UNTUK INDONESIA
367 Orang Warga Pessel Positif Corona, 13 Orang Meninggal
Jumlah warga Pesisir Selatan yang positif terpapar Covid-19 kini mencapai 367 orang. Sebanyak 13 orang di antaranya meninggal dunia.
Kabag Humas Pemkab Pessel, Rinaldi Dasar. (Foto: Tagar/Teddy Setiawan)

Pesisir Selatan - Jumlah warga Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), Sumatera Barat, yang positif corona kembali bertambah 20 orang. Dengan demikian, pasien positif Covid-19 hingga kini, Sabtu, 17 Oktober 2020, mencapai 367 orang.

Ini perdana dilakukan di Pessel, sehingga masyarakat lebih taat akan protokol kesehatan.

Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Pessel Rinaldi Dasar mengatakan, penambahan berasal dari sejumlah kecamatan. Antara lain, Kecamatan Koto XI Tarusan, Bayang, IV Jurai dan Ranah Pesisir.

"Informasi penambahan itu kami dapatkan tadi dari Laboratorium Fakultas Kedokteran Unand," katanya.

Sebagian besar dari 20 orang pasien baru itu merupakan Aparatur Sipil Negara (ASN). Kemudian siswa sekolah dan karyawan swasta. Mereka terinfeksi akibat pernah kontak langsung dengan pasien positif sebelumnya.

Untuk menekan penyebaran Covid-19 di Pessel, Pemerintah Daerah terus melakukan sosialisasi Peraturan Daerah (Perda) Provinsi Sumatera Barat Nomor 6 Tahun 2020 tentang Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB). Bahkan, Gugus Tugas bersama TNI/Polri bakal melakukan operasi yustisi di Pasar Sago pada Minggu, 18 Oktober 2020.

"Ini perdana dilakukan di Pessel, sehingga masyarakat lebih taat akan protokol kesehatan," katanya.

Berdasarkan data Gugus Tugas Covid-19 Pessel pada Sabtu, dari 367 orang warga yang posotif, sebanyak 13 di antaranya meninggal dunia. 183 orang sembuh dan 171 orang dirawat dan menjalani isolasi mandiri.

Selain itu, kasus suspek dengan gejala berat dan sedang tercatat sebanyak 18 orang. 3 orang dirawat di RSUP M Djamil Padang, 13 orang di RSUD M Zein Painan. Sedangkan 1 orang lainnya dirawat di Bunda Medical Centre (BMC) Padang dan 1 orang lainnya menjalani isolasi mandiri di rumah. []


Berita terkait
3 Pemakai Sabu di Pessel Diciduk, 1 ASN
Polisi meringkus 3 pria penyalahgunaan sabu di Pesisir Selatan. Satu di antaranya berstatus sebagai ASN.
KPUD Pessel Optimis Capai Target Partisipasi Pemilih Pilkada
KPUD Pesisir Selatan optimis mencapai target partisipasi pemilih Pilkada 2020.
Pjs Bupati Pessel Ancam Pecat ASN yang Tak Netral di Pilkada
Pjs Bupati Pesisir Selatan Mardi mengancam akan memecat ASN yang tidak menjaga netralitas dalam Pilkada 2020.
0
Dua Lakalantas Terjadi dalam Sehari di Bulukumba
Kecelakaan kembali terjadi di Bulukumba, kali ini melibatkan roda empat dan roda dua menyebabkan pengemudi roda dua luka berat.