: Pilkades Ditunda Hingga Pilkada 2020 Selesai
Mendagri Tito Karnavian memutuskan untuk menunda Pemilihan Kepala Desa hingga Pilkada tanggal 9 Desember 2020 selesai.
0
Alasan Erick Thohir Tunjuk Abdee Slank Jadi Komisaris Telkom
Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan alasannya memilih Abdee Slank sebagai Komisaris Telkom, yaitu mendorong pengembangan konten lokal pada Telkom.