UNTUK INDONESIA
35 Ibu Melahirkan di RSU dr Soetomo Positif Covid-19
RSU Dr Soetomo mencatat selama Juni 2020, sudah merawat 35 ibu melahirkan yang terpapar Covid-19. Bagaimana kondisi sang bayi?
Ketua Gugus Kuratif Satgas Penanganan Covid-19 Jawa Timur, Dr Joni Wahyuhadi. (Foto: Istimewa/Tagar)

Surabaya - Rumah Sakit Umum (RSU) Dr Soetomo mencatat selama Juni 2018 terdapat 35 ibu melahirkan dan positif Covid-19 atau virus corona. Meski terpapar Covid-19, proses melahirkannya tidak ada kendala dan anaknya lahir dengan selamat.

Direktur RSU dr Soetomo Surabaya Joni Wahyuhadi mengatakan selama ini ibu hamil positif Covid-19 di Jawa Timur angkanya terus meningkat, terutama yang dilayani di RSU dr Soetomo. Selama Juni 2020, RSU dr Soetomo telah melayani 35 ibu hamil terkonfirmasi positif Covid-19.

Kalau tidak salah hari ini tinggal tujuh pasien.

"Persalinan yang ada di kita itu karena terinfeksi Covid-19. Sementara yang tidak Covid-19 itu dilayani di rumah sakit lain. Jadi semua yang kita layani Bulan Juni itu melahirkan dengan Covid-19," ujar Joni di Gedung Negara Grahadi, Senin 29 Juni 2020 malam.

Joni mengaku ibu hamil yang masih dirawat di RSU dr Soetomo tinggal tujuh orang. Semuanya terinfeksi Covid-19.

"Kalau tidak salah hari ini tinggal tujuh pasien (ibu hamil positif Covid-19 yang dirawat di RSUD dr. Soetomo)" kata dia.

Joni telah berkoordinasi dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) agar ibu hamil ini tidak difokuskan di RSUD dr. Soetomo. Akhirnya disepakati Staf Medis Fungsional (SMF) menentukan rumah sakit rujukan utama untuk ibu hamil positif Covid-19.

Rumah sakit yang dipilih adalah Tropical Infectious Disease Hospital (RSPTI) milik Universitas Airlangga. Saat ini sedang mempersiapkan keperluan agar ibu hamil bisa dirujuk di RSPTI. Ia berharap selama Minggu kedepan sudah selesai.

"Kita tetapkan bersama RSPTI Unair akan menjadi rujukan utama untuk persalinan dengan Covid-19. Kalau kita sudah overload, pasti tidak maksimal dalam melayani," ucapnya. []

Berita terkait
RSU Soetomo Surabaya: Bantuan APD Sudah Banyak
Direktur RSU Dr Soetomo Surabaya dr Joni Wahyuhadi juga mengungkap pihaknya merawat 805 warga Surabaya yang positif Covid-19.
Keluh dan Sujud Risma di Depan IDI Surabaya
Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini menangis dan bersujud di depan Ketua Tim Pinere RSU dr Soetomo Surabaya dr Soedarsono saat audiensi dengan IDI.
Lajur Tambahan Disiapkan Bagi Goweser di Surabaya
Dishub Surabaya melebarkan lajur bagi goweser agar tetap tertib di tengah tren bersepeda saat pandemi Covid-19.
0
35 Ibu Melahirkan di RSU dr Soetomo Positif Covid-19
RSU Dr Soetomo mencatat selama Juni 2020, sudah merawat 35 ibu melahirkan yang terpapar Covid-19. Bagaimana kondisi sang bayi?