UNTUK INDONESIA
35 Calon Senator Jatim Akan Bersaing
Dari 35 yang mendaftar terdapat para incumbent yaitu H Ahmad Mawardi dan Hj Emilia Contesa. Selain itu juga ada nama nama baru yang sebelumnya tidak pernah muncul. Diantanyara adalah Nadjib Hamid yang juga Wakil Ketua PW Muhammadiyah Jatim, serta mantan anggota KPU Jatim.
Nadjib Hamid yang juga Wakil Ketua PW Muhammadiyah Jatim saat mendaftar ke KPU Jatim beberapa waktu lalu. (Lut)

Surabaya (Tagar 27/4/2018) - 35 orang resmi mendaftar sebagai calon senator atau Dewan Perwakilan Daerah (DPD) dari Jatim. Pendaftaran mereka resmi diterima Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jatim.

Jumlah tersebut sesuai dengan hasil pendaftaran pada hari terakhir berupa penyerahan syarat dukungan bakal calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD), Kamis (26/4) pukul 00.00 WIB. Ketua KPU Jatim, Eko Sasmito mengatakan pihaknya telah memeriksa persyaratannya secara faktual mulai Kamis (26/4) hingga Jumat (27/4) pagi pukul 07.00 WIB.

"KPU Jatim sudah memberikan tanda terima kepada 35 orang Calon DPD. Karena persyaratan yang telah ditentukan oleh KPU telah dipenuhi oleh calon DPD," ujarnya.

Setelah ini, KPU akan melakukan penelitian adminitrasi yaitu pemeriksaan dokumen dukungan. Kemudian akan melakukan penentuan sampel hasil penelitian administrasi dukungan perbaikan kedua.

Dalam kesempatan yang sama, anggota KPU Jatim, Choirul Anam menambahkan bahwa calon yang telah mendaftar harus mengantongi 5.000 dukungan dari seluruh wilayah di Jatim. Dukungan itu dibuktikan dengan foto copy KTP.

Setelah dukungan terkumpul, KPU Jatim akan melakukan pengecekan di lapangan dan cek silang secara acak. Kemudian akan dilakukan verifikasi secara acak terhadap dukungan tersebut.

Dari 35 yang mendaftar terdapat para incumbent yaitu H Ahmad Mawardi dan Hj Emilia Contesa. Selain itu juga ada nama nama baru yang sebelumnya tidak pernah muncul. Diantanyara adalah Nadjib Hamid yang juga Wakil Ketua PW Muhammadiyah Jatim, serta mantan anggota KPU Jatim. (lut)



Berita terkait
0
Dari Ijtima Gowa, Satu RT di Kulon Progo Isolasi
Satu peserta Ijtima Gowa dari Kulon Progo reaktif Covid-19 membuat warga satu RT menjalani isolasi mandiri.